Manfaat Buah-Buahan Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

November 21, 2016

Manfaat buah-buahan sudah terkenal sejak jaman dahulu kala. Banyak penelitian sudah dilakukan selama bertahun-tahun untuk mengetahui khasiat dari setiap buah-buahan yang ada di dunia ini terhadap tubuh manusia. Ada buah-buahan yang memang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi karena manfaatnya sangat baik bagi tubuh, ada buah-buahan yang harus diproses dulu sebelum dijadikan obat-obatan dan ada buah-buahan yang sebaiknya tidak dikonsumsi sama sekali karena dikhawatirkan kandungan di dalamnya malah akan merusak sistem organ-organ tubuh kita. Lantas, apa saja khasiat buah-buahan bagi kesehatan dan kecantikan kita?

Manfaat Buah-buahan

Banyak metode diet yang memasukkan buah-buahan ke dalam programnya. Metode diet Food Combining misalnya, menyarankan untuk mengkonsumsi buah-buahan pada saat sarapan dan tidak makan makanan lain sebelum jam 11 siang. Hal ini tentu sedikit berbeda dengan pola makan kebanyakan orang Indonesia yang terbiasa mengkonsumsi nasi lengkap dengan lauknya untuk sarapan. Orang Indonesia juga terbiasa untuk makan buah sesudah makan sebagai pencuci mulut. Di dalam metode Food Combining, buah diharuskan dimakan sebelum makanan utama. Banyak orang yang mencoba metode Food Combining ini merasa jauh lebih sehat.

Baca Juga  Manfaat Mengkudu Bagi Kesehatan Tubuh Serta Kandunganya

Manfaat buah-buahan bagi kesehatan

Hal ini menunjukkan bahwa buah-buahan berperan besar dalam kesehatan tubuh manusia. Manfaat buah-buahan bagi kesehatan sangat besar sekali. Sebagai contoh, buah-buahan dari keluarga berry seperti strawberry, blackberry, raspberry, blueberry dan lain sebagainya memiliki antioksidan yang sangat tinggi hingga mampu menangkal radikal bebas yang sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh kita. Selain itu, buah-buahan tersebut dapat membantu menurunkan tekanan darah, menekan penyebarab sel kanker dan mampu mencegah penyakit jantung dan diabetes.  Selain itu, apel juga berperan besar bagi kesehatan karena mengandung falavanoid yang membantu menurunkan resiko serangan jantung dan hipertensi.

Manfaat buah-buahan untuk kecantikan

Selain untuk kesehatan, buah-buahan juga telah lama dikenal memiliki khasiat yang baik untuk kecantikan. Manfaat buah-buahan untuk kecantikan telah digunakan oleh nenek moyang kita sejak jaman dahulu kala. Selain dikonsumsi, mereka menggunakan buah buahan dengan cara mengoleskannya ke kulit tubuh dan wajah. Bengkoang misalnya biasa digunakan sebagai masker wajah untuk mencerahkan dan menghaluskan kulit, begitu pula dengan tomat, alpukat dan pisang yang telah lama dipercaya memiliki khasiat bagi kecantikan yang bisa dirasakan langsung.

Baca Juga  Khasiat Penting Dari Buah Rambutan Bagi Kesehatan

Di negara-negara barat, lemon dikenal sebagai buah ajaib karena bisa digunakan sebagai masker, lotion, pembersih kulit, pemutih gigi, pencegah ketombe dan lain sebagainya. Ini karena kandungan vitamin A, B1, B2, B3 dan vitamin C yang terkandung di dalamnya. Strawberry juga sering dimanfaatkan dalam menjaga kecantikan. Strawberry mengandung asam salisilat yang berguna untuk mengencangkan kulit serta vitamin B, C, E dan vitamin K. Masker dari buah strawberry cukup disukai karena kemampuannya dalam meremajakan kulit wajah dan cocok untuk segala jenis kulit.

Tags: , , ,

Related to: Manfaat Buah-Buahan Untuk Kesehatan Dan Kecantikan