Lemak Baik Bisa Memperpanjang Usia dan untuk Kesehatan

August 2, 2016

Bila Anda memiliki rasa takut yang berlebih pada lemak, sudah saatnya kini Anda berpikir ulang. Berdasarkan hasil penelitian terbaru menunjukkan, bahwa makan dengan pola diet yang mencakup lemak sehat ternyata dapat meningkatkan peluang Anda untuk hidup lebih lama.
minyak zaitun

Penelitian yang dilakukan selama 30 tahun di Harvard University menyatakan, bahwa orang yang sering mengkonsumsi lemak tidak jenuh mempunyai resiko kematian dini jauh lebih rendah. Dari berbagai jenis makanan, lemak tidak jenuh tunggal dan Polyunsaturated yang terdapat pada ikan serta minyak nabati adalah yang paling baik untuk menunjang kesehatan.

Anda dapat mengganti lemak jenuh yang terdapat di dalam mentega dan daging merah diganti dengan yang tidak jenuh seperti ikan dan minyak nabati, dengan demikian memungkinkan Anda dapat hidup lebih lama.

Seperti yang dilansir dari laman Daily Mail, bahwa terdapat sejumlah lemak sehat yang bisa Anda nikmati tanpa harus merasa bersalah. Berikut ini pembahasannya.

Cokelat Hitam

Cokelat? Sehat? Mungkin mendengar jenis makanan ini Anda berpikir, bahwa mengkonsumsi cokelat itu dapat menaikan berat badan. Tetapi siapa yang menyangka, jika selama dikonsumsi secara teratur, cokelat benar-benar bisa bermanfaat. Cokelat hitam memiliki kandungan 11% serat dan zat besi, tembaga, magnesium serta mangan. Selain itu, cokelat juga dilengkapi dengan kandungan antioksidan yang bisa menurunkan tekanan darah dan juga dapat melindungi Anda dari serangan kolesterol berbahaya.

Hasil dari sebuha studi menunjukkan, bahwa orang yang mengkonsumsi cokelat hitam sebanyak lima kali atau lebih dalam seminggu dapat terlindungi dari penyakit jantung. Tidak hanya itu saja, ada juga beberapa hasil studi yang menyatakan, bahwa hal tersebut dapat membuat fungsi otak menjadi meningkat dan kulit Anda menjadi terlindungi dari kerusakan ketika terpapar sinar matahari.

Baca Juga  6 Penyebab Bibir Kering dan Pecah Berikut ini adalah Penjelasannya

Tetapi untuk itu semua Anda harus memilih cokelat hitam yang berkualitas, setidaknya sebanyak 70% kakao.

Minyak Kedelai

Minyak yang terbuat dari biji kedelai dikenal dengan rasanya yang netral dan asam lemak yang seimbang. Termasuk dari berbagai jenis minyak non-ikan yang mensuplai sumber omega-3. Selain itu, minyak kedelai juga menawarkan banyak vitamin E yang dapat mencegah kerusakan sel yang menyebabkan terjadinya penyakit seperti kanker dan jantung.

Penelitian sudah membuktikan, bahwa minyak kedelai secara menyeluruh mampu meningkatkan kesehatan jantung, tekanan darah, penyakit jantung dan kadar kolesterol.

Kacang Mentah

Kacang almond, kacang macadamia, walnut, atau apapun namanya, memiliki kandungan lemak sehat dengan kadar yang tinggi dan serat yang merupakan sumber nabati besar protein. Tidak hanya itu saja, mereka juga kaya akan vitamin E dan magnesium serta mineral yang tidak didapatkan oleh kebanyakan orang. Kacang mampu menurunkan resiko dari berbagai penyakit seperti penyakit jantung, diabetes tipe 2 serta obesitas.

Alpukat

Alpukat juga termasuk salah satu buah yang digolongkan sebagai lemak sehat. Tidak seperti kebanyakan buah yang lainnya, alpukat lebih banyak memiliki kandungan lemak sehat dibandingkan karbohidrat. “Alpukat adalah salah satu jenis makanan yang paling bergizi untuk Anda konsumsi,” kata Heather Thomas di dalam buku terbarunya yang berjudul The Alpukat Cookbook.

Tidak hanya kaya akan protein dan serat, tetapi buah alpukat juga merupakan sumber yang baik dari magnesium, zat besi, potassium, zinc, asam dan vitamin folat A, B3, B5, B6, B12, C, E, dan vitamin K. “Orang menghindari mereka karena mereka relatif tinggi lemak. Tetapi sebenarnya mereka memiliki kandungan lemak nabati tidak jenuh ganda dan tidak jenuh tunggal yang sangat baik untuk kesehatan,” kata Heather.

Baca Juga  Hati-Hati Serum Palsu Mulai Beredar beginilah Cara Membedakan Dengan Yang Asli

Asam lemak utama yang ditemukan di dalam alpukat yaitu lemak tidak jenuh tunggal yang disebut asam oleat, yang merupakan asam lemak yang dominal ditemukan di dalam minyak zaitun. Alpukat sangat baik untuk kesehatan kulit, pencernaan dan dapat mencegah anemia.

Minyak Zaitun

Minyak zaitun adalah ratu dari sumber lemak sehat dan merupakan komponen yang penting dari diet Mediterania.

Minyak zaitun memiliki kandungan vitamin E dan K yang dikemas dengan kandungan antioksidan kuat yang mampu melawan peradangan. Ini juga sangat cocok digunakan untuk menurunkan tekanan darah, menigkatkan kadar kolesterol baik dan meminimalisir resiko penyakit jantung.

Anda dapat mengganti mentega Anda dengan minyak zaitun untuk digunakan menggoreng, saus untuk roti. Minyak zaitun sudah terbukti dapat menurunkan tekanan darah, meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh dan mengurangi resiko terkena penyakit jantung.

Lemak Ikan

Salmon adalah salah satu jenis ikan yang sarat dengan asam jantung sehat omega-3, asam lemak, protein yang berkualitas tinggi yang merupakan nutrisi penting. Hasil sebuah studi menunjukkan, bahwa orang yang mengkonsumsi ikan cenderung lebih sehat, lebih rendah terkena resiko penyakit jantung, depresi, demensia serta penyakit umum yang lainnya.

 

Tags:

Related to: Lemak Baik Bisa Memperpanjang Usia dan untuk Kesehatan