Makanan Penurun Kolesterol dan Asam Urat Meningkatkan Kekebalan

November 12, 2016

Makanan Penurun Kolesterol  – Kolesterol dan asam urat sekarang ini sudah menjadi penyakit yang sudah biasa diderita. Kebanyakan penderita tersebut berasal dari usia lanjut atau berusia diatas 30 tahun,

tetapi tidak jarang pula usia dibawah 20 tahun pun juga ada yang memiliki kadar kolesterol dan asam urat yang cukup tinggi. Untuk kadar kolesterol yang terlalu tinggi,

hal tersebut dapat membuat timbunan kolesterol di pembuluh darah arteri yang dapat menyebabkan penyakit jantung dan stroke.

Sedangkan untuk asam urat ia akan mengganggu fungsi ginjal, karena zat tersebut mengalami kristalisasi di dalam ginjal.

(Baca Juga : Gejala Penyakit Ginjal Dan Cara Pengobatannya Dengan Daun Sirsak )

Oleh karena itu jika seseorang mengidap kolesterol dan asam urat yang tinggi maka ia akan berkemungkinan besar terkena penyakit komplikasi.

Karena hal tersebut maka setiap orang yang memiliki kadar kolesterol dan asam urat yang terlalu tinggi harus sesegera mungkin menurunkannya.

Untuk menurunkan kedua sumber penyakit tersebut anda harus mengkonsumsi makanan-makanan yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan asam urat.

Berikut ini adalah beberapa jenis Makanan Penurun Kolesterol dan Asam Urat dengan cukup baik.

  1. Makanan yang berserat tinggi

Semua makanan yang mengandung serat yang tinggi terbukti efektif dalam mengurangi kadar asam urat dan kolesterol di dalam tubuh dan juga membantu proses pencernaan serta meningkatkan penyerapan sari makanan yang terjadi di dalam usus.

Makanan yang berserat tinggi

Makanan yang berserat tinggi

Selain itu serat juga dapat berfungsi untuk menyerap kadar asam urat lalu membuangnya melalui air seni atau urin. Tidak hanya itu serat juga dapat membantu meningkatkan proses metabolisme dalam tubuh dan menstabilkannya.

  1. Buah Ceri
Baca Juga  Larangan Dan Anjuran Makanan Untuk Kanker Usus Besar

Buah yang memiliki warna merah yang cukup cantik dan seringkali digunakan sebagai hiasan kue black forest ini, ternyata mampu mengurangi atau menurunkan kadar kolesterol sehingga risiko terhadap penyakit stroke dan penyakit jantung dapat dikurangi.

 Buah Ceri

Buah Ceri

Akan tetapi di Indonesia, buah kecil tersebut masih banyak yang dijual dalam kemasan kaleng walaupun manfaatnya juga tidak akan hilang akan tetapi semua makanan yang di awetkan pastinya menggunakan bahan kimia.

(Baca Juga : Jus Buah Penurun Kolesterol Dengan Cepat )

Oleh karena itu carilah buah ceri yang organik agar nutrisi yang anda dapat lebih maksimal. Perlu juga anda ketahui, buah ini memiliki kandungan lemak dan kalori yang cukup rendah sehingga sangat cocok untuk segala usia dan segala macam kondisi.

  1. Apel

Banyak sekali penelitian yang mengatakan bahwa buah berwarna merah ini cukup baik dalam menurunkan kadar kolesterol dan asam urat seseorang.

 Buah Apel

Buah Apel

Ini karena kandungan asam malat yang terdapat di buah ini dapat menurunkan asam urat dalam tubuh, selain itu juga dapat membantu mengeluarkan asam urat melalui air seni,

Baca Juga  Manfaat Minum Teh Pahit Cegah Naiknya Kadar Kolesterol Jahat

sedangkan kandungan pektin yang terdapat dalam buah ini dapat menghambat proses oksidasi kolesterol sehingga dapat menurunkan kadar kolesterol yang tinggi dalam tubuh.

Tidak hanya itu, kandungan antioksidan yang terdapat di buah ini juga sangat baik untuk menangkal radikal bebas dan dapat mencegah pembentukan plak di saluran darah.

  1. Pisang

Buah yang berbentuk lonjong ini tidak hanya sedap melainkan juga sangat baik untuk menurunkan kolesterol jahat.

Hal ini dibuktikan dengan adanya sebuah penelitian terhadap 23 orang yang terdiri dari pria dan wanita yang memiliki kadar kolesterol tinggi.

Pisang

Pisang

Pria dan wanita tersebut diharuskan untuk memakan sebuah pisang, kemudian setelah 2 jam dilakukan pengecekan terhadap kadar kolesterol mereka dan hasilnya cukup baik karena kadar kolesterol di 23 orang tersebut menurun.

(Baca Juga : Tumbuhan Obat Tradisional Kolesterol Tinggi Daun Salam )

Hal ini dikarenakan kandungan serat yang cukup bermanfaat dalam menurunkan kolesterol.

Tags: , , ,

Related to: Makanan Penurun Kolesterol dan Asam Urat Meningkatkan Kekebalan