Manfaat Buah Sirsak Dalam Mengobati Berbagai Penyakit

November 21, 2016

Manfaat buah sirsak untuk kesehatan ternyata sangat luar biasa. Selama ini buah sirsak memang terkenal sebagai buah segar yang memiliki rasa manis dan asem yang menyegarkan.

Buah ini memang memiliki rasa yang membuat ketagihan. Ternyata dibalik rasanya yang enak dan lezat tersebut, buah sirsak juga memiliki manfaat luar biasa untuk kesehatan.

Tidak hanya daun sirsak saja yang dapat dijadikan obat herbal, semua bagian dari tumbuhan ini ternyata memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Kandungan yang ada dalam buah sirsak sangat baik untuk dimanfaatkan.

Manfaat buah sirsak untuk kolesterol

Manfaat Daun Sirsak_1

Buah sirsak memiliki kandungan serat yang kaya, serat tersebut memiliki manfaat yang sangat lur biasa. Saat ini buah sirsak banyak dimanfaatkan untuk mengobati kolesterol.

Manfaat buah sirsak untuk kolesterol ini sudah banyak dibuktikan. Serat yang terkandung dalam buah ini dapat membantu menghilangkan adanya kolesterol jahat yang mengganggu kesehatan tubuh.

Kolesterol yang berlebih pada tubuh Anda hanya akan menjadi akar berbagai penyakit kronis. Cara menghilangkan kolesterol berlebih ini cukup mudah, yaitu hanya dengan mengkonsumsi buah sirsak dalam keadaan segar ataupun dalam bentuk jus.

Manfaat buah sirsak bagi tubuh

Ini sangat wajar, karena banyak kandungan senyawa di dalamnya yang bermanfaat seperti serat, Vitamin C, karbohidrat, kalium, air, kalsium, dan lemak. Dari kandungan inilah kita dapat memprediksikan apa saja manfaat buah sirsak bagi tubuh.

  • Karbohidrat
Baca Juga  Cara Membuat Jus Penurun Berat Badan

Pada satu gelas sirsak mengandung karbohidrat sebanyak 38 gram sebagai sumber energi tubuh. Karbohidrat yang terdapat dalam buah tentunya sangat sehat dibandingkan yang terdapat dalam kue yang hanya berakibat buruk bagi kadar gula dalam darah seseorang.

  • Kalium

Sirsak mengandung kalium yang bisa membantu otot-otot di dalam tubuh, untuk perbaikan tulang, dan mengatur tingkat tekanan darah.

  • Serat

Buah sirsak mengandung serat yang bisa membantu melancarkan pencernaan, selain itu melancarkan metabolisme dalam tubuh. Selain itu kandungan serat dalam sirsak dapat mengontrol berat badan.

  • Vitamin C

Sirsak memiliki kandungan vitamin C tinggi yang berperan sebagai antioksidan. Antioksidan inilah yang berfungsi untuk melawan berbagai macam penyakit dalam tubuh, termasuk menyembuhkan luka dan mencegah kerusakan kulit.

  • Fosfor dan Kalsium

Kandungan mineral lainnya yang terdapat dalam sirsak yaitu fosfor dan kalsium. Dalam 100 gram buah sirsak mengandung fosfor sebanyak 27 mg serta kalsium sebanyak 14 mg. Mineral-mineral inilah yang bermanfaat dalam pembentukan tulang dan menghambat terjadinya osteoporosis.

  • Air

Buah sirsak mengandung banyak air, bahkan pada secangkir sirsak mengandung air sebanyak 183 gram. Maka sangat wajar jika buah sirsak dapat juga mencegah terjadinya dehidrasi tubuh.

Manfaat buah sirsak untuk hipertensi

Buah sirsak juga dipercaya dapat mengobati penyakit hipertensi. Bagi Anda yang memiliki penyakit ini maka dapat Anda sembuhkan hanya dengan mengkonsumsi buah sirsak.

Gejala umum hipertensi yaitu sakit kepala, lelah, pusing, wajah merah dan juga hidung mengalami pendarahan. Untuk mengobati penyakit ini maka segera makan buah sirsak, jika perlu minum juga air rebusan daun sirsak agar hasil lebih maksimal.

Baca Juga  Manfaat Buah Salak Untuk Kesehatan Kita

Manfaat buah sirsak untuk hipertensi memang sangat luar biasa. Ini karena buah sirsak kaya akan vitamin dan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Bahkan buah sirsak juga baik untuk menjaga kecantikan.

Kandungan yang ada dalam buah sirsak tidak hanya serat saja, diantaranya yaitu karbohidrat, vitamin C, mineral, kalium, fosfor, lemak dan masih banyak lagi vitamin lain.

Manfaat buah sirsak untuk asam urat

Buah sirsak ini juga banyak digunakan untuk mengobati penyakit asam urat. Untuk hasil maksimal, manfaat buah sirsak untuk asam urat dapat Anda peroleh dengan ditambah meminum rebusan daun sirsak.

Dengan konsumsi buah sirsak ditambah dengan rebusan air daun sirsak maka asam urat yang Anda derita akan segera sembuh. Sekian yang dapat disampaikan mengenai manfaat hebat buah sirsak, semoga dapat bermanfaat untuk Anda semuanya.

Tags: , , , , , , , , ,

Related to: Manfaat Buah Sirsak Dalam Mengobati Berbagai Penyakit