Manfaat Bekam Bagi Kesehatan

January 25, 2016

Terapi kesehatan tradisional dalam rangka untuk menjaga kesehatan tubuh dewasa ini cukup digemari. Terapi kesehatan yang tidak mengharuskan pasiennya mengkonsumsi sejumlah obat-obatan dan tanpa bayang-bayang suntikan ataupun operasi membuat terapi ini kini mulai dicari banyak orang. Salah satu yang bisa menjadi alternatif adalah terapi bekam. Manfaat bekam sebenarnya telah banyak diisyaratkan dalam ajaran Muslim dalam kitab As-Sunnah mereka. Bekam yang mengadopsi metode penyerapan kop kecil untuk mengeluarkan toksik dalam tubuh manusia. Sebenarnya terapi ini telah dilakukan jauh sebelum masehi yakni sekitar 4000SM.

Manfaat bekam bagi kesehatan

Manfaat Bekam

Di zaman modern ini, terapi bekam masih menjadi pilihan yang cukup populer di kalangan Muslim maupun non-muslim dalam melaksanakan terapi kesehatan tradisional yang diyakini cukup aman. Terapi ini juga dilansir oleh para ahli kesehatan memiliki banyak manfaat yang cukup efektif bagi tubuh. Manfaat bekam bagi kesehatan untuk mencegah dan mengobati berbagai penyakit ringan hingga berat seperti pegal-pegal, meriang, rematik, stroke, radang ginjal, jantung, hipertensi dan masih banyak lagi. Teknik bekam ini pun kini telah mengalami banyak kemajuan dalam penerapannya. Sehingga manfaat sehat yang diperoleh pasien bisa lebih ditingkatkan.

Baca Juga  Manfaat Daun Kemangi Untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Manfaat bekam di kepala

Terdapat pula beberapa manfaat spesifik dalam melakukan bekam. Beberapa diantaranya bisa didapatkan jika dalam pelaksanaannya teknik ini dilakukan dengan benar. Seperti peletakkan kop bekam dalam titik-titik tertentu terbukti memiliki satu manfaat spesifik sama seperti teknik akupuntur. Sebagai salah satu contoh manfaat bekam di kepala yang bisa dapatkan dengan meletakkan kop bekam di sekitar leher. Bekam ini akan secara efektif mengurangi kram otot, pegal-pegal disekitar leher dan pundak, dan mengurangi intensitas sakit kepala. Teknik ini juga merangsang berkurangnya kecemasan, susah tidur, stress dan merilekskan sejumlah saraf dan otot.

Manfaat bekam untuk jantung

Bekam juga memiliki manfaat dalam kelancaran peredaran darah manusia. Salah satu organ yang diuntungkan ketika Anda melakukan bekam adalah jantung, ginjal serta hati. Dalam hal ini, manfaat bekam untuk jantung adalah dapat menstimulasi sirkulasi darah tubuh dan meluaskan pembuluh darah. Bekam juga memiliki kontribusi yang besar dalam merangsang pembentukan sel darah merah (mengatasi penyakit anemia), sel darah putih (meningkatkan kekebalan tubuh), menstabilkan kadar keasaman darah, dan membersihkan darah sesuai dengan hasil penelitian Dr. Katashi, Universitas Osaka.

Baca Juga  6 Makanan yang Baik untuk Menjaga Kesehatan Mata dan terhindar dari penyakit
Manfaat bekam wajah

Selain manfaat dalam car peredaran darah, bekam juga memiliki manfaat yang signifikan terhadap kecantikan kulit. Jika Anda melakukan terapi bekam, zat-zat berbahaya yang mengendap di bawah kulit dan darah kotor seperti memar akan hilang. Bekam juga berperan merangsang aktivitas kelenjar keringat dan kelenjar lemak meningkat. Sehingga pori-pori kulit akan membuka setelah dilakukan pembekaman. Kotoran yang menyumbat kulit otomatis akan keluar. Manfaat bekam wajah ini juga ditunjukkan dengan perbaikan sirkulasi darah dibagian bawah kulit secara menyeluruh.

Tags: , , , , , , ,

Related to: Manfaat Bekam Bagi Kesehatan