Khasiat Serta Manfaat Kunyit Untuk Kecantikan dan Kesehatan Tubuh

April 13, 2015

Sering kita  menyaksikan orangtua menggunakan kunyit sebagai tambahan bumbu pelengkap yang melezatkan setiap masakan. Namun tahukah Anda apa manfaat kunyit yang sering kita konsumsi tersebut? Pada dasarnya kunyit merupakan salah satu rempah tumbuh subur di Indonesia. Bahkan kita tahu banyak penjual jamu menggunakan kunyit sebagai bahan utama pembuatan obat alami. Hal ini tidak mengherankan karena kunyit memiliki manfaat yang cukup banyak bagi kesehatan. Selain itu kunyit juga mengandung senyawa yang ampuh menghilangkan berbagai masalah kecantikan seperti flek hitam dan jerawat. Kali ini kami akan mengupas tuntas 2 hal mengenai kunyit yaitu manfaat kunyit untuk kesehatan dan juga untuk kecantikan.

Manfaat Kunyit untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Kunyit untuk Kesehatan dan Kecantikan

  1. 1.      

    Khasiat dan manfaat kunyit untuk kesehatan

    1. a.    Mencegah kanker

Kandungan curcumin yang tinggi pada kunyit mempunyai efek yang sangat efektif dalam mencegah kanker layaknya manfaat daun sirsak. Mekanisme kerja curcumin dalam meminimalisir tumbuhnya sel kanker yakni dengan mencegah terjadinya mutasi DNA dengan cara menghambat sintesis protein asing. Disamping itu curcumin juga menghambat suplai darah untuk menutrisi sel-sel abnormal yang dapat menjadi cikal bakal kanker.

 

  1. b.    Menetralkan racun

Tanpa kita sadari berbagai zat yang bersifat racun masuk ke tubuh kita melalui makanan dan minuman yang kita makan. Apalagi di zaman sekarang ini, dimana makanan dan minuman sudah banyak menggunakan bahan-bahan kimia buatan. Selain itu ditambah dengan adanya praktek-praktek pedagang makanan nakal yang menambahkan berbagai zat yang berbahaya pada dagangannya. Tubuh kita sebenarnya mampu menetralkan racun secara otomatis jika kadarnya tidak melewati ambang normal. Tugas ini dilakukan oleh hati. Hati adalah kelenjar pencernaan terbesar yang dapat mendetoksifikasi racun. Namun jika kadar racun yang beredar dalam tubuh jumlahnya tinggi maka hati memerlukan asupan nutrisi dari luar yang dapat membantu kerjanya. Manfaat kunyit untuk kesehatan terletak pada kandungan curcumin yang dapat meningkatkan fungsi hati. Hasil uji lab pun telah membuktikan bahwa tikus yang diberi makan kunyit, kadar enzim detoksifikasi dalam hatinya meningkat secara cepat.

Baca Juga  Berbagai 6 Manfaat Kunyit Untuk Mencegah Penyakit Berbahaya

 

  1. c.     Anti inflamasi

Inflamasi adalah peradangan yang biasanya terjadi di daerah kulit yang mengalami luka. Peradangan terjadi jika daerah yang luka mengalami infeksi. Peradangan ini sebenarnya proses tubuh dalam melindungi diri. Mekanismenya yaitu dengan menyediakan rintangan yang mencegah penyebaran bakteri dan merangsang perbaikan jaringan yang rusak. Namun reaksi radang yang memperlebar aliran darah dan meningkatkan aliran darahnya ke daerah yang luka membuat kulit nampak lebam kemerahan. Ditambah munculnya rasa sakit akibat aktivitas jaringan yang rusak sedang memperbaiki diri. Curcumin pada kunyit menekan terjadinya inflamasi dengan membunuh bakteri yang memicu inflamasi. Jadi jaringan tubuh dapat terlindungi tanpa harus mengalami reaksi radang yang menyakitkan.

 

  1. Khasiat dan manfaat kunyit untuk kecantikan

Tak hanya untuk kesehatan namun kunyit juga bermanfaat bagi kecantikan. Berikut ini adalah manfaat kunyit untuk kecantikan.

  1. a.    Menunda penuaan

Warna kuning kemerahan yang pekat, menunjukkan tingginya kandungan anti oksidan pada kunyit. Kadar antioksidan yang tinggi semakin efektif untuk menangkal radikal bebas yang dapat menurunkan keremajaan kulit. Sehingga kunyit dapat bermanfaat untuk menunda penuaan.

Baca Juga  Fakta Manfaat Jamu Kunyit Asam Bagi Pria Dan Wanita

 

  1. b.    Mencegah jerawat

Jerawat walaupun kecil tapi menimbulkan gangguan besar pada penampilan. Banyak orang yang merasa rendah diri dengan banyaknya jerawat terutama pada daerah wajah. Cobalah mengoleskan masker kunyit dengan campuran madu secukupnya dan biarkan selama kurang lebih 10 menit lalu bilas sampai bersih. Lakukan rutin sampai jerawat berkurang

 

  1. c.     Mengangkat sel-sel kulit mati

Sel kulit yang sudah mati akan mengelupas dari kulit. Dengan mengoleskan masker kunyit pada wajah akan mengoptimalisasi pengangkatan sel-sel kulit yang sudah mati tersebut. Sehingga akan di dapatkan kulit yang cerah dan bersinar.

Itulah beberapa kegunaan serta manfaat kunyit pada kesehatan dan kecantikan tubuh. Demikian penjelasan artikel ini dan Anda tidak perlu mahal-mahal lagi merawat kesehatan dan kecantikan.

Tags: , ,

Related to: Khasiat Serta Manfaat Kunyit Untuk Kecantikan dan Kesehatan Tubuh