Manfaat Kesehatan Makan Buah Semangka

November 21, 2016

Hampir semua orang suka buah semangka. Dagingnya yang merah dan manis rasanya begitu menyegarkan, apalagi saat musim panas di hari-hari yang hangat dan cerah. Semua pengalaman makan semangka yang sangat beraroma serasa menjadi satu sisi kehidupan terbaik  yang menyenangkan. Bukan sekedar pengalaman makan buah yang indah, tetapi juga bagaimana kita makan semangka, apakah diiris lebar memanjang, dibuat seperti dadu, atau dipotong-potong, Anda tahu bahwa semangka adalah satu di antara beberapa makanan sehat yang Anda bisa makan. Lalu apa saja Manfaat Makan Buah Semangka bagi kesehatan tubuh kita? Berikut beberapa diantaranya:

Manfaat Kesehatan Makan Buah Semangka

Manfaat Kesehatan Makan Buah Semangka

1. Buah semangka dipenuhi berbagai jenis vitamin. Salah satu vitamin terbanyak adalah vitamin C yang membantu memperkuat kekebalan tubuh, memperbaiki luka, merawat gigi, menghindari kerusakan sel-sel, dan menjamin gusi tetap sehat bersinar. Didalam buah Semangka juga terdapat vitamin A yang berkontribusi dalam merawat kesehatan mata dan bertindak sebagai antioksidan. Sejalan dengan dosis yang sehat dari vitamin, semangka juga memiliki vitamin yang meningkatkan fungsi otak dan membantu tubuh Anda mengkonversi protein ke banyak energi yang diperlukan oleh tubuh. Vitamin yang dimaksud disini tak lain yaitu vitamin B6.

Baca Juga  Subhanallah Manfaat Memeliharaan Kucing Ternyata Ajaran Nabi Muhammad SAW Terbukti

2. Buah semangka dengan daging merah segarnya ini juga memiliki zat yang sangat sehat yang bertindak sebagai antioksidan dan membantu menangkal penyakit jantung dan beberapa jenis kanker, seperti kanker prostat. Zat ini disebut lycopene yang juga dapat ditemukan di hampir semua jenis sayuran dan buah.

3. Dan yang terakhir, salah satu zat terbaik yang semangka miliki dan diketahui oleh para atlet adalah kalium. Kalium sangat baik untuk membantu otot-otot berfungsi sebagaimana mestinya dan juga memberikan kontribusi agar fungsi saraf  bekerja efisien. Para pelari khususnya menikmati fakta bahwa semangka dapat membantu menyeimbangkan elektrolit tubuh dan keseimbangan asam. Sejalan dengan manfaat ini, semangka juga dapat meningkatkan tekanan darah.

Itulah beberapa manfaat utama makan buah semangka untuk kesehatan tubuh kita dalam artikel kali ini. Semoga menjadi informasi yang berguna untuk kesehatan Anda semua.

Tags: , , , ,

Related to: Manfaat Kesehatan Makan Buah Semangka