Khasiat Wortel Untuk Kesehatan Mata, Tubuh Dan Kecantikan

October 23, 2016

Selain manfaat wortel untuk kulit dan rambut, masih ada tersisa manfaat wortel untuk kesehatan tubuh yang pastinya sangat berlimpah. Berikut uraiannya.

  1. Manfaat Wortel Berkat Karbohidrat 
  2. Karbohidrat adalah sumber energi yang utama untuk tubuh, energi yang siap digunakan tubuh secara spontan.
  3. Memberikan fasilitas pada semua jaringan dan sel-sel yang ada di dalam tubuh untuk menggunakan glukosa menjadi energi.
  4. Selain itu juga untuk mengoptimalkan kinerja jantung, otak, sistem saraf pusat, dan ginjal agar dapat berfungsi dengan baik.
  5. Membantu proses pembersihan limbah yang ada di dalam usus.
  6. Manfaat Wortel Berkat Protein
  7. Pembentukan Otot.
Khasiat jus wortel

Just wortel

Nutrisi yang berupa protein sangat dibutuhkan untuk membentuk otot. Para atlet atau binaragawan membutuhkan protein yang cukup agar proses dari perombakan otot menjadi bentuk yang baru dapat berjalan lancar.

  1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Jika imunitas pada tubuh lemah, maka akan mudah terserang penyakit. Tetapi, sistem imun akan meningkat jika nutrisi yang dibutuhkan tubuh dapat terpenuhi. Protein di sini memiliki peran untuk membantu meningkatkan sistem imun. Anda juga perlu mengetahui, bahwa sel darah putih dibuat dari protein yang dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah yang cukup untuk mencegah serang virus juga bakteri di dalam darah.

  1. Menyeimbangkan Produksi Hormon

Keseimbangan hormon di dalam tubuh dipengaruhi oleh kondisi kesehatan. Protein dapat membantu pelepasan berbagai hormon, juga termasuk hormon testoteron dan pertumbuhan. Sedangkan fungsi lain dari protein yaitu untuk menunjang proses sekresi.

  1. Menyeimbangkan pH Tubuh
Baca Juga  Ketahui Beragam Manfaat Mengkudu Bagi Kesehatan

 

Definisi singkat mengenai pH tubuh dapat Anda ketahui dari artikel manfaat jeruk nipis. Protein mampu menjaga keseimbangan asam basa juga cairan di dalam tubuh.

  1. Sebagai Zat Pengatur

Protein berfungsi sebagai zat yang mengatur proses metabolisme dalam bentuk enzim dan hormon. Agar terjadi hubungan yang harmonis, maka kedua bentuk tersebut harus berkesibambungan.

  1. Menurunkan Sifat

Di dalam kromosom, protein berfungsi untuk menyimpan juga sekaligus untuk menurunkan sifat keturunan atau genetik dalam bentuk genes. Di dalam genes terdapat codon sebagai sintesa protein enzim tertentu yang menurunkan metabolisme dari pihak orangtua kepada anaknya, terus kepada generasi selanjutnya secara berkesinambungan.

Manfaat Wortel Berkat Kandungan Vitamin A

Khasiat just wortel

Wortel sangat berkhasiat

  1. Merawat Mata

Vitamin A memiliki peran yang penting untuk menjaga kesehatan indera penglihatan manusia. Cara kerja vitamin A yaitu menyalurkan objek yang tertangkap oleh retina ke otak dan menjadi suatu gambar. Dalam hal ini, senyawa yang beperan adalah retinol.

  1. Mencegah Kanker

Vitamin A yang ada di dalam wortel mampu menekan pertumbuhan DNA yang dapat memicu terjadinya pertumbuhan sel kanker.

  1. Antioksidan

Antioksidan dikenal dengan beta-karoten. Fungsi dari senyawa ini adalah untuk menangkal radikan bebas yang berasal dari oksidasi tubuh atau dari polusi kendaraan.

  1. Manfaat Wortel Berkat Kandungan Vitamin K
  2. Membekukan Darah

Jika tubuh tidak kekurangan vitamin K atau Koagulasi, maka proses pembekuan darah dapat berjalan normal. Apabila proses koagulasi ini terganggu akibat defisiensi vitamin K, maka akan timbul permasalahan lain seperti lamanya prosea penyembuhan luka.

  1. Mencegah Diabetes
Baca Juga  Manfaat Minum Teh Pahit Cegah Naiknya Kadar Kolesterol Jahat

Sebuah penelitian menemukan kehebatan dari vitamin K1 dalam menangkal diabetes, yaitu dengan cara mengurangi resiko resistensi insulin.

  1. Memperkuat Tulang dan Mencegah Osteoporosis

Banyak lembaga kesehatan yang mengatakan, bahwa vitamin K1 bermanfaat untuk memperkuat tulang, sehingga dapat mencegah terjadinya penyakit tulang keropos atau osteoporosis. Cara kerja vitamin K yaitu dengan membantu senyawa osteokalsin yang berperan untuk menyerap minera agar dapat membentuk struktur tulang yang kuat.

  1. Manfaat Wortel Berkat Kandungan Vitamin B
  2. Memelihara Sistem Pencernaan

Vitamin B adalah jenis vitamin yang larut di dalam air. Di dalam tubuh, vitmamin ini bekerja untuk memperbaiki dan memelihara sistem pencernaan juga membentuk asam klorida atau HCL yang digunakan untuk memecah protein, karbohidrat serta lemak.

  1. Meningkatkan Memori

Vitamin ini berfungsi untuk memberikan efek pada peningkatan memori juga konsentrasi.

  1. Memecah Homosistein

Homosistein adalah asam amino yang mampu meracuni sel-sel saraf. Untuk mengatasi masalah tersebut dibutuhkan vitamin B agar dapat memecahkan homosistein.

Beberapa manfaat dari wortem untuk kulit, rambu, dan wajah yang sudah dijelaskan di atas dapat diperoleh oleh tubuh, jika Anda mengkonsumsinya dalam jumlah yang cukup dan tidak berlebih. Jika mengkonsumsi wortel berlebihan juga dapat memberiman efek samping untuk kesehatan tubuh yang cukup serius.

 

Tags:

Related to: Khasiat Wortel Untuk Kesehatan Mata, Tubuh Dan Kecantikan