Manfaat Jambu Biji Merah Bagi Kesehatan

November 21, 2016

Kini, anda tidak perlu bingung untuk menjaga kesehatan tubuh. Karena, manfaat jambu biji merah mampu menjaga tubuh anda dari berbagai serangan penyakit. Jambu biji merah memiliki nama latin Psidium guajava. Tanaman buah ini sangat mudah dijumpai di benua Asia termasuk indonesia. Jambu biji merah memiliki perpaduan rasa asam dan manis.

Tapi, anda jangan salah, manfaat jambu biji merah ternyata banyak mengandung zat yang bermanfaat bagi tubuh. Diantaranya adalah minyak atsiri, asam psidiolat, asam ursolat, asam kratogolat, asam guajaverin, asam oleanolat, serta berbagai macam vitamin.

Manfaat Jambu Merah Bagi Kesehatan

Untuk lebih jelasnya lagi, yuk kita simak manfaat jambu biji merah bagi kesehatan

Jambu biji merah dikenal sebagai buah yang rendah kalori serta lemak. Akan tetapi, jambu biji merah kaya berbagai vitamin mineral penting didalamnya. Selain itu, buah ini juga mengandung senyawa antioksidan poli-fenolik serta flavonoid yang mampu mencegah pertumbuhan sel kanker.

manfaat-jambu-biji-merah-bagi-kesehatan

  • Melancarkan sistem pencernaan

Buah jambu biji merah dikenal kaya akan serat. Didalamnya terkandung sumber serat larut yaitu sekitar 14% dari DRA atau 5,4 g per 100 g buah. Inilah yang dapat membantu dalam melancarkan sistem pencernaan. Selain itu, serat juga berguna dalam melindungi membran mukosa usus. Yaitu mengurangi efek buruk dari racun dan mengikat berbagai bahan kimia di usus besar yang diyakini sebagai penyebab kanker.

  • Menjaga fungsi otak dan syaraf

Manfaat jambu biji merah lainnya adalah menjaga fungsi otak dan syaraf. Karena jambu biji merah mengandung vitamin B3 dan B6, maka tak heran buah ini berfungsi untuk merangsang otak. Vitamin B6 yang juga dikenal sebagai pyridoxine juga mampu meningkatkan aliran darah serta memberi nutrisi penting bagi otak dan fungsi syaraf.

  •  Penangkal radikal bebas

Buah ini banyak mengandung vitamin C. Jadi tidak heran jika jambu biji merah memiliki fungsi sebagai penangkal radikal bebeas. Selain itu, vitamin C juga sangat bermanfaat untuk menjaga kekebalan atau daya tahan tubuh.

Manfaat Daun Jambu Biji Merah untuk Pengobatan

Manfaat Daun Jambu Biji untuk Pengobatan

Manfaat Daun Jambu Biji untuk Pengobatan

Seperti yang kita ketahui saat ini sudah banyak sekali obat-obatan tradisional yang terbuat dari bahan alami dan banyak dijual untuk mengurangi penggunaan obat-obatan yang terbuat dari bahan kimia.

Baca Juga  Khasiat Penting Dari Buah Rambutan Bagi Kesehatan

Obat-obatan tradisional ini tidak begitu cepat penyembuhannya atau membutuhkan waktu yang lama untuk sembuh,

tetapi keunggulan dari obat-obatan tradisional ini tidak menimbulkan efek samping karena terbuat dari bahan-bahan yang mengambil dari alam tidak seperti obat-obatan yang terbuat dari bahan kimia pasti dapat menimbulkan efek samping bagi tubuh.

Sudah banyak sekali obat-obatan tradisional yang dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit yang mematikan. Salah satu bahan yang dapat dijadikan sebagai obat-obatan tradisional adalah daun jambu biji.

Selain buah jambu biji yang sering dikonsumi oleh masyarakat daunnya pun juga bisa dimanfaatkan sebagai obat-obatan tradisional.

