Manfaat Buah Salak Untuk Kesehatan Kita

November 21, 2016

Manfaat buah salak untuk kesehatan telah diketahui secara turun temurun sejak beberapa ratus tahun yang lalu. Buah asli Indonesia ini memang tumbuh subur di negeri kita dan sangat mudah dijumpai baik di pasar tradisional maupun di swalayan modern.

Ada berbagai jenis salak yang dikenal di negara kita, namun salak Bali dan salak Pondoh merupakan dua jenis salak yang lebih popular daripada jenis salak lainnya. Rasa buah salak yang manis, asam dan agak sepat ini memberikan sensasi tersendiri bagi yang memakannya.

Manfaat Buah Salak Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Buah Salak Untuk Kesehatan

Salak merupakan tanaman tropis yang tumbuh dan berkembang dengan baik. Buah kaya serat ini dipercaya mampu menyembuhkan berbagai penyakit, antara lain menyembuhkan penyakit diare.

Oleh karena itu jika Anda atau keluarga Anda menderita diare, manfaatkan saja buah salak. Makan sekitar 2-3 buah (200 gram) salak muda untuk mengatasi diare Anda. Ini tentunya jauh lebih baik,

lebih alami dan lebih murah dibandingkan obat diare pabrikan yang mengandung berbagai bahan kimia dan belum tentu cocok untuk setiap orang. Selain itu, ada banyak lagi manfaat buah salak untuk kesehatan tubuh.

Buah salak yang memiliki kandungan betakaroten sangat berguna untuk menjaga kesehatan mata. Kandungan betakaroten yang dikandung dalam buah salak lebih tinggi dibandingkan dengan mangga sehingga dapat membantu penglihatan Anda agar tetap sehat.

Tingginya serat buah salak juga dapat dimanfaatkan dalam program diet Anda. Serat membuat system pencernaan lancar dan membuat Anda kenyang lebih lama sehingga Anda tidak ingin ngemil di antara waktu makan.

Namun demikian perhatikan cara mengkonsumsinya, yaitu dengan tidak mengupas kulit arinya karena serat buah salak terletak pada kulit arinya tersebut.

Oleh karena itu, makan salak dengan kulit arinya karena kandungan seratnya yang tinggi berada di sana. Banyak orang makan salak dengan cara memisahkan daging buah dengan kulit arinya,

nah cara yang tidak benar inilah yang membuat munculnya mitos bahwa salak dapat mengakibatkan sembelit. Biasakan makan salak sebagai camilan yang sehat ketimbang makan gorengan atau camilan pabrikan yang malah akan membuat tubuh kita sakit.

Rasa buah salak juga menyegarkan sehingga beberapa tahun belakangan ini diproduksi juga minuman dengan bahan dasar buah salak.

Selain itu buah salak juga sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Kandungan vitamin C yang tinggi sangat baik untuk kesehatan ibu dan janin.

Selain itu rasanya yang asam-asam segar dapat membantu mengurangi rasa mual pada ibu hamil muda. Namun, ibu hamil harus tetap membatasi jumlah buah salak yang dikonsumsinya karena dikhawatirkan memicu terjadinya konstipasi pada ibu hamil.

Jadi, konsumsi secukupnya saja. Satu catatan; dengan manfaatnya yang baik kesehatan, penderita maag atau radang usus tidak dianjurkan mengkonsumsi buah salak.

Tag : buah salak, gambar buah salak, salak, buah salak mengakibatkan mencret tidak pada anak 2 tahun, apakah buah salak baik untuk penderita kanker, www apa manfaat makan buah salak com, apa yang terjadi pada buah salak ketika dimaniskan, apa manfaat buah salak bagi kesehatan tubuh manusia, apa kah buah salak boleh di makan anak umur 2 tahun, apa buah salak ada mamfaatnya bagi penderita diabetes, 

Tags: ,

Related to: Manfaat Buah Salak Untuk Kesehatan Kita