Makanan Sehat untuk Wanita Hamil

April 4, 2015

Makanan untuk wanita hamil sangat penting untuk diperhatikan. Sebab diwaktu hamil, makanan tersebut harus dibagi dengan calon buah hati dalam kandungan. Perempuan yang sedang hamil harus mendapat asupan nutrisi yang cukup dan bergizi seimbang. Beberapa jenis makanan harus dihindari karena mungkin dapat membahayakan kandungan seperti misalnya junk food, makanan yang tidak dimasak dan makanan kalengan. Namun beberapa jenis makanan lain bisa menjadi penting untuk wanita hamil karena merupakan makanan yang baik untuk Ibu hamil.

Makanan Sehat untuk Wanita Hamil

Agar janin dalam kandungan dapat tumbuh dengan optimal, pastikan makanan sehari-hari yang Anda konsumsi merupakan makanan sehat yang baik untuk kehamilan. Mengenai makanan tersebut, berikut daftarnya.

Makanan Sehat untuk Wanita Hamil

 

Ikan salmon

Salmon mengandung protein dengan kualitas tinggi, lebih dari itu salmon merupakan sumber omega-3 lemak yang baik. Salmon cenerung memiliki kandungan zat mekuri yang rendah sehingga nilai gizinya sangat baik untuk wanita hamil. Beberapa jenis makanan laut memang ditengarai memiliki kandungan merkuri yang bisa mengganggu perkembangan saraf bayi dalam kandungan. Oleh karena itu, sebaiknya Anda juga tidak terlalu berlebihan dalam mengonsumsi ikan salmon. Cukup 12 ons tiap minggunya guna meminimalisir bahaya merkuri tersebut.

Baca Juga  ASI Terasa Pedas Apabila Ibu Makan Makanan Pedas? Fakta Atau Mitos

Telur

Telur mengandung protein yang berkualitas yang penting dalam masa kehamilan. Sebagai wanita hamil, Anda memerlukan kebutuhan vitamin tersendiri. Sebab sel-sel bayi tumbuh pada tingkat eksponensial, dan setiap sel tumbuh dari protein. Selain itu, telur juga memiliki kandungan kolin, yang mendorong pertumbuhan bayi dan meningkatkan kesehatan otak. Rutin mengonsumsi telur saat hamil juga dapat mencegah cacat tabung saraf pada janin.

Kacang

Begitu banyak jenis kacang-kacangan yang ada. Hampr semua cukup baik sebagai makanan sehat untuk Ibu hamil. Namun dari semua jenis kacangyang ada, buncis merupakan yang terbaik dalam kandungan serat dan proteinnya dari semua jenis sayuran. Protein memang sangat penting untuk kehamilan, namun Anda juga harus mengimbanginya dengan serat untuk menjaga kesehatan selama hamil Sembilan bulan. Serat berguna untuk melancarkan pencernaan pada wanita hamil. Seperti diketahui, saluran cerna pada orang hamil cenderung bekerja lebih lambat. Oleh karenanya, mengonsumsi banyak serat dapat mencegah terjadinya sembelit dan wasir pada masa kehamilan.

Ubi jalar

Mungkin makanan ini tidak popular bagi wanita hamil. Namun kenyataanya ubi jalar masuk dalam makanan yang baik untuk dikonsumsi selama kehamilan. Ubi jalar dengani warna oranye yang terdiri dari karotenoid, yaitu pigmen tanaman yang dikonversi jadi vitamin A dalam tubuh. Zat ini hanya dikonversi menjadi vitamin A  jika dibutuhkan, maka Anda tidak perlu untuk membatasi konsumsi vitamin A seperti buah dan sayuran.

Baca Juga  Resiko Hamil dengan Obesitas

Sayuran daun warna hijau tua

Manfaat sayuran memang sangat penting bagi kesehatan, begitu juga untuk wanita hamil. Terlebh sayuran dengan warna hijau tua seperti bayam, jenis sayuran ini jenis sayuran ini mengandung vitamin A, C, dan K, serta folat yang  penting untuk pertumbuhan janin.

Makanan sehat untuk ibu hamil di atas sangat mudah didapat. Anda dapat memasukkannya pada menu harian agar kesehatan bayi semakin meningkat dan dapat tumbuh dengan optimal.

Tags:

Related to: Makanan Sehat untuk Wanita Hamil