Manfaat Buah Naga Merah Dan Putih Untuk Menjaga Kesehatan Tubuh Kita

November 21, 2016

Manfaat buah naga untuk menjaga kesehatan tubuh belakangan ini banyak sekali dibicarakan.

Namun apa sih sebenarnya buah naga ini?

Darimana asalnya dan apa saja manfaat yang digadang-gadangkan itu?

Pada awalnya mungkin beberapa orang akan mengira bahwa buah naga ini berasal dari Cina mengingat mitos naga sendiri berasal dari negara tirai bambu tersebut.

Akan tetapi sebenarnya buah ini berasal dari Amerika Selatan yang kemudian menyebar dan menjadi popular di negara-negara Asia.

Buah naga masih satu keluarga dengan kaktus yang dapat hidup di daerah gersang namun menyimpan banyak kandungan air dalam tubuhnya.

Manfaat buah naga bagi kesehatan

Manfaat buah naga

Manfaat buah naga bagi kesehatan memang banyak. Buah yang belum lama popular di Indonesia ini memiliki kandungan kalsium dan fosfor yang cukup tinggi sehingga sangat bermanfaat untuk kesehatan tulang dan gigi.

Para lansia disarankan mengkonsumsi buah naga secara rutin karena dapat membantu mencegah atau mengurangi resiko osteoporosis dan tulang keropos.

Selain itu, kandungan anti oksidannya yang sama tingginya dengan buah apel sehingga dapat mencegah penuaan dini dengan membantu tubuh melawan radikal bebas. Mengkonsumsi buah naga dengan rutin juga menjaga kehalusan kulit dan rambut.

Baca Juga  Berbagai Manfaat Buah Jeruk untuk Kesehatan Kulit Wajah

Manfaat buah naga putih

Buah naga memiliki bagian dalam berwarna putih dan merah. Buah naga putih lebih dahulu popular di Indonesia. Manfaat buah naga putih antara lain mencegah naiknya tingkat gula darah sehingga menurunkan resiko diabetes mellitus, menurunkan kadar kolesterol serta meningkatkan daya tahan dan kekebalan tubuh.

Hal ini disebabkan oleh kandungan gizi yang terdapat di dalam buah naga putih yaitu serat, protein, karbohidrat, kalsium, betakaroten, vitamin B 1 dan B2, vitamin C serta zat besi. Kandungan vitamin C yang lebih tinggi membuat rasa buah naga putih sedikit lebih asam.

Manfaat buah naga merah

Manfaat buah naga merah sebenarnya mirip dengan buah naga putih, begitu pula kandungan gizinya. Yang membedakan antara buah naga merah dan putih adalah rasanya.

Buah naga merah rasanya jauh lebih manis daripada buah naga putih sehingga lebih disukai khususnya orang-orang Indonesia yang memang cenderung menyukai makanan yang manis.

Jadi, tidak masalah apakah Anda lebih menyukai buah naga yang bagian dalamnya putih atau merah karena keduanya sangat bermanfaat dalam pencegahan kanker dan kesehatan jantung.

Baca Juga  20 Manfaat Buah Sirsak Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Buah naga juga diketahui dapat menambah nafsu makan. Jadi, jika balita Anda susah makan, tidak perlu beli vitamin atau susu yang harganya mahal itu karena belum tentu cocok.

Berikan saja buah naga secara rutin, satu atau dua porsi sehari. Buah naga enak dimakan begitu saja atau untuk dijadikan jus.

Jika suka, Anda bisa memasukkannya ke dalam pudding atau menambahkannya ke dalam es campur. Dengan cara yang kreatif, buah naga akan menjadi buah favorit anak Anda.

Tags: , ,

Related to: Manfaat Buah Naga Merah Dan Putih Untuk Menjaga Kesehatan Tubuh Kita