Makan Tumis Daun Singkong Satu Keluarga Diduga Keracunan

August 12, 2016

Satu keluarga yang berdiam di Kota Lampung jatuh sakit. Mereka diduga menjadi korban keracunan dari sayur tumis daun singkong yang dikonsumsi oleh keluarga tersebut. Seluruh anggota keluarga dilarikan ke rumah sakit karena menderita pusing, mual dan juga muntah-muntah usai memakan sayur tumis kangkung yang dimasak oleh Lisnawati, istri dari Roni dan ibu dari Laura serta Yusuf. Seluruh anggota keluarga ini kini dirawat di RSUD Abdoel Moeloek di Kota Bandar Lampung.

Keracunan daun singkong

Ilustrasi keracunan daun singkong

Lisnawati bersaksi bahwa pada hari Sabtu tanggal 6 Agustus 2016 di malam hari seperti biasa ia memasak makanan untuk makan malam keluarganya. Sekitar pukul 8 malam, ia dan keluarga kecilnya memakan masakan tersebut. Masakan yang dimasak oleh Lisnawati adalah tumis daun singkong. Menurut penuturan dari Lisnawati, daun singkong yang ia masak berasal dari daun singkong karet. Ia pun mengaku bahwa daun singkong yang ia masak sudah dimasak hingga matang dengan ditambahkan sedikit garam.

Sesaat setelah makan bersama dngan keluarganya, Lisnawati merasa tubuhnya lemas, kepalanya menjadi pusing dan juga terasa mual di perut. Selain itu, ia juga mengeluarkan keringat dingin yang cukup banyak. Setelah itu anggota keluarga yang lain juga merasakan hal yang sama. Mereka semua muntah-muntah dan juga buang air besar terus menerus. Tubuh mereka terasa lemas karena kekurangan cairan, selain itu di persendian mereka juga merasakan sakit dan ngilu. Karena menunjukkan gejala seperti ini maka mereka segera menghubungi keluarga terdekat lainnya karena takut jika terjadi sesuatu yang tak diinginkan.

Baca Juga  Peraturan Baru Terlambat Bayar 1 Bulan BPJS Kesehatan Anda Akan Dinonaktifkan

Karena Lisnawati semakin cemas dengan keadaannya beserta dengan keluarganya maka ia segera menghubungi sang adik. Adiknya lah yang membawa keluarga ini ke ruma sakit. Mereka curiga kalau mereka keracunan tumis daun singkong karena pada malam sebelumnya mereka hanya memakan tumis daun singkong buatan Lisnawati. Mereka curiga kalau daun singkong yang dimasak belum terlalu matang sempurna sehingga masih menyisakan racun di dalamnya yang akhirnya membuat mereka keracunan.

Daun singkong mengandung racun alami

Tanaman singkong memang secara alami memiliki kandungan racun yang dalam jumlah besar sangat berbahaya bagi kesehatan manusia. Daun singkong mengandung racun sianida alami di dalamnya. Racun sianida yang ada di dalam daun singkong akan bereaksi jika anda mengkonsumsi daun singkong dalam jumlah yang sangat besar. Konsumsi dalam jumlah besar akan membuat anda merasakan kepala pusing, mual dan juga perut perih hingga gemetar. Dalam beberapa kasus bisa membuat orang hingga jatuh pingsan. Jumlah racun yang tinggi ini hanya bisa ditemukan pada beberapa jenis ketela beracun saja. Dan mungkin saja tumis daun singkong yang dibuat oleh Lisnawati berasal dari daun singkong beracun ini.

Baca Juga  Terlalu Sering Makan Ikan Asin Bisa Sebabkan Kanker

Selain racun sianida, di dalam tanaman singkong juga terdapat racun lain. Racun ini bernama linamarin dan bisa ditemukan di semua jenis ketela. Racun ini terkonsentrasi di bagian kulit umbi, batang dan juga daun dari ketela atau singkong. Untung saja bagian seperti batang dan kulit umbi tak pernah dijadikan bahan makanan oleh masyarakat Indonesia. Namun di dalam daun juga terdapat racun ini dan daun singkong sendiri adalah satu makanan yang lazim dikonsumsi masyarakat Indonesia. Untungnya jumlah racun yang terkonsentrasi di daun tak sebanyak di batang dan juga kulit umbi singkong. Meskipun terlihat aman namun anda tetap harus waspada dalam mengkonsumsi singkong atau ketela lainnya.

Related to: Makan Tumis Daun Singkong Satu Keluarga Diduga Keracunan