Manfaat minyak zaitun untuk penyakit asam urat

September 1, 2016

Minyak Zaitun telah dikenal khasiat dan fungsinya sejak zaman Nabi Muhammad SAW. Dahulu minyak ini hanya digunakan sebagai produk kecantikan namun sesuai perkembangannya setelah dilakukan sebuah penelitian minyak zaitun kaya akan manfaat dan dapat juga digunakan untuk kesehatan. Untuk kesehatan, minyak zaitun berkhasiat untuk mengobati asam urat.

Mengapa minyak zaitun dapat mengobati asam urat?

Gambar minyak zaitun untuk asam urat

Penyakit asam urat adalah penyakit yang disebabkan berlebihannya dalam konsumsi zat purin atau zat asam. Zat purin adalah zat yang dimiliki oleh makanan yang sumbernya dari tumbuhan dan hewan. Nah zat purin ini yang menyebabkan timbulnya asam urat. Minyak zaitun dapat digunakan untuk mengobati asam urat karena minyak zaitun memiliki kandungan yang dapat menetralisir kandungan asam dalam eritrosit.

Sebenarnya banyak zat yang dapat membantu meminimalisir rasa nyeri yang disebabkan oleh penyakit asam urat seperti semangka, wortel atau air putih. Namun minyak zaitun sangat dipercaya untuk menanggulangi penyakit asam urat hingga saat ini.

Manfaat minyak zaitun untuk penyakit asam urat, antara lain :

1. Dapat mencegah terjangkitnya peradangan akibat penyakit Asam urat. Hal ini dikarenakan minyak zaitun memiliki efek anti inflamasi sehingga minyak zaitun dapat  membantu mengurangi rasa nyeri disekitar kaki dan tangan, rasa sakit yang berlebihan akibat asam urat, dan mengurangi gejala sendi kaku.

2. Minyak Zaitun mengandung zat klorin. Zat klorin ini dapat membantu mempercepat membantu mengeluarkan zat sisa bagi tubuh. Dengan demikian zat asam yang telah tertimbun didalam tubuh dapat keluar dengan bantuan zat tersebut.

3. Menekan resiko penyumbatan pembuluh nadi jantung. Radang asam urat jika terjadi secara terus menerus dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh nadi jantung. Hal ini dapat menyebabkan gangguan pada kelancaran pembuluh darah bahkan dapat menyumbat pembuluh darah sehingga terkadang penyakit asam urat beresiko terkena struk dan serangan jantung.

Demikian Manfaat minyak zaitun untuk penyakit asam urat.  Tiga manfaat tersebut dapat kita peroleh dari minyak zaitun. Semoga saja apa yang sudah penulis suguhkan dapat bermanfaat bagi anda.

Sekilas tentang buah zaitun. Dataran Mediterania adalah tempat buah ini berasal. Diperkirakan buah ini sudah ada sejak 8000 tahun silam.

Di dalam buah zaitun terdapat kandungan triasilgliserol. Triaailgliserol yaitu sejenis lemak tidak jenuh tunggal dari kelompok omega 9 atau asam oleat. Asam oleat pada buah zaitun mencapai 55% sampai 83% kandungan di dalam buahnya. Perlu Anda ketahui, bahwa omega 9 manfaatnya lebih besar dibandingkan dengan omega 3 dan 6. Tidak hanya itu saja, buah zaitun juga kaya akan kandungan vitamjn E yang berfungsi untuk merawat kulit, rambut, serta tulang.

Pada satu sendok minyak zaitu terdapat 119 kalori dan 14 gram lemak. Minyak dibuat dari buah zaitu yang dipanaskan. Dengan besarnya jumlah kalori, maka minyak dapat dijadikan sebagai pengganti makanan berat pada waktu-waktu tertentu. Tetapi saat ini, buah zaitun biasanya dikonsumsi dalam bentuk fast food atau makanan cepat saji seperti salad dan topping pizza.

Baca Juga  Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dan Flek Hitam Secara Alami

Manfaat Buah Zaitun

Buah dapat digunakan sebagai penyembuh banyak penyakit, baik penyakit ringan maupun yang berat. Di dalam ilmu kedokteran moder, buah zaitun sudah semakin sering digunakan sebagai campuran komposisi pil atau tablet tertentu. Pada ulasan di bawah ini akan dijelaskna mengenai 13 manfaat buah zaitun untuk manusia.

Buah zaitun sebagai anti penuaan dini

Buah zaitun memiliki banyak kandungan antioksidan. Dengan adanya antiokidan, maka kesehatan sel kulit dan jaringan dapat terjaga. Selain itu, antioksidan pada buah zaitun mampu mempertahankan kepadatan tulang sehingga dapat mencegah penuaan dini.

Buah zaitun sebagai pencegah Asma

Pada buah zaitun terdapat manfaat yaitu untuk membersihkan paru-paru. Hal ini disebabkan karena kandungan antioksidan serta vitamin C yang besar pada buah zaitu mampu membasmi kuman-kuman penyebab terjadinya radang paru-paru.

