Manfaat Kunyit Untuk Wajah Yang Berminyak Dan Berjerawat

April 15, 2015

Manfaat kunyit untuk wajah dalam bidang kecantikan memang sudah dikenal sejak zaman putri raja. Dimana para putri raja tersebut menggunakan ramuan kunyit untuk masker dan lulur. Setelah diteliti dengan ilmu dan peralatan yang semakin canggih, ternyata kebiasaan para putri raja tersebut terbukti benar. Kunyit mampu menghaluskan dan mencerahkan kulit baik kulit wajah maupun kulit tubuh. Namun yang akan kami bahas dalam artikel ini lebih menitikberatkan pada kulit wajah.

Manfaat kunyit untuk wajah

Kulit wajah secara umum memiliki 2 jenis yakni yang berminyak dan yang kering. Kulit wajah berminyak umumnya memang tidak akan terlepas dari jerawat. Minyak membuat debu dan kotoran terperangkap lebih banyak sehingga bakteri penyebab jerawat akan lebih banyak pula berkembang pada area wajah yang kotor.Faktor rajin tidaknya membersihkan kulit wajah menjadi kunci utama dalam menghindari hal ini. Dalam membersihkan kulit wajah pun tidak selalu hanya memakai air saja. Membersihkan kulit wajah akan lebih efektif dengan mengoleskan masker dari bahan-bahan herbal. Salah satunya yaitu masker kunyit yang mana manfaat kunyit untuk wajah berjerawat tersebut akan mengikis bersih minyak dari wajah jika rutin menggunakannya.

Kandungan kunyit diantaranya mengandung zat warna curcumin, minyak volatile, mineral dan amilum. Berikut kami uraikan fungsinya masing-masing:

  1. 1.  Curcumin

Curcumin berfungsi sebagai antioksidan yang dapat melindungi sel-sel wajah dari kerusakan akibat radikal bebas. Dengan antioksidan yang tinggi, kulit wajah akan tampak lebih cerah.

  1. 2.  Minyak volatile
Baca Juga  Cara Naik Berat Badan Untuk Anak-Anak Agar Tetap Sehat

Minyak volatile mepunyai fungsi sebagai anti inflamasi atau peradangan. Dengan begitu jerawat yang tumbuh di kulit wajah dapat dicegah perkembangannya agar tidak semakin buruk. Disamping itu minyak volatile mampu menjaga kelembaban kulit wajah.

  1. 3.  Mineral

Mineral yang terdapat pada kunyit dapat menutrisi kulit, baik penggunaannya dengan cara dioleskan maupun dikonsumsi langsung. Cara yang pertama dapat menutrisi kulit dari luar sedangkan cara kedua menutrisi kulit dari dalam sehingga kulit akan selalu sehat dan segar. Keremajaan kulit pun tetap terjaga dengan asupan nutrisi dari mineral pada kunyit.

  1. 4.  Amilum

Amilum atau zat tepung membantu menyerap minyak berlebih dan debu serta kotoran yang terperangkap di dalamnya. Disinilah letak manfaat kunyit untuk kulit berminyak.

Adapun cara untuk memperoleh manfaat kunyit untuk kulit wajah diantaranya:

  • Dimakan langsung

Cuci bersih kunyit pada air mengalir, kupas kulitnya dengan cara dikerik lalu konsumsi layaknya makan camilan. Jika repot mengerik kulitnya yang tipis, kulit kunyit tidak usah dihilangkan. Langsung saja makan kunyit tersebut beserta dengan kulitnya.

  • Dijadikan jamu

Parut kunyit lalu masukkan ke dalam gelas kemudian tambahkan gula aren atau madu untuk memberikan rasa manis. Setelah itu tuangkan air hangat secukupnya lalu minum ramuan tersebut dengan rutin.

  • Dijadikan masker

Parut kunyit yang sudah dibersihkan. Jika mau, tambahkan madu lalu oleskan sebagai masker. Diamkan beberapa saat sampai ramuan meresap sempurna. Cuci wajah setelah pemakaian dengan air hangat agar warna kuning kunyit tidak menempel.

Baca Juga  6 Makanan Ini Untuk Menjaga Kesehatan Otak Anda

Wajah memberikan kesan pertama pada orang yang baru dikenal. Area wajah yang bersih dari berbagai macam gangguan kulit bisa meningkatkan rasa percaya diri saat bertatap muka dengan orang lain. Rasa percaya diri seringkali menjadi faktor utama kesuksesan seseorang di berbagai bidang. Namun kosmetik untuk merawat kulit wajah harus dibeli dengan biaya yang tidak sedikit. Sehingga banyak orang yang akhirnya membiarkan saja wajah berminyaknya ramai dipenuhi jerawat. Semakin dibiarkan, jerawat akan semakin tumbuh subur dan ketika sudah pecah akan memberikan bekas yang susah untuk dihilangkan. Padahal hal ini tidak perlu dialami jika Anda mulai melirik manfaat  kunyit untuk wajah. Anda bisa mendapatkan kulit wajah bersih bersinar dengan harga yang murah. Hanya saja diperlukan ketekunan dalam hal ini karena obat herbal tidak akan memberikan hasil yang nyata dalam sekejap mata.

Tags: , ,

Related to: Manfaat Kunyit Untuk Wajah Yang Berminyak Dan Berjerawat