Kandungan yang ada di dalam daun jambu biji misalnya asam guajaverin, asam oleanolat, asam psidoklat, tannin, minyak lemak, dan vitamin.

1. Menurunkan Kadar Kolesterol
Daun jambu biji memang sangat ampuh untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh dan juga dapat menurunkan trigliserida.

Sebuah penelitian mengatakan bahwa mengkonsumsi daun jambu biji secara rutin maka dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah dan trigliserida dalam waktu 4 samapi 12 minggu.

Caranya mudah cukup dengan merebus daun jambu biji sebanyak 7 lembar, 2 lembar daun ceremai, 10 lembar daun sirih dan direbus dengan 3 gelas air hingga menyisakan petengahnya. Diminum setengah gelas 2 kali sehari.

2. Mengobati Demam Berdarah
Daun jambu biji juga sangat ampuh menyembuhkan demam berdarah sebab di dalam daun jambu biji terdapat kandungan enzim Quercetin yang berguna untuk menghambat proses pembentukan enzim mRNA sehingga dapat membunuh virus demam berdarah tadi.

Caranya dengan merebus daun jambu biji sebanyak 5 lembar dan dirbus dengan 2 gelas air hingga mendidih dan diminum setiap 4 jam sekali sampai sembuh.

3. Menyembuhkan Diare
Daun jambu biji memang sudah dikenal baik digunakan untuk mengatasi diare karena ekstrak daun jambu biji ini dapat membunuh bakteri Staphylococcus aureus yang meruapakan bakteri penyebab utama diare dan dapat membuat perut lega setelah mengkonsumsinya.

Baca Juga  7 Alasan Untuk Minum Secangkir Teh Hijau Sebelum Tidur

Caranya cukup dengan merebus daunnya sebenyak 30 gram dan segemgam beras dan direbus dengan air 2 gelas setelah itu diminum 2 kali sehari.

4. Obat Sariawan
Selain buahnya yang banyak mengandung vitamin C ternyata daunnya jga mempunyai, ini yang menyebabkan daun jambu biji digunakan untuk mengobati sariawan.

Dengan merebus 1 genggam daun jambu biji dan 1 jari kulit pohon jambu biji kemudian direbus dengan 1 liter air dan disaring kemudian diminum 2 kali sehari.

5. Menyembuhkan Luka
Kandungan yang terdapat di dalam jambu biji ini adalah astringent yang dapat menghentikan pendarahan saat luka. Cukup dengan mengunyah 3 lembar daun dan tempelkan ke saja ke luka.

6. Mengatasi Ambeien
Daun jambu biji juga sangat ampuh untuk mengatasi ambeien dengan cara menumbuh beberapa daun jambu biji dengan pisang batu sampai mengeluarkan air, lalu air perasan ini disaring dan diminum setiap hari.

7. Mengatasi Sering Buang Air Kecil
Menghentikan beser yang berlebihan dapat dihentikan dengan cara memakan daun jambu biji sebanyak 3 lembar ditambah garam dan merica sedikit. Lakukan ini sebanyak 2 kali sehari.

8. Mengobati Sakit Kulit
Mengobati sakit kulit dengan daun jambu biji cukup dengan melumatkan segenggam daun jambu biji dengan ditambah 7 kuntum jambu biji dan ditempelkan pada kulit yang sakit.

9. Mengatasi Kembung
Cukup dengan merebus 3 lembar daun jambu biji ditambah dengan setengah jari kulit pohon pulosari dan 5 butir adas lalu direbus dengan 3 gelas air sampai menyisakan 1 gelas dan diminum.

Nah, itulah sederet manfaat jambu biji merah. Jambu biji merah memang sangat baik dilonsumsi untuk tetap menjaga tubuh dari berbagai serangan penyakit. Selamat mencoba.

Tags: , , , , , , , , ,

Related to: Manfaat Jambu Biji Merah Bagi Kesehatan