Manfaat kesehatan, Fakta Nutrisi & Penggunaan bawang putih

March 9, 2015

Bawang putih sudah dikenal sejak zaman kuno sebagai obat universal, digunakan secara luas di bidang obat alami untuk mengobati flu, pilek, jerawat, kolesterol tinggi, juga bisa digunakan sebagai pengusir nyamuk dan bahkan untuk mengobati masalah sirkulasi.

Manfaat kesehatan, Fakta Nutrisi & Penggunaan bawang putih

Beberapa penelitian medis telah menunjukkan bahwa kandungan bawang putih memiliki efek antioksidan yang kuat. Antioksidan membantu melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Bawang putih dan masalah jantung

Sifat lain bawang putih yaitu membantu menurunkan LDL (kolesterol jahat) dan mencegah LDL menempel pada dinding arteri sehingga  penyumbatan arteri atau arteriosklerosis, yang merupakan dasar dari sebagian besar serangan jantung dan stroke bisa dikurangi; Sebaliknya bawang putih dapat meningkatkan HDL (kolesterol baik), kolesterol yang membantu membersihkan sel-sel berlebih.

Studi terbaru menunjukkan bahwa bawang putih membantu melindungi aorta,mengurangi proses penuaan dan membantu menjaga aorta tetap fleksibel. Aorta adalah pembuluh darah yang bertanggung jawab untuk menjaga tekanan darah dan aliran darah saat jantung memompa. Usia, pola makan yang buruk dan faktor lingkungan lainnya dapat merusak aorta, yang dapat menyebabkan Aorta mengeras.

Sementara seperti diketahui bahwa hati adalah organ tubuh yang paling penting namun kebanyakan kita kurang berupaya untuk merawatnya dengan baik. Untuk membalikkan situasi ini, metode yang baik adalah dengan memperhatikan konsumsi bawang putih, yang dengan kadar allicin nya yang tinggi dapat membantu mengurangi kolesterol. Senyawa ini membantu  mencegah lemak terperangkap dalam arteri, juga meningkatkan sirkulasi dan melepaskan sumbatan, penyebab utama serangan jantung dan stroke.

Tetapi tentu  perawatan ini bukan hanya dengan bawang putih saja. Saat menggunakannya, Anda juga bisa memadukan dengan menggabungkan vitamin B, alliin dan alliinase, sekelompok zat yang melindungi pembuluh darah dan mengurangi tekanan darah tinggi untuk meningkatkan sirkulasi dan menyeimbangkan detak jantung.

Baca Juga  Manfaat Bawang Putih Tunggal Untuk Kesehatan

Dari informasi diatas maka kini Anda tahu bahwa konsumsi harian siung bawang putih dapat membantu menjaga tekanan darah sistolik dan diastolik stabil.

Bawang putih dan Hipertensi

Manfaat lain dari bawang putih terhadap sistem peredaran darah adalah kemampuannya untuk mengontrol tekanan darah, ini dicapai dengan membuat darah menjadi tidak kental dan lebih kecil kemungkinannya untuk membentuk darah-darah beku.

Studi Umum menunjukkan bahwa masyarakat yang memiliki budaya  mengkonsumsi bawang putih lebih kurang rentan terhadap hipertensi dan masalah jantung lainnya. Selama berabad-abad dukun Cina telah menggunakannya untuk mengobati orang yang terserang penyakit angina dan gangguan peredaran darah lainnya.

Bawang putih dan infeksi

Pada tahun 1858 Louis Pasteur menunjukkan  bahwa sel-sel bakteri mati ketika jenuh dengan bawang putih, dan pada Perang Dunia II bawang putih  digunakan untuk mengobati mereka yang terluka dalam pertempuran. Bawang putih tidak hanya dikenal karena sifat antibakteri, tapi juga memiliki  sifat antivirus dan antijamur, yang membuatnya menjadi bantuan yang efektif dalam pengobatan parasit usus, amebiasis, dan infeksi terkait lainnya.

Manfaat Lain bawang putih bagi Kesehatan

Seperti disebutkan di atas, bawang putih efektif dalam pengobatan beberapa penyakit antara lain:
* Bawang putih membantu melawan pilek dan flu
* Bawang putih membantu mereduksi pembentukan sel-sel kanker
* Bawang putih dapat membantu mengatasi masalah impotensi
* Bawang putih meningkatkan fasilitas memori dan pembelajaran
* Bawang putih mencegah stres yang berhubungan dengan hiperglikemia
* Bawang putih membantu dalam mendetoksifikasi tubuh

Bawang putih sangat bermanfaat baik saat mentah atau sudah dimasak, tetapi beberapa orang tidak tahan  dengan bau bawang putih atau daunnya dan lebih memilih mengkonsumsi dalam bentuk suplemen untuk diet. Terlepas dari bentuk yang Anda konsumsi, manfaatnya tetap besar.

Baca Juga  Manfaat Lidah Buaya Untuk Kecantikan Wajah & Kesehatan

Sistem pencernaan juga mendapat manfaat positif setelah makan bawang putih. Hal ini juga membantu untuk membersihkan tubuh, melawan zat berbahaya dalam makanan dan meningkatkan penggabungan nutrisi yang sehat.    Dalam organ lain, bawang putih memberi manfaat yang sama. Mencegah munculnya infeksi dan meningkatkan pertahanan,serta memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda.

Bagaimanapun cara Anda menggunakannya, sekarang Anda tahu bahwa semua sifat bawang putih bermanfaat bagi kesehatan Anda dan membantu tubuh Anda tetap sehat. Meski demikian, Anda juga harus memperhatikan sejumlah kontraindikasi pemakaian bawang putih sebagai berikut:

Kontraindikasi penggunaan bawang putih

Bawang putih mengandung unsur yang disebut fruktan yang dapat menyebabkan masalah pencernaan dan sakit perut dan perubahan perilaku buang air besar termasuk sembelit, diare, dll. Mereka yang tidak tahan terhadap fruktan harus menghindari bawang putih dan makanan lain yang mengandung zat sejenis itu.     Beberapa orang mungkin memiliki gejala alergi setelah makan bawang putih. Gejala-gejala ini mungkin termasuk alergi, kulit gatal, pembengkakan wajah, mulut, bibir, lidah dan tenggorokan. Jika gejala ini terjadi dari makan bawang putih, Anda harus berhenti segera dan konsultasikan ke dokter.

Tags: ,

Related to: Manfaat kesehatan, Fakta Nutrisi & Penggunaan bawang putih