Konsumsi Suplemen Vitamin Untuk Ibu Hamil Beresiko Pada Kandungan

August 2, 2016

Memasuki masa kehamilan adalah hal yang paling ditunggu dan membahagiakan untuk pasangan suami istri. Tentu mereka menginginkan yang terbaik untuk sang bayinya agar dapat lahir dalam keadaan yang normal, sehat dan cerdas. Namun terkadang para ibu hamil merasakan cemas akan kebutuhan nutrisi yang diperlukan untuk kesehatan bayinya. Karena janin membutuhkan asupan nutrisi yang cukup agar dapat tumbuh dan berkembang menjadi bayi yang sehat.

Ibu Hamil

Untuk itu, banyak ibu hamil yang memilih mengkonsumsi suplemen vitamin untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bayi mereka. Sehingga tablet vitamin dengan harga yang mahal pun mereka beli agar dapat meningkatkan kesehatan sang bayi.

Pada umumnya rasa takut para ibu itu didasarkan pada kekhawatiran jika bayinya kekurangan nutrisi yang dihubungkan dengan berbagai komplikasi kehamilan serta kelahiran seperti pre-eklampsia, tumbuh kembang janin menjadi terbatas, cacat tabung saraf, tulang mengalami kelainan dan berat lahir yang rendah. Alasan itulah yang menyebabkan para ibu hamil memilih membeli tablet vitamin tambahan.

Para ahli memperingatkan, bahwa tingginya kadar vitamin A dapat membahayakan janin. Sebetulnya yang dibutuhkan oleh ibu hamil adalah asam folat dan vitamin D.

Baca Juga  Metode Baru Gunting Molekuler Pengobatan HIV AIDS

Dilansir dari Dailymail, mengkonsumsi makanan yang bagus saat masa kehamilan itu sangat penting untuk kesehatan sang ibu dan bayinya, lalu ditambah dengan mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan asam folat dan vitamin D.

Selain itu, para ahli kesehatan dokter setuju, bahwa mengkonsumsi makanan yang sehat dan beragam merupakan cara yang terbaik untuk mendapatkan vitamin dan mineral untuk sang bayi selama Anda dalam masa kehamilan.

Sebenarnya vitamin seperti B1, B2, B3, B6, B12, C, D, E, K, iodium, magnesium, asam folat, seng, tembaga, besi, dan selenium tidak begitu dibutuhkan oleh ibu hamil. Apalagi dosis vitamin A yang tinggi dapat membahayakan kondisi janin di dalam kandungan yang sedang berkembang.

Suplemen yang baik untuk ibu hamil adalah asam folat, vitamin D, dan kalsium.

Ibu hamil dapat menemukan asam folat di dalam roti. Asam folat dapat mengurangi cacat pada sitem saraf seperti spina bifida dan anencephaly. Sedangkan vitamin D sendiri bagus bagi kesehatan ibu hamil dan menyusui untuk memastikan tulang bayi mereka dalam keadaan yang sehat.

Baca Juga  Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Agar Gizi Bayi Tercukupi

Selain itu, ibu hamil dirasa perlu mendapatkan asupan vitamin dan suplemen jika pada masa trimester kehamilannya mengalami mual dan muntah yang parah sehingga membuat asupan makanan menjadi terhambat atau keadaan ibu hamil yang bermasalah seperti mengalami kekurangan berat badan yang tidak sesuai dengan usia kehamilannya. Ibu hamil juga harus rajin berkonsultasi dengan dokter kandungan untuk dapat memastikan perlu atau tidak mengkonsumsi vitamin dan suplemen sesuai dengan usia kandungan. Dengan demikian, maka Anda jangan terburu-terburu dalam memilih vitamin dan suplemen tambahan saat sedang dalam masa kehamilan. Karena mengkonsumsi suplemen vitamin yang tidak tepat justru akan menyebabkan perkembangan dan pertumbuhan janin Anda menjadi bermasalah.

 

Tags:

Related to: Konsumsi Suplemen Vitamin Untuk Ibu Hamil Beresiko Pada Kandungan