Manfaat ASI Untuk Bayi Dan Ibu Yang Wajib Anda Ketahui

January 27, 2016

Berikut akan dibahas mengenai manfaat ASI untuk bayi, tidak dapat dipungkiri bahwa ASI adalah kebutuhan seorang bayi. ASI untuk anak Anda adalah kebutuhan yang memiliki manfaat sangat besar. Bahkan pemberian ASI kepada anak Anda tidak hanya memberikan manfaat besar untuk anak Anda, tetapi juga untuk Anda sebagai seorang ibu. Pemberian ASI kepada anak dianjurkan sesegera mungkin, yaitu sekitar 30 menit setelah dilahirkan. Pada bukan-bulan pertama, sebaiknya hanya ASI saja yang diberikan, ini juga sering disebut dengan ASI eksklusif.

Manfaat ASI Bagi ibu dan bayi

Manfaat Asi

Memberikan ASI kepada baik juga memberikan manfaat besar bagi sang ibu. Dimana setelah memberikan ASI, maka dapat mencegah adanya pendarahan serta membantu rahim agar segera kembali ke tempat semula. Manfaat ASI bagi ibu dan bayi dapat dirasakan bersama, jangan ragu untuk memberikan ASI Anda kepada anak Anda. Selain itu memberikan ASI untuk bayi juga dipercaya dapat membantu menurunkan berat badan. Dan yang paling mengejutkan lagi, menyusui juga dapat mengurangi adanya resiko terkena penyakit kanker payudara atau pun kanker rahim.

Baca Juga  Luar Biasa, Manfaat Daun Sirsak Untuk Mengobati Berbagai Macam Penyakit Berbahaya

Manfaat ASI Dibanding susu formula

Tetapi secara umum, pemberian ASI adalah wujud dari kasih sayang Anda kepada anak Anda. Selain itu, ASI lebih praktis dan juga ekonomis dibanding susu formula yang tentu saja mahal. Dengan ASI, Anda tidak harus membuat susu formula, tidak perlu repot dan mengeluarkan uang banyak. Manfaat ASI dibanding susu formula jauh lebih baik dan sempurna. ASI yang Anda berikan itu gratis dan tentu saja tidak beresiko. Resiko besar dapat terjadi pada anak Anda jika Anda sampai salah memilih susu formula. Contohnya saja diare, muntah, sembelit dan lain sebagainya. Oleh sebab itu, ASI adalah susu terbaik untuk anak Anda.

Manfaat ASI eksklusif

ASI tidak perlu dipanaskan jika akan diberikan untuk anak Anda karena suhunya selalu tepat. Berbeda dengan formula yang mudah basi dan juga belum tentu terbebas dari bakteri. Pemberian ASI eksklusif sangat dianjurkan untuk kesehatan Anda dan juga untuk bayi Anda. Manfaat ASI eksklusif sangat baik untuk anak Anda, yaitu kebutuhan akan zat besi dapat terpenuhi. Selain itu tingkat pertumbuhannya juga baik dan anak Anda terlindungi dari infeksi yang membahayakan kesehatan anak Anda seperti gastroinstinal.

Baca Juga  Bayi Prematur Dapat Lebih Pintar Apabila Di Beri ASI Selama Sebulan

Sebagai ibu, tentu saja Anda ingin yang terbaik untuk buah hati Anda. Selalu berikan kasih sayang Anda lewat ASI eksklusif selama 4 sampai 6 bulan. Dengan begitu anak Anda dapat tumbuh dengan baik dan juga sehat. Selain itu, menyusui ini juga sangat baik untuk kesehatan Anda sebagai seorang ibu. Banyak hal positif yang dapat diperoleh dengan pemberian ASI eksklusif. Sekian yang dapat disampaikan mengenai manfaat luar biasa ASI bagi bayi dan juga Anda sebagai seorang ibu. Semoga dapat bermanfaat untuk Anda semua, berikan yang terbaik untuk anak Anda.

Tags: , , ,

Related to: Manfaat ASI Untuk Bayi Dan Ibu Yang Wajib Anda Ketahui