Manfaat Lidah Buaya Untuk Untuk Kesehatan Tubuh Manusia di Kehdiupan Sehari Hari

October 10, 2016

Lidah buaya adalah jenis tanaman yang sudah lama digunakan untuk menyuburkan rambut, memulihkan luka, juga untuk perawatan kulit. Lidah buaya memiliki nama lain yaitu Aloe Vera, tanaman ini bisa tumbuh dengan baik di kawasan yang kering seperti di negara Afrika. Meskipun begitu, Indonesia adalah negara yang banyak melestarikan tanaman lidah buaya atau aloe vera.

Manfaat Lidah Buaya

Dunia industri terus mencoba membuat terobosan baru di dalam bidang kecantikan yang hingga saat ini setiap produknya masih banyak yang diburu oleh masyarakat. Mereka yang berkecimpung di bidang perawatan kulit dan rambut biasanya menggunakan lidah buaya sebagai bahan baku untuk produk industri tersebut.

Pertanyaannya, seberapa hebatkah khasiat dari tanaman lidah buaya? Berikut penjelesannya.

Mengurangi Rasa Gatal Pada Kulit

Terkena gigitan nyamuk membuat kulit terkadang menjadi gatal, selain itu alergi juga dapat membuat seseorang menjadi rajin menggaruk bagian kulit yanf gatal. Jika Anda terus melakukan hal tersebut, bakteri yang menyebabkan rasa gatal akan berkembang biak.

Oleh karena itu, sebagai solusi untuk mengatasinya gunakanlah lendir lidah buaya untuk dioleskan pada permukaan kulit yang mengalami gatal-gatal. Anda dapat melakukan cara ini cukup dua kali dalam sehari.

Mempercepat Proses Penyembuhan Luka

manfat lidah buaya

Lidah buaya

Luka yang masih baru harus segera ditangani, sebagai langkah awal Anda dapat menetesi obat merah. Jika Anda kurang suka, Anda dapat menggunakan gel lidah buaya pada luka yang sudah dibersihkan. Anda akan merasakan sejuk pada bagian tersebut, selain itu rasa perih pun akan menghilang secara berangsur.

Mengusir Jerawat Yang Membandel

Jerawat, biar kecil tapi menyusahkan. Seseorang yang ditumbuhi jerawat membandel akan kerepotan mencari jalan keluarnya, sehingga banyak uang dan tenaga yang dikeluarkan hanya untuk mengatasi masalah tersebut.

Jika Anda merasa tidak keberatan, coba Anda gunakan manfaat dari lidah buaya, yang fungsinya hampir sama dengan buah manggis, yaitu untuk mengatasi jerawat. Belah lidah buaya menjadi dua bagian, lalu gunakan dagingnya untuk dioleskan pada bagian wajah yang berjerawat. Lakukan cara ini dengan rutin setiap habis bangun tidur dan menjelang tidur malam hari sampai jerawat menghilang.

Baca Juga  Manfaat Tidur Cukup Bagi Kesehatan Tubuh yang Wajib Diketahui

Merawat Kulit

manfaat lidah buaya

lidah buaya

Lidah buaya banyak digunakan sebagai bahan alami untuk kosmetik perawatan, melalui dari sejumlah pengolahan agar hasil yang didapatkan maksimal.

  1. Beberapa manfaat lidah buaya untuk kulit adalah sebagai berikut :
  2. Untuk melembabkan kulit dalam waktu yang lebih lama.
  3. Memberikan kecerahan pada warna kulit yang kusam.
  4. Mengatasi masalah kulit kering karena dehidrasi dan kekurangan vitamin.
  5. Membuat permukaan kulit yang bersisik menjadi halus.
  6. Membuat kulit menjadi kenyal seperti gel.
  7. Memenuhi Kebutuhan Vitamin Harian

Setiap hari tubuh melakukan aktifitas, banyak tenaga yang terkuras, otak terus dipakai untuk berpikir, tentu saja rasa lelah fisik dan batin tidak terelakkan.

