Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan

November 21, 2016

Info mengenai manfaat buah nanas untuk kesehatan sangat menarik untuk dibahas. Hampir setiap orang senang nanas. Rasanya yang manis dan asam sangat segar untuk dimakan. Nanas berasal dari Brazil, Bolivia dan Paraguay yang merupakan negera tropis.

Tetapi, nanas sangat mudah ditemukan di Indonesia. Bahkan untuk mendapatkannya, anda tidak perlu repot karena di sejumlah pasar swalayan maupun tradisional selalu menyediakan nanas. Karena nanas bukanlah buah yang tergantung pada musim.

Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan

Buah bersisik ini banyak sekali mengandung vitamin A dan vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan. Selain itu, buah ini juga banyak sekali mengandung kalsium, fosfor, zat besi, magnesium, kalium, natrium, sukrosa, enzim bromelain, dan dekstrosa.

Seperti kebanyakan buah-buah yang lainnya, nanas juga kaya akan serat sehingga cukup baik untuk pencernaan. Dengan sangat banyaknya kandungan yang ada di dalam buah ini maka tidak mengherankan jika buah ini memiliki manfaat yang sangat banyak sekali untuk kesehatan tubuh.

Namun, tentunya anda belum mengetahui apa saja manfaat yang ada pada buah nanas untuk kesehatan. Oleh karena itu berikut ini adalah 8 manfaat buah nanas untuk kesehatan.

manfaat-buah-nanas-untuk-kesehatan
1. Memperkuat sistem kekebalan tubuh
Di buah nanas terdapat kandungan asam amino esensial ataupun not esensial yang cukup bermanfaat untuk menguatkan sistem kekebalan atau daya tahan tubuh seperti yang diketahui kedua senyawa tersebut memang telah lama dikenal ampuh dalam memperkuat sistem daya tahan tubuh serta juga dapat membantu mengatasi rasa lelah pada tubuh.

Baca Juga  Khasiat Manfaat Jeruk Nipis Untuk Diet dan Kecantikan

2. Mengatasi peradangan pada kulit
Jika kulit anda mengelupas dan bersisik, maka jangan khawatir terlebih dahulu karena buah nanas dapat mengatasi masalah tersebut.

Cara untuk mengatasi peradangan kulit tersebut dengan buah nanas adalah dengan mengambil setengah bagian dari buah bersisik tersebut yang telah masak. Kemudian kupas kulitnya, lalu parut, lantas gunakan hasil parutan nanas tadi untuk digosokkan ke bagian kulit yang mengelupas dan bersisik. Lakukan kegiatan ini secara rutin pada malam hari sebelum tidur dan esok harinya baru dapat anda cuci hingga bersih .

3. Dapat mengatasi kembung
Untuk mengatasi kembung dengan menggunakan buah nanas cukup mudah. Anda hanya perlu meminum jus dari buah tersebut sebelum makan yaitu tepatnya 30 menit dan dilakukan secara rutin tiga kali sehari dengan takaran 150 cc sekali minum.

4. Mengatasi sembelit
Karena buah nanas cukup banyak mengandung serat maka tentunya masalah sembelit anda akan lebih cepat teratasi.

5. Meningkatkan kadar gula darah
Buah nanas cukup baik dikonsumsi untuk para penderita kadar gula darah rendah karena mampu meningkatkan kadar gula dengan cukup tinggi.

6. Dapat menjaga kesehatan gigi
Kandungan vitamin C pada buah nanas cukup membantu dalam mencegah terjadinya plak pada gigi dan juga penyakit yang menyerang gusi.

7. Dapat menurunkan berat badan
Kandungan serat yang tinggi dan dibarengi dengan kandungan vitamin C ternyata terbukti efektif untuk membantu program diet. Kandungan serat dapat berfungsi untuk memperlancar buang air besar dan vitamin C dapat mengikis lemak. Keduanya dapat bekerja dengan cukup baik untuk mengurangi berat badan.

Baca Juga  Menilik Beribu Manfaat Brokoli Bagi Tubuh

8. Membantu melunakan makanan
Kandungan enzim bromelain ini sangat berguna untuk membantu melunakkan makanan didalam lambung. Selain itu enzim tersebut juga memiliki fungsi lain yaitu sebagai anti peradangan dan penghambat pertumbuhan dari sel kanker.

Sebenarnya, masih ada lagi manfaat buah nanas untuk kesehatan dan kecantikan. Nanas juga diyakini mampu merawat kulit. Caranya, cukup hancurkan buah nanas kemudian ambil sarinya.

Oleskan sari buah nanas secara merata pada kulit wajah maupun tubuh. Setelah 2 hingga 3 menit, bilas dengan air. Yang perlu diingat, jangan terlalu lama membiarkan sari nanas menempel pada kulit lebih dari 5 menit. Karena kandungan asamnya yang kuat dapat memicu alergi bagi beberapa orang.

Itulah sejumlah informasi menarik mengenai nanas. Manfaat buah nanas untuk kesehatan memang sudah tidak dapat diragukan lagi. Terutama dalam perannya untuk melawan sel kanker. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk anda semua. Selamat hidup sehat dengan nanas.

Tags: , , , , , , , , ,

Related to: Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan