Macam Macam Kelainan Pada Hati dan Penyebabnya

Macam Macam Kelainan Pada Hati dan Penyebabnya

December 16, 2016

Kelainan Pada Hati – Banyak organ penting yang ada di dalam tubuh manusia yang memiliki fungsi berbeda juga. Salah satunya adalah hati, fungsi dari hati itu sendiri sebagai penyaring darah dan membuang racun yang masuk ke dalam tubuh manusia. Selain itu sel darah merah yang mengalir dalam tubuh kita juga diproduksi di dalam hati, maka dari itu fungsinya tidak sembarangan dalam hidup manusia. Kadang beberapa penyebab yang tidak lazim dari penyakit atau kebiasaan buruk akan membuat kerja hati tidak berfungsi normal bahkan terancam bahaya. Apa saja kelainan pada hati tersebut dan apa yang menjadi penyebabnya? Berikut ini sudah ada informasi yang mungkin bisa berguna bagi Anda atau orang di sekitar Anda.

Macam Macam Kelainan Pada Hati dan Penyebabnya

kelainan pada hati

 

Hepatitis

Penyakit ini umum dirasakan ketika dewasa namun tidak memungkiri jika pada usia muda sudah terserang oleh penyakit ini. Hepatitis digolongkan dalam beberapa kategori yaitu hepatitis A, hepatitis B, dan hepatitis C. Dari golongan tersebut yang paling berbahaya adalah B karena bisa menyebabkan dampak yang tidak diinginkan seperti penyakit kronis sampai kanker. Penyakit ini memang perlu diwaspadai lantaran bisa menular dari satu manusia ke manusia yang lainnya. Penyakit ini disebabkan oleh pola makan yang tidak teratur dan kebiasaan buruk seperti merokok atau minum minuman keras berlebihan.

Baca Juga  9 Cara Menghilangkan Penyakit Stretch Mark Secara Medis dan Alami

Sirosis Hati

kelainan pada hati

Kelainan pada hati ini merupakan penyakit lanjutan dari hepatitis B maupun C. Pada kenyataannya penyakit ini sangat berbahaya dan belum ada cara untuk menyembuhkannya, selama ini hanya pengobatan untuk membatasi jaringannya agar tidak menyebar ke bagian yang lainnya. Efek parah yang akan ditimbulkannya nanti seperti mata kuning, perut membesar, muntah, sampai koma. Memang penyakit hati harus dihindari agar dampaknya tidak terjadi pada Anda atau orang terdekat.

Hemochromatosis

hemochromatosis

Penyakit hati ini memang agak jarang terdengar karena sifatnya yang disebabkan oleh faktor keturunan. Orang yang mengidap penyakit ini akan terganggu metabolisme tubuhnya dan proses pengeluaran racun dalam tubuh akibat penumbukan besi dalam hati. Walau termasuk penyakit yang langka namun jangan pernah meremehkannya. Penderita akan menjalani serangkaian perawatan dan pemeliharaan mengenai penyakit ini agar bisa disembuhkan.

Kanker Hati

kanker hati

Jika seseorang terkena hepatitis B maka penyakit lanjutan yang akan terjadi adalah kanker hati. Kelainan pada hati ini membuat jaringan pertumbuhan hati tidak normal. Sama halnya dengan sirosis hati karena jika seseorang sudah terkena penyakit ini tidak akan bisa disembuhkan walau sekarang ini ada proses kemoterapi yang bisa membuat sembuh namun hanya kemungkinan kecilnya saja.

Baca Juga  Akibat Seringnya Terkena Sariawan Pada Lidah & Mulut

Kolestasis dan Jaundice

Kelainan pada hati selanjutnya yang tidak boleh diremehkan adalah kolestasis dan Jaundice. Normalnya orang biasa akan memproduksi cairan empedu yang nantinya digunakan untuk berbagai hal. Namun yang terjadi adalah sebaliknya bagi pengidap penyakit ini, cairan empedu gagal diproduksi oleh hati sehingga penyerapan berbagai zat yang dibutuhkan tubuh akan terhambat. Biasanya pengidap penyakit ini akan mengalami beberapa gangguan tubuh dan efek gejala lanjutan dari penyakit tersebut seperti kulit berwarna kuning, berak berwarna terang, sampai air kencing menjadi berwarna gelap.

Dari beberapa kelainan pada hati tersebut memang perlu diwaspadai apalagi jika penyebabnya adalah kebiasaan buruk dari orang tersebut. Banyak dokter sendiri yang menyarankan untuk sesering mungkin meminum air putih dan mengonsumsi sayur dan buah agar kesehatan organ dalam dapat terjaga. Informasi tersebut semoga bisa membantu Anda dalam mendapatkan kesehatan yang semakin baik lagi.

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn3Pin on Pinterest
Tags: , , ,

Related to: Macam Macam Kelainan Pada Hati dan Penyebabnya