Manfaat Khasiat Buah Naga Merah Salah Satunya Mendeteksi Boraks

March 5, 2017

Khasiat buah naga merah memang sudah tak diragukan lagi oleh beberapa orang karena buah yang sering digunakan oleh orang Tionghoa untuk persembahan tersebut, mengandung zat-zat yang sangat menguntungkan bagi tubuh jika anda mau mengkonsumsi buah tersebut.

Manfaat Buah Naga Merah Untuk Mendeteksi Boraks

Manfaat buah naga merah mendeteksi borax

Ilustrasi Boraks Pada makanan

Salah satu manfaat buah naga merah adalah untuk mendeteksi adanya formalin atau boraks yang ada dalam makanan yang anda konsumsi. Seperti yang telah anda ketahui, formalin dan boraks ini adalah dua zat berbahaya yang sering digunakan oleh para pedagang untuk mengawetkan makanan yang mereka jual. Tidak lain dan tidak bukan adalah untuk membuat makanan yang mereka jual lebih tahan lama dan tampilan makanan juga lebih menarik sehingga mereka tidak akan mengalami kerugian.

Padahal, formalin dan boraks ini dapat membahayakan tubuh anda jika dikonsumsi terus-menerus. Dampak yang akan anda rasakan setelah mengkonsumsi makanan yang mengandung dua zat berbahaya tersebut adalah mengalami diare, muntah-muntah dan bahkan akan menyebabkan tumbuhnya sel kanker jika dikonsumsi dalam jangka panjang. Sangat membahayakan bukan?

Untuk itu, anda bisa mengecek kandungan boraks dan formalin dalam makanan tahu, teh, dan pentol dengan menggunakan buah naga merah. Khasiat buah naga merah akan dibuktikan lewat percobaan yang akan dilakukan berikut ini, anda bisa memotong-motong buah naga merah dan kemudian mengeringkannya di bawah sinar matahari.

Kemudian anda bisa mengekstrak buah naga merah yang sudah di keringkan tersebut dan menggunakan ekstrak tersebut untuk merendam makanan-makanan yang dirasa mengandung zat makanan yang berbahaya.

Anda bisa melakukan pembuktian dengan cara meredamkan makanan tersebut ke dalam air yang telah dicampur dengan menggunakan ekstrak buah naga merah dan diamkan selama 10 menit. Pada tahu mengandung formalin, maka jika diletakkan tissue pada rendaman tersebut maka warna merah pada tissue akan tetap ada dan tidak pudar.

Pada teh yang mengandung formalin, maka akan berwarna coklat. Sedangkan, pada pentol yang mengandung formalin akan berubah menjadi warna ungu pudar.

khasiat-manfaat-buah-naga-merah

Khasiat Buah Naga Merah

Buah naga merah kaya akan nutrisi dan vitamin, selain itu buah ini juga kaya lemak tak jenuh yang penting untuk tubuh. Serat yang terdapat pada buah ini memiliki manfaat yang baik keehatan terutama untuk pencernaan dan mengatur kadar gula darah dalam tubuh. Sedangkan pada bagian bijinya yang berwarna hitam mengandung asam lemak esensial. Zat-zat inilah yang membuat buah naga merah sangat baik untuk kesehatan tubuh, sehingga sangat cocok untuk dikonsumsi sehari-hari. Berikut 6 penyakit yang dapat disembuhkan dengan khasiat dari buah naga merah

  1. Buah Naga Merah Mengobati HIV/AIDS
    Zat yang terkandung dalam buah naga merah adalah vitamin E dan betakaroten yang dipercaya mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia yang menjadi penyebab utama para penderita HIV/AIDS. Virus HIV sendiri menyerang tubuh manusia hingga sistem kekebalan tubuhnya menjadi lemah atau hilang. Selain itu virus ini akan melemahkan daya tahan tubuh manusia sehingga tubuh akan mudah terserang penyakit lain. Nah buah naga merah baik dikonsumsi untuk para penderita penyakit HIV/AIDS.
  2. Buah Naga Merah Mengobati Stroke dan Darah Tinggi
    Jantung yang memompa darah terlalu cepat, sehingga kekurangan oksigen, penyempitan pembuluh darah dan sebagainya menyebabkan stroke dan darah tinggi. Tokoferol dalam tanaman buah naga merah dipercaya dapat mengencerkan darah dan memperbaiki sistem kerja liver sehingga aliran darah menjadi kembali lancar dan normal.
  3. Buah Naga Merah Mengobati Kanker dan Tumor
    Penyakit yang disebabkan oleh ketidakberaturan hormon dalam tubuh juga dapat diobati dengan buah naga merah seperti kanker dan tumor. Kandungan tokoferol dan betakarotennya yang relatif tinggi membuat tanaman ini dapat memproduksi antioksidan yang berperan untuk mencegah atau menekan pertumbuhan sel-sel kanker dan tumor sehingga dapat memperbaiki jaringan-jaringan atu sel-sel yang rusak.
  4. Buah Naga Merah Mengobati Asam urat
    Asam urat terjadi karena fungsi liver yang tidak berjalan dengan semestinya. Nah, buah naga merah juga dapat dipercaya dapat membantu penyembuhan asam urat. Dengan mengkonsumsi buah naga merah dapat mencairkankan dan memperlancar aliran darah sehingga sistem kerja liver kembali normal.
  5. Buah Naga Merah Menjaga Kesehatan Tulang
    Selain mengobati penyakit, manfaat buah naga merah berikutnya yaitu dapat menjaga kesehatan tulang. Untuk setiap 100 gram buah naga merah mengandung kalsium dalam jumlah yang tidak terlalu banyak, hanya mencukupi 1% kebutuhan harian dibandingkan dengan 18% kebutuhan harian per 100 gram susu. Namun buah ini mengandung kandungan zat besi dalam jumlah yang lumayan. Sehingga perlu diingat bahwa zat besi juga cukup penting untuk kesehatan tulang. Dalam 100 gram buah naga terdapat 8% kebutuhan harian zat besi untuk tubuh kita.
  6. Buah Naga Merah Menjaga Kesehatan Mata
    Kandungan beta-karoten yang terkandung dalam buah naga merah ini sangat bermanfaat dan dipercaya dapat menjaga kesehatan mata Anda. Oleh karena itu buah naga bisa Anda jadikan pilihan makanan alternatif untuk menjaga kesehatan mata Anda apabila bosan dengan wortel atau jenis makanan sumber beta-karoten lainnya. Anda bisa mengonsumsi buah naga merah secara langsung atau dengan diolah terlebih dahulu menjadi jus buah.Semoga bermanfaat ya.

Oleh karena itu, jika anda peduli dengan kesehatan tubuh anda, tak ada salahnya jika anda mencoba mempraktekannya di rumah, setelah anda mengetahui salah satu Manfaat dan khasiat buah naga merah.

Tag : khasiat buah naga merah, manfaat buah nagamanfaat buah naga merah, Buah naga, mencret setelah makan buah naga, buah naga merah, khasiat buah naga ungu, kasiat buah naga merah, manfaat buah naga ungu, khasiatbuahnaga, 

Tags: , ,

Related to: Manfaat Khasiat Buah Naga Merah Salah Satunya Mendeteksi Boraks