Manfaat Air Kelapa Untuk Kesehatan Anak – Anak

August 15, 2016

Bahan makanan satu ini memang dikenal memiliki kandungan manfaat yang sangat banyak. Dari akar, batang, sampai buahnya sangat bermanfaat pada berbagai hal. Buah kelapa yang masih muda menghasilkan air yang sangat segar sekali jika dinikmati setiap hari. Air kelapa ini ternyata dikenal memiliki banyak fungsi untuk kesehatan terutama bagi anak-anak. Dari mengatasi berbagai masalah penyakit sampai menjaga kondisi tubuh menjadi terus stabil.

Kandungan dari air kelapa seperti vitamin, mineral, elektrolit, dan beberapa kandungan lainnya dapat mengobati penyakit pencernaan dengan mudah. Masalah seperti sembelit dan diare juga dapat disembuhkan dengan air kelapa ini. Banyak orang yang mengatakan bahwa air kelapa dapat digunakan untuk mengobati perut kembung sampai rasa ingin muntah. Walau belum diteliti lebih lanjut namun sudah banyak yang mencoba manfaat tersebut.

Mafaat air kelapa

Namun begitu kandungan vitamin dan mineralnya dapat berguna untuk merefleksi bagian pencernaan dalam sehingga perut menjadi lebih tenang. Jika anak anda sedang muntah atau mulas sebaiknya segera mencari air kelapa muda untuk diminumkan agar rasa sakitnya bisa sembuh dengan segera. Jangan anggap remeh air kelapa ini karena mengandung antimikroba yang dapat membasmi kuman atau bakteri yang tidak diinginkan. Manfaat lain juga dapat melancarkan saluran pengeluaran seperti usus besar dan saluran kemih.

Baca Juga  Manfaat Khasiat Kulit Buah Manggis Bagi Kesehatan

Air kelapa sangat aman diminum untuk segala umur dan kondisi sehingga baik untuk meredakan berbagai penyakit yang bisa ditanganinya. Pada saat musim kemarau biasanya suhu menjadi panas dan saat beraktivitas akan mengeluarkan banyak energi, untuk menghindari dehidrasi pada anak bisa juga menggunakan air kelapa ini. Cukup digunakan sebagai minuman saja agar dehidrasi dapat teratasi. Air kelapa juga bisa mengisi cairan tubuh yang hilang saat beraktivitas tersebut maka dari itu ketika sudah meminumnya terasa kembali stamina dan tenaganya.

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa air kelapa bisa menjadi nutrisi yang baik untuk kulit, nantinya air kelapa dapat melembabkan dan memberikan nutrisi dari dalam. Ada juga orang yang memanfaatkannya untuk menyembuhkan infeksi kulit dan berbagai masalah wajah, pada penggunaannya tinggal usapkan pada kulit yang bermasalah tersebut.

Kandungan anti mikrobanya memang sangat berguna sekali, tidak hanya meredakan penyakit bagian dalam tetapi juga bisa menyembuhkan penyakit yang diakibatkan oleh kuman dan bakteri. Misalkan pada luka baru atau terjadi infeksi pada anak bisa langsung disembuhkan dengan menggunakan air kelapa ini. Biasanya untuk pengobatan masih ditambah dengan madu dua sendok agar hasilnya lebih maksimal.

Baca Juga  Buah Penurun Tekanan Darah Tinggi dan Kolesterol Jahat

Selain rasanya enak memang sangat berguna sekali dalam menyembuhkan berbagai masalah penyakit. Memang banyak manfaat yang diberikan oleh air kelapa ini, dari daging buahnya, akar, daun, dan seluruh bagian kelapa memang bermanfaat untuk kehidupan manusia. Ada beberapa jenis kelapa yang ada di Indonesia dari kelapa hijau, kelapa kuning, kelapa wulung, dan masih banyak lagi. Masing-masing dari jenis kelapa tersebut memiliki manfaat dan kegunaannya tersendiri sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal sebaiknya menggunakan air kelapa murni dan masih asli karena beberapa penjual masih mencampurkannya dengan air biasa dan gula. Banyak di jalanan yang menjual air kelapa tersebut sehingga untuk mendapatkannya tidak terlalu susah. Beberapa manfaat air kelapa untuk anak-anak, walau sedang tidak sakit bisa juga mengkonsumsinya setiap hari karena kandungannya yang sangat banyak sekali.

Related to: Manfaat Air Kelapa Untuk Kesehatan Anak – Anak