Macam pengobatan medis untuk mengatasi kanker rahim

November 12, 2016

Bisa dibilang, kanker rahim merupakan kanker ganas yang menyerang sistem reproduksi pada wanita. Umumnya, wanita yang sudah terjangkiti kanker rahim mengalami rasa takut yang tinggi, mereka khawatir tak dapat sembuh dan hidup normal seperti sedia kala. Pengobatan kanker rahim pun dinilai tidak bisa menyembuhkan secara utuh agar bisa normal kembali.

pengobatan kanker rahim

Meskipun tidak dapat disembuhkan secara total, tapi jika keluarga dan orang terdekat memberi dukungan sangat bermanfaat bagi wanita penderita kanker rahim untuk menemukan harapan baru. Pengobatan yang dilakukan untuk mengatasi kanker rahim harus mempertimbangkan beberapa hal, misalnya usia penderita dan tingkat stadium kanker yang di derita.

Di antara beberapa pengobatan yang bisa dilakukan untuk mengatasi kanker rahim antara lain.

  • Operasi

Operasi yang dilakukan untuk mengatasi kanker rahim berupa pengangkatan rahim dan uterus (kandungan) yang menurut istilah kedokteran dikenal dengan istilah histerektomi. Prosedur ini berupa pengangkatan rahim penderita yang dilakukan pada bagian rahim vagina dan jaringan parametrium, selanjutnya dilakukan pembersihan bilaterial kelenjar getah bening yang terdapat pada panggul.

Jenis-jenis histerektomi:

-Histerektomi parsial (subtotal) yaitu berupa operasi pengangkatan yang dilakukan hanya pada rahim. Operasi ini masih memungkinkan penderita untuk terkena kanker rahim kembali. Maka dari itu pasien wajib rutin memeriksakan diri secara rutin.

Baca Juga  Mengetahui Ciri-Ciri Kanker Usus dan Cara Penanganannya

-Histerektomi total yaitu berupa operasi pengangkatan rahim serta mulut rahim. Pada operasi histerektomi total tidak melakukan pengangkatan tuba falopi atau pun ovarium.

-Histerektomi total dan salpingo-ooforektomi bilateral adalah operasi pengangkatan rahim, serviks, tuba falopi dan ovarium sekaligus.

-Histerektomi radikal merupakan operasi pengangkatan rahim,  serviks, kelenjar getah bening, bagian atas vagina dan jaringan pada panggul juga diangkat.

Operasi pengangkatan rahim ini dapat dilakukan melalui perut atau vagina perempuan. Operasi yang dilakukan melalui vagina cenderung memiliki resiko lebih  kecil dan lebih cepat dalam pemulihan. Cara pengobatan melalui metode histerektomi lebih sering dilakukan karena memiliki keunggulan yaitu dapat  membersihkan lesi kanker serta pengobatannya memerlukan waktu yang lebih singkat. Tapi metode ini juga bukan berarti tanpa resiko, umumnya operasi pengangkatan rahim akan berdampak pada gangguan buang air kecil

  • Radioterapi

Cara pengobatan menggunakan radioterapi juga sering dilakukan untuk mengatasi kanker rahim. Penggunaan radio terapi ini sangat cocok untuk segala jenis kanker rahim baik pada tahap awal maupun stadium lanjut. Metode pengobatan menggunakan radioterapi yaitu penggunaan radiasai pengion yang diarahkan pada penderita kanker dengan membunuh sel kanker sesuai dosis. Radiasi ini akan merusak sel kanker dan menghambat sel kanker untuk berkembang.

  • Radiopartikel
Baca Juga  Cara Ampuh Untuk Mengatasi Insomina Secara Alami

Radiopartikel merupakan teknologi pengobatan kanker yang bertujuan menghambat berkembangnya sel kanker dalam tubuh yang tidak mengganggu kegiatan sehari-hari. Radiopartikel menggunakan biji partikel seluas 1,7 cm yang bekerja memancarkan sinar gamma tetapi aman karena tidak menghancurkan sel tubuh lain.

Cara tersebut merupakan cara yang biasa digunakan untuk pengobatan kanker rahim. Penderita kanker rahim diharapkan untuk terus semangat menjalani pengobatan karena dengan kemajuan teknologi akan ditemukan cara-cara baru penyembuhan kanker yang lebih efektif dan aman.

Tags: , , , ,

Related to: Macam pengobatan medis untuk mengatasi kanker rahim