Manfaat Daun Kelor yang Luar Biasa untuk Kesehatan dan Kecantikan

May 1, 2015

Dunia tidak sesempit daun kelor. Ungkapan ini banyak dipakai orang untuk menggambarkan bahwa bumi itu luas, tidak seperti halnya daun kelor yang sempit. Jika mendapat kesulitan di belahan bumi tertentu pergilah ke belahan bumi lainnya karena disana pasti ada kehidupan yang lebih mudah. Namun bukan arti dari ungkapan ini yang akan kita bahas, tetapi mengenai manfat daun kelor. Daun kelor memang berukuran kecil. Namun dibalik ukurannya yang kecil tersimpan manfaat yang besar bagi kesehatan tubuh dan kecantikan kulit.

manfaat daun kelor

Manfaat daun kelor untuk kesehatan dan kecantikan terkait dengan senyawa kimia yang dikandungnya. Daun kelor mengandung nilai gizi yang sangat besar, berikut tabelnya:

Tabel 1.2 besarnya nilai gizi yang terkandung dalam daun kelor jika dibandingkan bahan pangan lain

Kandungan nilai giziBahan pangan pembanding
Vitamin c7 x kandungan dalamjeruk
Vitamin A4x kandungan dalam wortel
Kalsium4x kandungan dalam susu
Protein2x kandungan dalam susu
Potasium3x kandungan pisang

Terbukti sudah bahwa dibalik ukurannya yang kecil terdapat manfaat yang besar. Karena hal ini negara-negara lain sengaja membudidayakan tanaman kelor untuk memperoleh khasiat yang dikandungnya. Bahkan dulu daun kelor digunakan sebagai bahan pangan dalam upaya mencegah kelaparan di Ethiopia. Kita sebagai negara agraris harusnya memperhatikan juga akan manfaat daun kelor dan segera membudidayakannya tanaman ini.

Contoh manfaat daun kelor untuk kesehatan

1. Anti inflamasi

Kandungan vitamin dan mineral yakni kalsium dan pospor yang tinggi membuat daun kelor mempunyai kemampuan dalam mencegah inflamasi atau peradangan. Hal ini membantu agar kondisi berbagai panyakit tidak bertambah buruk dengan terjadinya radang.

2. Menghilangkan kolesterol jahat

Lemak jahat berupa kolesterol dapat memicu berbagai penyakit diantaranya yakni penyumbatan pembuluh darah. Jika pennyumbatan terjadi di pembuluh darah yang mengalirkan darah ke jantung maka akan menyebabkan masalah jantung koroner. Sedangkan jika kolesterol menyumbat pembuluh darah ke otak maka resiko stroke semakin meningkat. Sitosterol dalam daun kelor mampu menggantikan lemak jahat dalam tubuh sehingga tubuh terhindar dari resiko penyakit-penyakit tersebut.

3. Mencegah dan mengobati sakit kuning

Fungsi hati yang utama adalah menetralkan racun dan membongkar eritrosit yang sudah tua sehingga dihasilkan cairan empedu dan zat warna kuning yang biasanya digunakan untuk mewarnai urin dan feses. Jika terjadi kelainan hati maka zat warna ini bisa menyebabkan penyakit kuning. Berbagai vitamin dan mineral yang terkandung dalam daun kelor dapat meningkatkan kesehatan kelenjar hati dengan kata lain mencegah dan mengobati penyakit kuning.

4. Mencegah rasa pegal linu

Kandungan pterigospermin dalam daun kelor dapat berfungsi sebagai param yang mampu menghangatkan kulit. lumatkan dan balurkan daun kelor ke daerah tubuh yang terasa pegal niscaya rasa pegal linu pun akan segera hilang.

5.Menjaga kesehatan mata

Kandungan vitamin A yang tinggi menyebabkan daun kelor sangat efektif dalam menjaga kesehatan mata. Cara mendapatkan khasiat ini yakni dengan menyeduh daun kelor yang sudah ditumbuk menggunakan air matang kemudian disaring. Berikutnya tambahkan madu secukupnya kemudian diminum secara rutin.

Khasiat daun kelor untuk kecantikan

Diantara khasiat daun kelor untuk kecantikan yakni menghilangkan flek hitam, menghilangkan jerawat dan mencegah keriput pada kulit wajah. Hal ini dikarenakan kandungan anti oksidan, minyak atsiri, serta vitamin dan mineral yang tinggi pada daun kelor mampu menangkal radikal bebas, melancarkan aliran darah dan menjaga kekenyalan jaringan kolagen. Cara mendapatkan manfaat daun kelor untuk kecantikan kulit wajah ini yakni dengan menumbuk halus daun tersebut lalu balurkan ke seluruh area wajah. Biarkan beberapa menit agar senyawa aktif yang dikandungnya lebih meresap, kemudian bilas bersih. Wajah pun cantik dan bersih dari berbagai masalah.

Dengan demikan banyak sekali manfaat daun kelor untuk menjaga kesehatan sekaligus merawat kecantikan kita.

Baca Juga  11 Manfaat Kayu Manis Bagi Kesehatan dan Untuk Diabetes
Tags: , ,

Related to: Manfaat Daun Kelor yang Luar Biasa untuk Kesehatan dan Kecantikan