Larangan Dan Anjuran Makanan Untuk Kanker Usus Besar

November 12, 2016

Jika saat ini Anda mengalami gangguan pencernaan sampai terjadi pendarahan, Segera periksakan diri ke dokter ahli. Ada kemungkinan penyakit yang sedang diderita saat ini adalah kanker usus besar. Periksa, kenali dan ambil tindakan tepat untuk mengobatinya sebelum kanker berubah menjadi ganas. Pemeriksaan dini juga berkaitan dengan larangan dan anjuran makanan untuk kanker usus besar yang boleh dan yang tidak boleh dikonsumsi. Anda tentunya tidak mau penyakit tersebut semakin bertambah parah dikarenakan salah makan.

makanan untuk kanker usus besar

  1. A.      Penyebab kanker usus

Kanker usus biasanya terjadi pada bagian usus besar. Usus besar berfungsi dalam penyerapan air dan pembusukan sisa makanan. Kanker banyak sedikitnya terjadi berkaitan dengan fungsinya tadi ditambah kebiasan hidup dan pola makan yang tidak sehat. Maka dari itu sangatlah penting memperhatikan makanan sehat untuk penderita kanker usus besar.

Namun sebelum itu, Kami uraikan dulu secara singkat faktor-faktor penyebab kanker usus :

–          Anti makan sayur dan buah

Banyak orang yang anti makan sayur dan buah, sehingga  asupan serat ke dalam tubuh tidak seimbang. Hal ini membuat kerja usus besar dalam membusukkan makanan semakin berat. Makanan pun akan lebih lama mengendap di bagian usus besar. Kontak dengan zat-zat kimia beracun yang tidak disadari masuk bersama makanan, akan semakin memperlama proses pembusukan tersebut. Sel-sel usus besar yang tadinya tumbuh normal berpotensi mengalami pertumbuhan tidak normal. Disinilah letak kaitan kurangnya asupan sayur dan buah dengan kanker usus.

Baca Juga  Macam Metode Pengobatan Kanker Otak

 

–          Kurang gerak disertai obesitas

Kurangnya gerak apalagi bagi Anda yang mempunyai berat badan berlebih menyebabkan metabolisme tidak lancar, terlebih pada sel usus. Jika kebiasaan ini berlanjut maka akan terjadi potensi ketidaknormalan pertumbuhan sel pemicu kanker.

 

–          Kebiasaan mengkonsumsi minuman keras dan makanan sampah

Mengkonsumsi minuman keras lebih banyak kerugiannya dari pada manfaatya. Minuman keras akan di ubah menjadi senyawa asetildehid di dalam usus yang bisa memicu kanker. Ditambah kebiasaan makan makanan sampah yakni makanan siap saji yang kaya akan bahan pengawet dan zat-zat kimia lainnya yang berbahaya.

 

–          Terpapar radiasi elektromagnetik

Walaupun kasusnya jarang, namun hal ini bukan tidak mungkin terjadi. Apalagi dengan semakin banyakya barang-barang elektronik yang mengelilingi hidup kita.

 

  1. B.      Cara mencegah dan mengobati kanker usus

Cara yang dapat mencegah sekaligus mengobati kanker usus antar lain:

ü Merubah pola hidup dengan olahraga teratur dan istirahat yang cukup

ü Menghindari kontak yang terlalu intens dengan barang-barang elektronik,

ü Merubah pola makan (ini merupakan poin yang terpenting)

 

Berikut ini makanan untuk kanker usus besar yang harus dihindari:

–       Seafood dan daging yang mengandung lemak tinggi seperti daging kambing, udang, daging babi, daging kalkun, dan kepiting.

–       Buah-buahan yang menghasilkan alkohol seperti durian. Nangka dan lengkeng pun harus dihindari karena mengandung zat yang dapat memicu pertumbuhan sel kanker.

Baca Juga  6 Tanaman Herbal Dapat Menyembuhkan Kanker Serviks Tanpa Efek Samping

–       Sayuran yang menghalangi kinerja obat-obatan seperti sawi putih dan kangkung. Disamping itu tauge dan cabai juga tidak dianjurkan untuk dikonsumsi.

–       Makanan yang cara pengolahannya tidak sehat seperti digoreng berulang kali dan dibakar sampai ada bagian yang berubah hitam menjadi karbon serta makanan yang diawetkan.

Sedangkan makanan sehat untuk penderita kanker usus besar adalah makanan yang kaya serat, kaya vitamin dan mineral serta lemak sehat seperti sayuran dan buah-buahan -selain yang disebutkan di atas-, telur, ikan, dan lain-lain. Disamping itu dianjurkan untuk mengkosumsi obat yang berasal dari tanaman herbal yang ampuh mengobati kanker contohnya ekstrak daun sirsak yang bisa Anda buat sendiri.

Demikian ulasan makanan untuk kanker usus besar yang dianjurkan harus dihindari dan yang harus dikonsumsi. Semoga dengan mengetahui hal ini sakit yang diderita segera sembuh.

Tags: ,

Related to: Larangan Dan Anjuran Makanan Untuk Kanker Usus Besar