Makanan yang Dilarang untuk Penderita Asam Urat

April 21, 2016

Makanan yang Dilarang untuk Penderita Asam Urat – Tentu sudah banyak orang yang tidak asing lagi dengan salah satu penyakit ini. Asam urat adalah penyakit pada daerah persendian yang diakibatkan oleh penumpukan kristal asam urat. Kebanyakan penyakit ini menyerang daerah pada jempol kaki, namun juga tidak menutup kemungkinan jika asam urat dapat menyerang pada bagian pergelangan kaki, lutut, atau juga pergelangan tangan.

Serangan penyakit ini bisa berlangsung beberapa hari atau bahkan bisa berbulan-bulan lamanya. Pria dan orang gemuk lebih beresiko terkena serangan asam urat. Jika anda rentan terkena serangan asam urat ada baiknya jika anda menghindari makanan-makanan yang bisa mengakibatkan asam urat.

Larang untuk Penderita Asam Urat :

Asam Urat
Pengobatan asam urat sendiri juga tidak akan berjalan secara efektif jika tidak diiringi dengan pola makan yang sehat. Oleh karena itu pada pembahasan berikut ini akan saya sampaikan beberapa pantangan makanan untuk para penderita asam urat.

1. Bir

Tidak perlu diragukan lagi jika bir minuman alkohol dapat membahayakan tubuh kita, termasuk salah satunya bagi penderita asam urat. Bahkan tidak hanya meningkatkan asam urat, tetapi bir juga menyebabkan tubuh sulit untuk membersihkan kelebihan kadar asam urat dalam tubuh. Bagi anda yang tidak bisa lepas dari mengonsumsi bir, anda bisa memilih wine sebagai penggantinya. Namun tetap saja mengonsumsi secara berlebihan juga bisa merusak kesehatan organ dalam tubuh.

Baca Juga  Mengenal Manfaat Madu Untuk Asam Urat

2. Kerang

Menurut salah satu asisten nutrisi klinis di University of Texas, Lona Sandon, makanan laut terutama kerang kaya akan kandungan purin yang bisa terurai menjadi asam urat di dalam tubuh. Dia menyarankan untuk paling tidak hanya mengonsumsi makanan laut sebanyak 4-6 ons perharinya.

3. Daging Merah

Tentu sudah kita ketahui sebelumnya jika daging diciptakan dengan kandungan purin yang berbeda. Namun kandungan purin yang terdapat dalam daging merah lebih banyak jika dibandingkan dengan daging putih. Jika anda ingin mengonsumsi daging merah sesekali lebih baik anda memilih daging sapi dari pada daging kambing atau domba.

4. Kalkun

Menurut Dr. Zashin, daging kalkun dan angsa memiliki kandungan purin yang sangat tinggi jika dibandingkan dengan unggas yang lainnya. Menurutnya, daging ayam bisa menjadi pilihan bagi para penderita asam urat. Namun tentu dengan batasan konsumsi yang wajar.

5. Soft Drink

Hindari minuman yang mengandung fruktosa tinggi, seperti halnya minuman soft drink. Hal ini disebabkan karena pemanis akan merangsang tubuh untuk memproduksi asam urat lebih banyak. Hal ini sudah dibuktikan melalui penelitian jika seseorang mengonsumsi fruktosa secara berlebihan akan meningkatkan resiko terkena penyakit asam urat.

6. Ikan Teri, Tuna, dan Ikan Asin

Memang ada beberapa makanan laut yang bisa dikonsumsi oleh penderita asam urat. Namun harus menghindari sepenuhnya untuk mengonsumsi ikan teri, tuna, dan juga ikan asin. Menurut Scott Zashin, MD mengonsumsi lobster, belut, dan juga kepiting lebih baik bagi para penderita asam urat.

Baca Juga  Penyebab Penyakit Demam Berdarah dan Fase Penyembuhannya

7. Jeroan

Yang dimaksud jeroan disini adalah organ hati atau ginjal yang terdapat pada unggas, entah itu ayam maupun bebek. Menurut peneliti, mengonsumsi jeroan akan meningkatkan resiko terkena penyakit asam urat hingga 50 persen.

8. Bayam, Kol dan Jamur

Ketiga jenis sayuran tersebut memiliki kandungan purin yang lebih tinggi jika ddibandingkan dengan sayuran yang lainnya. Jika anda menyukai sayuran ini, lebih baik anda mulai menghindari ketiganya dan mencari pengganti syuran yang lain.
Dengan menjauhi beberapa makanan diatas, tentunya akan sangat membantu anda untuk mengatasi asam urat atau bahkan mencegah terjadinya penyakit asam urat yang sangat menyakitkan

Tags: , , ,

Related to: Makanan yang Dilarang untuk Penderita Asam Urat