Lakukan 7 hal ini Agar Bisa Tidur Nyenyak Saat Malam Hari

Lakukan 7 hal ini Agar Bisa Tidur Nyenyak Saat Malam Hari

April 4, 2016

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest

[nextpage title=”Introducing” ]

Tidak sedikit orang yang pernah mengalami kesulitan tidur di malam hari. Selama berjam-jam hanya membolak-balikan tubuh saja di atas tempat tidur, sedangkan mata tidak kunjung terpejam atau terlelap.

Biasanya hal ini disebabkan oleh ada nya beban pikiran atau sesuatu yang sedang dipikirkan, tentu ini akan membuat Anda akan menjadi frustasi,

karena kurang tidur akan membuat Anda pada esok hari menjadi suka marah-marah atau merasa lelah.

Padahal dengan tidur yang nyenyak dapat membuat kualitas tidur menjadi lebih baik, dan tubuh esok harinya pun menjadi lebih segar untuk memulai aktivitas.

7 Tips Cara Agar Bisa Tidur Nyenyak Saat Malam Hari

Tidur malam hari untuk orang dewasa dianjurkan selama 7 jam. Meskipun pada kenyataannya adalah tidak semua dapat tidur malam selama waktu yang dianjurkan tersebut.

Selain beban pikiran yang mengganggu waktu tidur, ada beberapa penyebab lainnya yang membuat tidur tidak nyenyak, seperti meminum kopi sebelum tidur.

Sebenarnya, Anda dapat menciptakan waktu tidur yang berkualitas, yang membuat tidur Anda nyenyak dan juga nyaman.

[/nextpage]

[nextpage title=”7 Tips Nyeyak” ]

 

Tips Cara Membuat Tidur Yang Nyenyak

Berikut ini adalah tips untuk menciptakan waktu tidur yang berkualitas dan juga nyenyak, seperti yang disampaikan oleh dr. Andreas Prasaj,seorang dokter ahli gangguan pola tidur dari RS. Kemayoran :

  1. Menjaga dan menetapkan jadwal tidur untuk selalu teratur dan juga cukup. Dengan menjaga dan menetapkan waktu tidur, itu artinya Anda harus tidur dengan waktu yang telah diatur dalam jadwal, sehingga Anda dapat bangun tepat waktu dengan jumlah waktu tidur yang cukup, sesuai yang dibutuhkan oleh tubuh dan juga sesuai dengan yang dianjurkan.
  1. Menjaga pikiran untuk selalu rileks, sehingga memudahkan Anda untuk dapat tidur nyenyak dengan waktu yang berkualitas. Sebelum waktu tidur tiba, Anda dapat mencoba membuat ritual atau persiapan khusus yang menyenangkan.
  2. Saat melakukan aktivitas atau kegiatan pada siang hari, sebaiknya perbanyaklah mengkonsumsi cairan.
  3. Saat akan tidur, matikanlah lampu kamar terlebih dahulu. Karena dengan tidur dalam suasana yang gelap dapat memproduksi hormon tidur melatonin menjadi lebih optimal.
  4. Menggunakan alas tidur, seperti sprei yang nyaman dan juga lembut, sehingga memberikan kenyamanan saat Anda tidur. Untuk menjaga kebersihan, gantilah sprei pada tempat tidur Anda secara rutin, agar tetap bebas dari tungau atau debu yang dapat menyebabkan alergi.
  5. Kasur pun dapat menyebabkan tidur Anda menjadi tidak nyenyak. Oleh karena itu, pilihlah kasur yang tepat dan juga sesuai dengan postur tubuh Anda.
  6. Anda pun harus mengetahui posisi tidur yang tepat. Seperti posisi tidur terlentang, itu sangat baik untuk membuat kulit Anda menjadi lebih kecang. Tetapi, posisi tidur dengan terlentang pun tidak baik untuk seorang penderita apnea atau orang yang memiliki kebiasaan mengorok saat sedang tidur.
Baca Juga  Kanker Kulit - Ciri-Ciri, Gejala, Diagnosa Dan Pengobatan

[/nextpage]

[nextpage title=”Tips lainnya” ]

Selain itu, sebaiknya sebelum Anda tidur, pastikan bahwa Anda tidak membawa ponsel atau ponsel telah Anda matikan saat akan tidur.

Karena, apabila sebelum tidur Anda masih sibuk dengan menggunakan ponsel, maka akan menyebabkan tidur Anda tidak nyenyak.

Matikan ponsel atau gadget Anda 1 jam sebelum waktu tidur tiba, karena itu dapat membantu Anda untuk mendapatkan waktu tidur yang berkualitas dan juga tidur yang nyenyak.

Ada baiknya Anda menghindari hal-hal yang menyebabkan menjadi susah tidur dan menerapkan tipsnya setiap hari, agar Anda bisa tidur dengan nyenyak.

Jika semua tips di atas sudah Anda lakukan, namun Anda masih saja merasa kesulitan untuk dapat tidur nyenyak pada malam hari, kemungkinan Anda menderita insomnia.

Sebaiknya Anda segera berkonsultasi dengan dokter ahli, agar mendapatkan resep obat tidur yang dibutuhkan sesuai dengan resep yang diberikan dokter.

[/nextpage]

 

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest
Tags: , ,

Related to: Lakukan 7 hal ini Agar Bisa Tidur Nyenyak Saat Malam Hari