Lakukan 4 Hal ini Untuk Mengatasi Badan Pegal Linu

February 6, 2016

Lakukan 4 Hal ini Untuk Mengatasi Badan Pegal Linu – Bagi semua orang yang pekerja keras hampir setiap hari merasakan pegal linu, hal ini sudah sangat wajar karena orang yang sering melakukan aktifitas dengan terus menerus dengan waktu istirahat yang singkat tubuh juga akan merasakan kelelahan.

Pegal linu memang adalah hal yang sepele dan sudah biasa, kelelahan yang diakibatkan karena pegal linu akan sembuh dengan sendirinya dalam kurun waktu tertentu.

Meskipun begitu banyak orang yang beranggapan bahwa pegal linu adalah kondisi tubuh yang perlu di selesaikan karena membuat rasa tidak nyaman pada tubuh dan dapat menyebabkan timbulnya berbagai penyakit, selain itu dapat juga membuat aktifitas sehari-hari terganggu.

Pegal linu kebanyakan menyerang bagian persendian yang setiap saat digunakan untuk aktifitas seperti contoh pergelangan tangan, siku, bahu, leher, punggung, pingang, kaki, dan pergelangan kaki.

Maka dari itu sebaiknya saat kita bekerja usahakan member waktu bebas bagi tubuh seperti berjalan untuk mengambil sesuatu, keluar untuk berjemur sinar matahari, meregangkan otot, dan lain sebagainya.

badan pegal linu

badan pegal linu

Penyebab Timbulnya Pegal Linu

  1. Bekerja yang mengharuskan untuk duduk lebih lama bahkan sambil bekerja di depan monitor selain mata yang dapat merasakan lelah karena terlalu lama memandangi layar monitor tetapi bagian tubuh lainnya juga akan sama seperti mata yang dapat merasakan leleh, seperti kaki, punggung, dan pinggul. Saat kita bekerja dalam posisi duduk maka punggung dan pinggul yang akan menopang seluruh badan terkadang bekerja dengan posisi punggung yang membungkuk maka akan cepat sekali merasakan lelah, selain itu kaki juga akan sering merasakan kesemutan karena terus menerus dengan posisi yang sama.
  2. Bekerja lembur atau samapai begandang membuat tubuh kita dipaksa untuk bekerja setiap saat tanpa istirahat. Tidak hanya bangian punggung, pinggang, dan juga kaki saja yang akan merasakan lelah tetapu leher juga akan merasakan lelah dan juga kaku.
  3. Selain cara kita bekerja yang dapat timbulnya pegal linu, posisi saat kita istirahat atau tidur juga dapat menyebabkan pegal linu juga. Posisi tidur dengan kepala lebih tinggi juga bisa menyebabkan bagian leher merasa pegal karena aliran darah tidak mengalir dengan lancar dan juga bisa menyebabkan kaku.
  4. Sangat jarang melakukan olahraga juga dapat menyebabkan badan pegal linu karena badan tidak pernah diajak untuk bergerak seperti berolahraga sehingga bagian badan semua terasa kaku.
  5. Terlalu lama bekerja di tempat berpendingin, karena di dalam ruangan yang berpendingin tidak adanya cahaya matahari yang masuk sehingga badan tidak menerima hangat dari cahaya matrahari tersebut yang dapat membuat badan terasa kram dan ceoat lelah.
  6. Saat membawa barang bawaan ke tempat kerja usahakan jangan membawa semua barang bawaan diransel jika membawa ransel, jika semua beban dibebankan kepada punggung maka punggung akan terasa cepat lelah dan pegal-pegal.
Baca Juga  Selain Makanan Manis Ternyata Inilah Penyebab Gigi Berlubang

Cara Mengatasi Pegal Linu

  • Beri waktu sejenak untuk tubuh meregangkan otot agar tidak terlalu kaku yaitu dengan cara berjalan, berdiri, keluar ruangan untuk mencari sinar matahari dan juga perbanyak minum air putih untuk menggantikan cairan yang hilang.
  • Istirahat yang cukup, usahakan jangan bekerja sampai begadang dan lembur setiap hari. Tubuh juga butuh waktu untuk istirahat dan membuat otot menjadi rileks. Usahakan minimal tidur 8 jam dalam sehari.
  • Sempatkan berolahraga sebentar walaupun waktu yang dibutuhkan tidak banyak, minimal lakukan pemanasan saat setelah bangun tidur atau dengan jala-jalan ringan dang jogging.
  • Jangan membawa barang bawaan terlalu banyak yang ditopang oleh satu bagian tubuh saja.

Itulah Penyebab dan Cara Mengatasi Badan Pegal Linu, Semoga artikel ini membantu.

Tags: , ,

Related to: Lakukan 4 Hal ini Untuk Mengatasi Badan Pegal Linu