Manfaat Buah Pinang Bagi Kesehatan Pria Dan Wanita

November 21, 2016

Manfaat buah Pinang bagi kesehatan sudah tidak diragukan lagi. Buah pinang merupakan salah satu buah super karena khasiatnya yang sangat beragam. Buah pinang berasal dari tanaman pinang yang masih satu keluarga dengan palem-paleman. Berasal dari kepulauan Pasifik, pohon pinang secara alami hanya tumbuh di Asia dan Afrika timur. Di Amerika atau Eropa, buah pinang dikenal dengan nama Betel Nut atau Betel Palm; meskipun begitu buah ini tidak begitu popular di sana karena memang tidak dapat tumbuh di negara-negara empat musim.

Manfaat Buah Pinang Bagi Kesehatan

Manfaat Buah Pinang Bagi Kesehatan

Karena termasuk tanaman palem-paleman, pohon pinang membutuhkan iklim tropis yang panas agar tumbuh subur. Di Indonesia, buah pinang akrab dengan masyarakat kita, terutama yang tinggal di pedesaan. Nenek moyang kita dulu menggunakan buah pinang sebagai campuran sirih yang biasa dikonsumsi setiap hari oleh mereka. Jika Anda melihat nenek-nenek yang menyirih dan mengeluarkan warna merah dari mulutnya, warna merah tersebut berasal dari buah pinang. Nenek moyang kita menggunakan pinang karena mereka mengetahui bahwa ada manfaat buah pinang bagi kesehatan gigi dan gusi mereka.

Baca Juga  Cek Yuk Apa Saja Manfaat Jahe Untuk Kesehatan Tubuh

Selain untuk kesehatan gigi dan gusi, air rebusan pinang biasa digunakan sebagai obat tradisional untuk mengatasi sakit pinggang, sakit kulit, anti-infeksi dan anti-inflamasi pada luka luar maupun luka dalam. Buah ini juga digunakan untuk membantu menghentikan pendarahan seperti mimisan atau haid yang berlebihan. Penyakit kulit seperti kudis, koreng atau bisul juga dapat diobati dengan menggunakan buah pinang. Apabila irisan buah pinang dicampur dengan temulawak dan kunyit, maka campuran tersebut bisa digunakan sebagai obat cacingan.

Manfaat Buah Pinang Bagi Kesehatan Wanita

Ada lagi manfaat buah pinang bagi kesehatan wanita yaitu untuk membersihkan daerah kewanitaan. Daerah kewanitaan merupakan bagian tubuh yang rentan terinfeksi bakteri karena keadaanya yang lembab. Gaya hidup yang tidak sehat dan kurangnya perawatan kebersihan pada daerah kewanitaan dapat menyebabkan gangguan serius seperti keputihan, rasa gatal dan panas dan lain sebagainya. Bersihkan daerah kewanitaan dengan air rebusan buah pinang minimal satu kali sehari sebelum tidur atau setiap kali mandi atau buang air kecil agar daerah kewanitaan Anda tetap kering serta terjaga kebersihan dan kesehatannya sepanjang hari.

Baca Juga  5 Jenis Makanan Sehat Untuk Diet Jantung

Manfaat Buah Pinang Muda Bagi Kesehatan

Buah pinang, terutama buah pinang muda memiliki kelebihan tersendiri. Selain banyak manfaat buah pinang muda bagi kesehatan, buah pinang muda dipercaya dapat meningkatkan gairah seksual pria sehingga sangat dianjurkan dikonsumsi secara rutin oleh mereka yang sedang mengalami penurunan libido. Selain digunakan untuk kesehatan, warna merah alami dari buah pinang juga sering dimanfaatkan sebagai pewarna kain. Di beberapa daerah di pedesaan yang mengandalkan pemasukannya dari penjualan kain atau pakaian daerah, mereka banyak menggunakan buah pinang sebagai salah satu bahan pewarnanya yang alami dan ramah lingkungan.

Tags: , , , , ,

Related to: Manfaat Buah Pinang Bagi Kesehatan Pria Dan Wanita