Manfaat Khasiat Kulit Buah Naga Untuk Kesehatan

November 21, 2016

Manfaat kulit buah naga ternyata sudah banyak diketahui oleh masyarakat dan hal tersebut juga sudah diuji oleh beberapa ahli di berbagai belahan dunia.

Dan ternyata memang benar jika buah naga yang sering digunakan oleh persembahan oleh para orang Tionghoa ini tak hanya lezat tetapi kulitnya juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan anda. (Baca : Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan)

Sehingga, bagi anda yang biasanya membuang langsung kulit buah naga, mulai sekarang anda bisa mengumpulkannya untuk dijadikan obat mujarab bagi penyakit yang anda derita.

Khasiat Kulit Buah Naga Untuk Kesehatan

Sebelumnya, anda perlu tahu khasiat kulit buah naga untuk kesehatan tersebut. Kulit buah naga yang bersisik tersebut dipercaya mengandung zat pentacyclic, triyepene, dan taraxast yang dapat membuat lentur pembuluh darah anda, sehingga darah akan mengalir dengan lancar ke seluruh tubuh.

manfaat-khasiat-kulit-buah-naga-untuk-kesehatan

Jika pembuluh darah anda lentur, maka pembuluh darah tak mudah pecah meskipun mendapatkan tekanan yang kuat dari jantung.

Kedua, buah naga juga berkhasiat untuk membasmi sel-sel kanker atau tumor ganas yang bersarang pada tubuh anda. Sehingga, anda bisa melakukan pencegahan terhadap penyakit kanker dengan menggunakan kulit buah naga.

Manfaat Kulit Buah Naga

1. Melenturkan Pembuluh Darah

Baru-baru ini suatu penelitian baru telah mengungkapkan bahwa kulit buah naga mengandung senyawa aktif yang dapat melenturkan pembulu darah.

Baca Juga  Manfaat Makan Coklat Bagi Kesehatan dan Untuk Kecantikan

Dengan sifatnya yang melenturkan pembulu darah ini berperan untuk mengatasi masalah yang berkaitan dengan kakinya pembulu darah.

Senyawa aktif tersebut pentacyclic triyepene taraxast 20ene 3aol dan juga taraxast 12, 20(30)dien 3aol. Kedua senyawa ini sangat ampuh menjaga serta melindungi kelenturan pembulu darah.

Kemampuan senyawa yang ada pada kulit buah naga ini, bahkan telah menyamai kepopuleran obat troxerutin yang telah dikelan sebagai obat kimia yang digunakan untuk melindungi pembulu darah micro.

Dengan ditemukannya kandungan kulit buah naga ini, maka tentu saja akan menjadi alternatif alami untuk pencegahan pecahnya pembulu darah.

2. Mengobati Tumor

Kulit buah naga mengandung senyawa yang berperan aktif dalam menghambat perkembangan tumor sel tumor B16F10.

Pernyataan sudah terbukti oleh penelitian di Chinan University, Khususnya departement kimia terapan yang ada disana.

Untuk mengkonsumsi kulit buah naga sangatlah mudah. Ambil kulit buah naga dan potong tipis-tipis. Setelah itu dikeringkan dibawah sinar matahari selama 1 atau 2 hari, tergantung kondisi cuaca.

Setelah kering, Kulit buah naga sudah dapat dikonsumsi dengan cara diseduh layaknya the. Apabila tidak mau repot, sekarang banyak di pasaran yang menjual kemasan kulit buah naga kering.

Untuk khasiat lebih maksimal, minum satu gelas lagi sebelum tidur. Maka khasiatnya sangat baik, selain bermanfaat untuk pembulu darah, kulit buah naga baik juga untuk mereduksi kadar gula darah.

Baca Juga  Manfaat Jus dan Buah Serta Cuka Apel Hijau

3. Mendeteksi Boraks dan Formalin pada Makanan

Telah ditemukan fakta baru bahwa kulit buah naga bermanfaat juga sebagai alat pendeteksi apakah makanan mengandung boraks atau formalin atau tidak mengandung kedua zat kimia tersebut.

Caranya adalah Pertama-tama, potong kulit buah naga kedalam beberapa bagian dan rendam bersama air tawa yang telah dicampurkan dengan perasan air jeruk nipis. Lalu, tunggu beberapa saat hingga air rendaman berubah warnanya menjadi merah.

Setelah itu, kita bisa menggunakan tissue dan celupkan ke dalam air rendaman tersebut. Tempelkan tissue tersebut yang sudah dicelupkan pada makanan yang akan diuji.

Biarkan tissue menempel pada makanan selama kurang lebih sepuluh menitan. Apabila tissue tersebut berwarna merah dan tidak memudar, maka tandanya makanan yang diuji mengandung formalin atau boraks.

Namun apabila tissue tersebut berangsur-angsur memudar menjadi warna putih, maka makanan yang diuji tidak mengandung boraks atau formalin.

Semoga informasi tentang manfaat kulit buah naga di atas bisa bermanfaat bagi para pembaca.

Baca Juga:


 

Tags: , ,

Related to: Manfaat Khasiat Kulit Buah Naga Untuk Kesehatan