Manfaat Buah Manggis Bagi Kesehatan Tubuh dan Kecantikan Kulit

November 21, 2016

Nama ilmiah dari buah manggis adalah Garcinia Mangostana. L. Buah manggis merupakan salah satu buah yang mudah tumbuh di kawasan yang beriklim tropia seperti di Indonesia, Singapura, Malaysia dan beberapa negara Asia Tenggara lainnya. Di dalam dunia perdagangan buah ini mendapatkan sebutan unik, yaitu “ratu buah” dan menjadi pasangan dari buah durian yang dijuluki sebagai “raja buah”.

Terdapat tiga bagian utama dari buah manggis, yaitu kulit, daging, dan biji. Jika buah manggis matang, dagingnya memiliki rasa manis dan pijinya pahit. Cara menyantap buah ini pada umumnya diawali dengan membelah kulit yang terluar secara hati-hati, setelah itu barulah dagingnya dimakan.

Manfaat Manggis Bagi Kesehatan

manfaat-manggis

manfaat-manggis

Buah manggis berkontribusi dalam hal menjaga tubuh agar tetap fit dan menjadi lebih kuat dari serangan penyakit, karena di dalam ratu buah ini tersimpan antioksidan kuat yang sifatnya sebagai anti-peradangan.

Sudah banyak orang yang mengolah buah dan kulit manggis yang digunakan hanya sebagai vitamin tubuh dan obat tradisional saja. Hal ini dikarenakan buah manggis menyimpan banyak nutrisi. Bila Anda ingin mengetahui lebih jauh mengenai manfaat buah manggis bagi kesehatan, silahkan simak ulasan di bawah ini :

Pembasmi virus

Di dalam buah manggis terdapat senyawa yang bernama Xanthome yang memiliki kemapuan dalam membasmi virus atau infeksi jamur. Xanthome juga dapat membantu menyingkirkan karsinogen yang membuat kulit Anda rusak.

Baca Juga  Solusi Aman Manfaat Daun Kelor untuk Asam Urat

Peningkat stamina

Sebelum Anda menghantarkan tubuh untuk melawan panasnya cahaya matahari pada siang hari hanya untuk mendapatkan sesuap nasi, alangkah baiknya setelah sarapan Anda minum jus manggis agar energi yang ditampung menjadi lebih kuat dan siap digunakan untuk bekerja.

Obat Diare dan Sariawan

Buah manggis sudah banyak digunakan untuk mengobati sariawan dan diare, sehingga wajar bila banyak negara yang melestarikan buah ini. Contihnya adalah Filipina yang mengolah buah manggis sebagai obat diare, sariawan, disentri dan gangguan pada pwncernaan.

Meringankan Gejala PMS

Ketikan PMS, mengalami perubahan hormon sehingga menimbulkan banyak gejala seperti pusing dan emosi seperti mudah tersinggung. Untuk mengatasi masalah tersebut, para ahli dari negri Jiran (Malaysia) mengolah akar manggis dengan cara merebusnya untuk mengatur menstruasi.

Menurunkan Berat Badan

Buah manggis dapat membuat berat badan tetap stabil, sehingga resiko kenaikan badan sangat kecil. Tetapi juga harus diseimbangkan dengan olahraga yang teratur, maka akan memudahkan lemak di perut menjadi terkikis sehingga tubuh Anda pun menjadi semakin langsing.

Obat Jerawat

Sifat buah manggis sebagai anti-virus juga antibakteri dapat Anda manfaatkan untuk menghilangkan jerawat yang membandel pada kulit wajah Anda. Masalah klasik seperti ini tidak perlu diambil pusing, karena Anda dapat mencari jalan keluar yang tepat.

Menghambat Laju Sel Kanker

Buah manggis memiliki kandungan antioksidan yang kuat yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker juga dapat mencegah kardiovaskular. Selain itu, kandungan aktioksidan ini juga dapat melindungi tubuh dari radikal bebas yang dapat memicu stres oksidatif atau ‘karat seluler’ yang nantinya akan menyebabkan sejumlah kondisi medis yang parah.

Baca Juga  Manfaat Lidah Buaya Untuk Untuk Kesehatan Tubuh Manusia di Kehdiupan Sehari Hari

Menurunkan Kolesterol

Kadar kolesterol yang berlebih dapat memicu terjadinya obesitas atau kegemukan. Manfaat manggis bagi kesehatan yang satu ini bisa dikatakan serupa dengan beberapa poin sebelumnya. Tetapi dalam hal ini, buah manggis lebih digunakan untuk mengontrol tingkat trigliserida yang memiliki fungsi untuk mengontrol kerja hati manusia.

Menurunkan Tekanan Darah

Bagi penderta hipertensi ada banyak makanan yang dipantang, kecuali buah manggis. Karena ratu buah ini mampu menurunkan tekanan darah yang jika dibiarkan dalam keadaan berlebih dapat memicu stroke dan penyakit jantung koroner. Tentu hal ini tidak terlepas dari kandungan mineral yang tinggi di dalam buah manggis seperti magnesium, mangan, dan tembaga.

Kini Anda sudah mengetahui manfaat manggis bagi kesehatan sangatlah banyak. Buah manggis tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh bagian dalam saja, tetapi khasiat buah manggis yang lainnya juga sangat baik kesehatan kulit. Untuk para wanita yang ingin mempertahankan kecantikan diri, bisa mencoba menggunakan metode alami ini.

Tags: , , ,

Related to: Manfaat Buah Manggis Bagi Kesehatan Tubuh dan Kecantikan Kulit