Manfaat Bawang putih Bagi Kesehatan

March 7, 2015

Manfaat  bawang putih bagi kesehatan sangat besar, dan banyak, dan juga bagus untuk mengurangi berat badan. Bawang putih adalah salah satu rempah-rempah yang paling populer digunakan dalam memasak. Rasa dan Aroma bawang putih yang kuat dibarengi dengan banyak manfaat yang baik untuk tubuh. Selain popularitasnya di dapur, juga terkenal karena nilai pengobatannya.

Manfaat Bawang putih Bagi Kesehatan

Bawang putih memiliki nama ilmiah allium sativum. Orang-orang Mesir  sudah menggunakannya sejak beberapa tahun yang lampau dan bahkan seorang penggali kubur Prancis yang mengetahui manfaat kesehatan bawang putih yang luar biasa ini menggunakan bawang putih yang sudah dihancurkan lalu dicampur dengan anggur  untuk melindungi diri mereka terhadap Wabah Hitam (Black Plague), yang menewaskan banyak orang di Eropa. Tentara di Perang Dunia I dan II juga dibekali bawang putih sebagai perlindungan terhadap gangren.

Sebuah studi terobosan tentang manfaat  bawang putih bagi kesehatan oleh ahli kimia Italia CJ Cavallito menggiring penemuan senyawa penting dalam bawang putih. Senyawa ini disebut allicin. Allicin bertanggung jawab terhadap bau yang kuat dari bawang putih dan juga merupakan sumber dari sekian banyak manfaat kesehatan dari bawang putih.

Baca Juga  5 Jenis Makanan Sehat Untuk Diet Jantung

Manfaat kesehatan bawang putih untuk mengatasi kegemukan

Salah satu manfaat besar bawang putih bagi kesehatan berasal dari senyawa allicin yang ditemukan dalam bawang putih yang menekan nafsu makan seseorang dan dengan demikian membantu dalam penurunan berat badan. Fungsinya dengan mengirimkan sinyal ke otak, yang menyatakan bahwa ia sudah kenyang sehingga mengurangi minat untuk terus makan.

Bawang putih juga dapat meningkatkan metabolisme seseorang dengan merangsang sistem saraf tubuh untuk melepaskan adrenalin. Hormon ini meningkatkan metabolisme tubuh, menyebabkan kalori dalam tubuh terbakar, mengakibatkan penurunan berat badan. Selain itu suhu tubuh juga dapat meningkat dan meningkatkan kemampuan tubuh untuk membakar lemak.

Bawang putih dan kandungan minyak didalamnya juga mendorong peristaltik, yang membantu menghilangkan lemak dan membuangnya keluar dari tubuh. Hal ini juga dapat secara langsung mengurangi kegemukan dan berfungsi sebagai diuretik untuk membantu tubuh dalam menghilangkan kelebihan cairan dengan meningkatkan jumlah urin. Selain itu metabolisme Anda juga akan bertambah cepat, sehingga dapat melepaskan lemak lebih cepat dari sel-sel tubuh Anda, dan ini membantu dalam menurunkan berat badan.

Baca Juga  Khasiat Daun Sambung Nyawa Sebagai Obat Tradisional Segala Penyakit

Ada juga eksperimen di mana allicin (yang ditemukan dalam bawang putih) digunakan untuk menguji apakah bawang putih dapat membantu mengatasi tekanan darah tinggi, serangan jantung dan diabetes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa allicin efektif dalam menurunkan tekanan darah dan mencegah diabetes serta serangan jantung. Mereka juga melihat bahwa tidak ada peserta yang menerima masakan khusus dari bawang putih kemudian naik berat badannya.

Manfaat bawang putih bagi  kesehatan yang lain adalah kemampuannya dalam membantu tubuh mengatasi masalah pencernaan. Dalam hal ini  bawang putih membantu menormalkan fungsi usus agar dapat mencerna lebih baik. Bawang putih juga dapat mengobati pembengkakan atau iritasi pada saluran lambung termasuk merangsang aktivitas organ pencernaan yang berbeda.         Bawang putih adalah benar-benar herbal yang efektif untuk menurunkan berat badan dan meningkatkan pencernaan kita.

Tags:

Related to: Manfaat Bawang putih Bagi Kesehatan