 Buah zaitun sebagai obat mata

Jika mata sudah mulai kabur, maka segera berikan tambahan asupan gizi alami menggunakan buah zaitun. Hal ini dikarenakan di dalam buah zaitun tersimpan kandungan vitamin A yang cukup tinggi. Vitamin A pada buah zaitun mampu memperbaiki daya penglihatan yang mulai menurun.

Buah zaitun sebagai obat diabetes

Ternyata, buah zaitun dapat mengikat gula yang berlebih di dalam pankreas, yang kemudian dikeluarkan melalui saluran pencernaan. Selain itu, buah zaitun juga memiliki khasiat untuk memelihara kandung empedu dari penumpukan lemak jahat.

Buah zaitun dapat mencegah penyakit jantung

Buah zaitun mampu mencahar lemak jahat atau LDL di dalam tubuh khususnya pada pembuluh darah kapiler jantung. Selain itu, buah ini juga mampu mengoptimalkan peredaran darah dari dan ke luar jantung. Dengan mengkonsumsi buah zaitun pada jumlah tertentu secara teratur, maka mampu menyenbuhkan penderita jantung koroner.

Buah zaitun dapat merawat kesehatan kulit

Di dalam satu butir buah zaitun terdapat kandungan vitamin E yang cukup besar, yang mampu untuk mengencangkan kulit bahkan pada usia di atas 40 tahun. Cara menggunakannya yaity oleskan minyak buah zaitun pada kulit secara rutin sebelum tidur.

Buah zaitun sebagai anti jerawat dan komedo

Buah zaitu memiliki kandungan antioksidan yang mampu untuk membersihkan jerawat dari luar maupun dari dalam. Cara menggunakan buah zaitun dari luar dapat dilakukan dengan mengoleskan minyak zaitun pada wajah sekitar 10 menit setelah mandi, kemudian dibilas dengan air bersih.

Buah zaitun dapat membuat rambut tumbuh lebih subur

Buah zaitun memiliki kandungan vitamin E yang sangat diperlukan oleh tubuh dalam menjaga kesehatan rambut. Biasakan untuk membasuh kulit kepala menggunakan minyak zaitun selama 20 menit sebelum mandi. Dengan perawatan ini, maka Anda akan mendapatkan rambut yang tebal dan hitam dalam waktu yang singkat.

Baca Juga  Diet Sehat Dengan Memanfaat Yoghurt

Buah zaitun sebagai anti kanker

Pada buah zaitun terdapat kandungan yang disebut Lutein. Lutein ini berfungsi sebagai anti radikal bebas yang menyebabkan tumbuhnya kanker di dalam tubuh. Berbagai macam jenis kanker seperti kanker payudara, pankreas, hati, lambung, dan lainnya dapat disembuhkan dengan menggunakan buah zaitun.

Buah zaitun dapat memperlancar pencernaan

Buah zaitu mampu menbantu proses pencernaan menjadi lebih cepat. Selain itu, buah zaitun juga dapat menstimulus usus untuk memproduksi lendir yang berguna di dalam pendistribusian sampah ke usus dua belas jari.

Buah zaitun sebagai obat anemia

Anemia atau yang dikenal kekurangan darah ini bisa disembuhkan dengan menkonsumsi buah zaitun secara rutin. Buah zaitun mampu mengobati penyakit anemia karena memilki kandungan zat besi yang cukup tinggi. Maka dengan zat besi tersebut, membuat produksi sel darah merah di dalam tubuh menjadi lebih optimal.

Buah zaitun dapat mengobati osteoporosis

Osteoporosis adalah masalah kekurangan kepadatan tulang. Dalam hal ini, kandungan zat besi yang tersimpan pada buah zaitu mampu mempertahan sel-sel tulang yang sudah mulai rusak agar menjadi kembali normal.

Buah zaitun dapat membantu pertumbuhan Balita hingga remaja

Pada anak-anak yang berusia 5-10 tahun membutuhkan asupan zat besi yang cukup banyak untuk mendorong pertumbuhan tulang serta gigi mereka. Maka dari itu, dengan mengkonsumsi buah zaitun mampu membantu pertumbuhan anak-anak secara optimal.

Buah zaitun atau yang biasa disebut olive oil ternyata mempunya berbagai fakta menarik. Pada tahun 1492, untuk pertama kalinya buah zaitun dibawa ke benua Amerika oleh Colombus. Selanjutnya, di dalam sejarah Romawi kuno, di Kota Roma para ibu hamil biasanya mengoleskan minyak zaitun pada kulit untuk mencegah timbulnya stretch mark. Sedangkan, wanita Yunani kuno menggunakan buah zaitun sebagai kosmetik untuk eyeshadow. Sementara itu, para atlet Yunani selama olimpiade waktu itu, menggunakan minyak zaitun sebagai sabun pelumas kulit sebelum bertanding. Dan yang paling ekstrim adalah para mayat di Yunani justru diberikan balsen yang terbuat dari minyak zaitun untuk menghindari bau bisuk.

Demikianlah pembahasan mengenai manfaat buah zaitun. Semoga dengan artikel ini, membuat Anda dapat mengenal lebih jauh tentang buah zaitun dan manfaat di dalam kandungannya.

Tags: , ,

Related to: Manfaat minyak zaitun untuk penyakit asam urat