Manfaat Buah Kiwi Yang Luar Biasa

November 21, 2016

Tahukah Anda apa saja manfaat buah kiwi?Buah mungil berwarna coklat dengan tekstur yang kasar ini memiliki bagian dalam berwarna hijau tua. Rasanya yang manis-manis asam membuat banyak orang langsung menyukai kesegaran buah ini. Meskipun demikian, buah yang berasal dari Selandia Baru tersebut mengandung sejumlah asam oksalat yaitu zat yang secara alami diproduksi oleh mayoritas tanaman. Asam oksalat dalam jumlah tinggi yang masuk ke dalam tubuh dan bercampur dengan cairan tubuh dapat mengkristal sehingga orang yang berpenyakit ginjal tidak disarankan untuk mengkonsumsi buah kiwi.

Manfaat buah kiwi kesehatan

Manfaat buah kiwi

Di luar masalah pengkristalan tersebut, buah kiwi aman dimakan dan sangat disarankan karena kandungan nutrisi dan vitaminnya yang tinggi. Manfaat buah kiwi kesehatan antara lain membantu pencernaan karena mengandung enzim yang disebut actinidain yang bekerja mirip zat bromelain dalam nanas atau zat papain dalam papaya yaitu membantu proses pencernaan makanan di dalam lambung. Di samping itu, buah kiwi sangat bermanfaat dalam proses detoxifikasi atau pembuangan racun dari dalam tubuh. Buah kiwi juga dapat membantu menyeimbangkan tekanan darah dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Baca Juga  Buah Penurun Tekanan Darah Tinggi dan Kolesterol Jahat

Manfaat buah kiwi untuk diet

Manfaat buah kiwi untuk diet juga sudah lama diakui para pakar diet dan ahli gizi di dunia. Buah kiwi yang memiliki indeks glikemik rendah serta kandungan serat yang tinggi membuatnya menjadi buah super yang sangat dianjurkan dalam penurunan berat badan. Mengkonsumsi satu atau dua porsi buah kiwi dalam sehari sebelum makan berguna untuk melangsingkan tubuh. Efek asam yang dikandungnya juga dipercaya dapat menghancurkan lemak-lemak membandel yang biasanya terdapat di seputar perut, pinggang, paha dan lengan. Mengkonsumsi buah kiwi menghindarkan tubuh dari kegemukan.

Manfaat buah kiwi untuk rambut

Selain untuk diet, buah kiwi juga memiliki khasiat untuk kesehatan rambut. Manfaat buah kiwi untuk rambut berasal dari vitamin C dan E yang diketahui dapat memperlancar peredaran darh pada bagian kulit kepala. Selain itu zat antioksidan dibutuhkan sekali dalam pertumbuhan rambut yang sehat, mencegah rambut patah dan rontok. Vitamin C merupakan komponen nutrisi yang tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh padahal sangat dibutuhkan untuk memproduksi kolagen yang diperlukan untuk kesehatan rambut. Mengkonsumsi buah kiwi sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan rambut.

Baca Juga  Manfaat Khasiat Kulit Buah Naga Untuk Kesehatan
Manfaat buah kiwi untuk ibu hamil

Ibu hamil juga sangat dianjurkan mengkonsumsi buah kiwi. Manfaat buah kiwi untuk ibu hamil antara lain meminimalkan resiko bayi lahir cacat syaraf dengan kandungan asam folat-nya yang tinggi. Ibu hamil sangat memerlukan asupan asam folat terutama di minggu-minggu awal kehamilan. Ibu hamil yang kekurangan asam folat dapat membuat janinnya tidak berkembang dengan baik. Banyak kasus kekurangan asam folat pada ibu hamil membuat bagian kolom spina dan penutup syarat tunjang tidka terbentuk sempurna sehingga syaraf-syaraf bayi beresiko mengalami kecacatan.

Tags: , , , , ,

Related to: Manfaat Buah Kiwi Yang Luar Biasa