Kualitas Doketer Bedah Plastik Indonesia Sudah Setara Dengan Luar Negeri Loh

August 4, 2016

Saat ini kualitas dan kemampuan bedah plastik di Indonesia diklaim sudah setara dengan operasi di luar negeri, hal ini diharapkan mampu membuat masyarakat Indonesia yang ingin melakukan bedah plastik tetap dilakukan di dalam negeri.

“Kualitas, kompetensi dan juga keamanan bedah plastik di Indonesia sudah setara dengan di luar negeri, sehingga hampir apapun kebutuhan bedah plastik, baik estetik ataupun rekonstruksi bisa dilakukan di dalam negeri tanpa harus ke luar negeri,” ucap Ketua Umum Perhimpunan Dokter Spesialis Bedah Plastik Rekonstruksi dan Estetik Indonesia (PERAPI) dr Budiman, SpBP-RE(K), MARS.

penggunaan-silikon

Dia menggaris bawahi yang penting bedah plastik itu dijalankan oleh dokter spesialis bedah plastik dan telah memiliki izin praktek serta bersertifikt”.

Menurut Budiman, selain telah berkualitas dan memiliki kompetensi yang tinggi, pilihan untuk melakukan bedah plastik di dalam negeri ini didukung juga dengan teknologi dan ketersediaan alat di Indonesia yang juga up-to-date.

Selain itu, Dr. dr. Fonny Josh, SpBP-RE(KBM), Ketua Komite Ilmiah PIT PERAPI 2016 berkata pihaknya akan terus mengutamakan keselamatan pasien dengan cara meningkatkan kualitas dokter bedah di Indonesia.

Baca Juga  Fakta 50 Persen Penyebab Kemandulan Karena Pria

“Di dunia kedokteran, keselematan si pasien adalah yang utama. Dengan pertemuan ilmiah tahunan ini, para dokter bedah plastic di Indonesia akan saling berbagi pengetahuan, keahlian dan pengalaman dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat yang membutuhkan layanan bedah plastik,” ucapnya.

Dia menjelaskan bahwa perkembangan ilmu bedah plastic rekonstruksi dan juga estetik semakin pesat, begitu pula dengan perkembangan teknologi yang merupakan peralatan pendukung dalam melakukan bedah plastik.

Setiap dokter bedah plastik Indonesia perlu harus terus membekali diri dengan ilmu pengetahuan terkini untuk memberikan layanan yang optimal serta menjamin keselamatan pasien. dr. Irena Sakura RIni, MARS, SpBP-RE, yang merupakan Wakil Ketua PERAPI Pusat menjelaskan, bahwa keanggotaan PERAPI justru meningkatkan kualitas dokter spesialis bedah plastik di Indonesia.

“Saat seorang dokter spesialis bedah bergabung dengan PERAPI, secara otomatis akan diidentifikasi sebagai seorang dokter spesialis bedah plastik yang berkualitas karena untuk menjadi anggota dia harus memenuhi persyaratan administrator dan hanya dapat diperoleh dari proses yang ketat,” ujarnya.

Baca Juga  Harga Vaksin Palsu di RS Harapan Bunda Mencapai Rp1 Juta

Kemudian, lanjutnya dia juga memperoleh kesempatan untuk mengakses ilmu dan perkembangan terbaru seputar dunia bedah plastic, tidak hanya di Indonesia namun juga di dunia intenrasional, karena PERAPI selalu aktif dalam mengembangkan kompetensi setiap anggotanya, jelas dr. Irena.

PERAPI tahun ini sudah menggelar Pertemuan Ilmiah Tahunan yang ke 20 atau 20th Annual Scientific Meeting Indonesia Association of Plastic Reconstructive and Aesthetic Surgeons (InaPRAS), menghadirkan para pakar bedah plastic di berbagai belahan dunia serta senior bedah plastik Indonesia. PIT ke-20 yang telah diselenggarakan pada 26-28 Mei 2016 di Makassar.

Tags:

Related to: Kualitas Doketer Bedah Plastik Indonesia Sudah Setara Dengan Luar Negeri Loh