Untuk menangani permasalahan tersebut, coba untuk membiasakan diri minum jus lidah buaya setelah pulang kerja. Di dalam lidah buaya terdapat berbagai kandungan vitamin seperti A, B1, B2, B6, B12, C, E, dan asam folat yang siap untuk menutrisi tubuh Anda. Selain itu, lidah buaya juga diperkaya oleh beberapa kandungan mineral seperti natrium, seng, zat besi, tembaga, kalsium, kalium, kromium, magnesium dan mangan.

Mendetoksifikasi Racun

Racun yang bersarang di dalam tubuh secara perlahan akan merusak fungsi organ vital. Oleh sebab itu, diperlukan langkah yang tepat agar racun keluar dari dalam tubuh, atau istilah dalam medisnya detoksifikasi.

Maka dari itu, lidah buay siap membantu Anda untuk mengusir racun dari dalam tubuh, caranya yaitu dengan minum jus yang terbuat dari gel lidah buaya setiap hari. Selain itu, kandungan antioksidan yang terdapat di dalam tanaman ini mampu menangkal radikal bebas sekaligus dapat mencegah penuaan.

Menghaluskan Rambut

Dengan memanfaatkan lendir yang terdapat di dalam lidah buaya, masalah rambut kering karena kekurangan vitamin dapat diatasi. Ketika sedang melakukan perawatan rambut ini, pastikan bahwa gel lidah buaya mengenai kulit kepala Anda secara menyeluruh. Dan lama kelamaan rambut Anda pun akan menjadi lebih halus dan tidak mudah kering.

Baca Juga  7 Manfaat dan Khasisat Temulawak Untuk Menjaga Kesehatan

Melembabkan Rambut

Menggunakan ekstrak lidah buaya bisa membuat setiap helai rambut menjadi lembab, sehingga mudah untuk ditata dengan sisir setelah selesai keramas atau creambath. Jika Anda memiliki waktu luang, cobalah untuk membuat jus dari gel lidah buaya, tetapi jus ini bukan untuk Anda minum, melainkan untuk dioleskan pada kulit kepala. Lakukanlah cara ini dengan rutin sebanyak 2 kali dalam sehari, masing-masing dari perawatan menghabiskan waktu hingga 20 menit-an.

Menghilangkan Ketombe

Memiliki rambut yang berketombe dalam jumlah yang banyak tentu akan membuat Anda menjauh dari pergaulan, jika dipaksakan akan muncul rasa malu.

Maka dari itu, solusi terbaiknya adalah dengan merawat rambut yang berketombe. Untuk mengatasi masalah tersebut, gunakanlah lidah buaya (bisa juga dengan menggunakan mengkudu) pada kulit kepala dan rambut Anda dengan merata, lalu diamkan selama kurang lebih satu jam, dan yang terakhir dibilas dengan menggunakan shampo hingga bersih.

Mencegah Kebotakan

manfaat lidah buaya

manfaat lidah buaya

Manfaat lidah buaya yang lainnya untuk rambut adalah mencegah resiko terjadinya kebotakan sekaligus untuk membuat rambut tumbuh dengan lebih cepat, dan terkadang juga dapat menghilangkan uban. Kebotakan terjadi karena rambut yang tipis dan lemah sehingga menjadi mudah rontok dan lama kelamaan pun menjadi botak.

Untuk mengatasi kebotakan, maka oleskanlah jus atau lendir dari lidah buaya pada kulit kepala juga rambut secara menyelurub, dan pastikan bahwa lapisan dari gel tidak tidak terlalu tebal. Kemudian biarkan menempel selama 1/4 jam, dan terakhir bersihkan dengan menggunakan shampo.

Demikianlah penjelasan mengenai manfaat lidah buaya dalam bidang kesehatan dan kecantikan, yang mungkin sebelumnya sudah Anda banyak ketahui.

Tags: , , ,

Related to: Manfaat Lidah Buaya Untuk Untuk Kesehatan Tubuh Manusia di Kehdiupan Sehari Hari