Manfaat Pare Bagi Kesehatan dan Untuk Diabetes

November 21, 2016

Pare merupakan salah satu sayuran yang cukup digemari masyarakat Indonesia. Meskipun pare memiliki rasa yang pahit, namun pare tetap menjadi favorit di masyarakat.

Nama ilmiah dari pare yaitu Momordica Charantina. Sayuran yang satu ini memiliki batang yang merambat. Dalam satu buah tumbuhan pare terdapat lebih dari satu buah pare.

Manfaat pare dapat Anda dapatkan dengan cara pengolahan yang benar. Saat mengolah sayuran yang satu ini, jangan sampai Anda mengolahnya hingga over cook. Karena dapat membuat kandungan nutrisi yang terdapat pada pare menjadi hilang.

Manfaat Pare Untuk Ibu Hamil

Manfaat Pare

Manfaat pare untuk ibu hamil memang sudah tidak diragukan lagi. Kehamilan menjadi hal yang sangat diimpikan bagi setiap wanita. Setiap pasangan suami istri, pastinya akan menginginkan untuk memiliki momongan.

Ketika hamil, Anda dapat memasukkan menu sayur pare pada menu makanan Anda. Pare memang memiliki rasa yang pahit, namun ini seharusnya tidak menjadi masalah bagi Anda karena yang terpenting yaitu manfaatnya bagi Anda dan janin yang terdapat pada kandungan Anda.

Pare akan membuat produksi ASI menjadi maksimal. Sehingga ketika sang buah hati sudah lahir, maka Anda tidak perlu mencemaskan ASI untuk bayi Anda.

Manfaat Pare Untuk Diet

Ternyata pare juga dapat digunakan sebagai alternatif untuk menu diet Anda. Manfaat pare untuk diet ini akan membuat tubuh Anda menjadi langsing.

Bagi seorang wanita, tubuh yang langsing menjadi sebuah impian. Mengingat hal itu, melakukan diet dengan menggunakan pare ini merupakan cara alami yang sangat baik untuk dilakukan.

Pare memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Dengan begitu, buang air besar (BAB) Anda akan semakin lancar. Dalam satu gelas jus pare, terdapat kandungan air yang sangat tinggi, sehingga dapat menunda rasa lapar pada perut Anda.

Manfaat Pare Untuk Diabetes

Selain untuk diet alami, pare juga memiliki manfaat untuk mengobati penyakit diabetes. Penyakit diabetes disebabkan karena kandungan gula darah yang sangat tinggi dan melampaui batas normal.

Diabetes menjadi penyakit pembunuh nomor tiga setelah penyakit jantung dan stroke. Diabetes dapat menjangkit seluruh usia, dari anak-anak hingga orang yang sudah lanjut usia.

Manfaat pare untuk diabetes ini dapat efektif menurunkan kadar gula dalam darah Anda. Hal ini karena adanya kandungan polipeptida yang strukturnya hampir sama dengan hormone insulin.

Baca Juga  13 Manfaat Buah Durian Selain Enak Rasanya Banyak Khasiatnya

Di dalam tubuh, hormone ini akan bekerja menurunkan kadar gula dalam darah ketika kadar gula dalam darah mengalami kenaikan.

Selain untuk pengobatan penyakit, manfaat pare untuk kecantikan juga bisa didapatkan, salah satunya yaitu untuk menghilangkan jerawat.

Satu saja jerawat di wajah akan mengurangi kecantikan pada diri Anda. Kandungan vitamin C pada buah pare akan sangat baik untuk kulit Anda. Dengan menggunakan pare, kandungan minyak di dalam kulit wajah juga akan semakin berkurang.

Cara menggunakan pare untuk menghilangkan jerawat yaitu dengan cara menjadikannya masker alami dan juga dapat dikonsumsi secara langsung menjadi jus sayur yang segar.

Cara Menghilangkat Rasa Pahit pada Pare

Mengkonsumsi sayuran memang sangat baik dan bagus bagi kesehatan tubuh terutama bagi kesehatan pencernaan karena sayuran banyak sekali mengandung serat yang baik untuk membantu memperlancar pencernaan.

Maka dari itu banyak sekali olahan-olahan sayuran yang dimasak untuk menjadi makanan yang lezat dikonsumsi. Salah satu sayuran yang membutuhkan olahan tertentu agar bisa dimasak dan menjadi makanan yang lezat adalah pare.

Pare adalah sayuran yang memiliki rasa yang pahit jika dimakan, walaupun rasanya yang pahit tetapi banyak yang gemar dan suka dengan mengkonsumsi sayuran ini

Olahan dari pare sangat banyak sekali seperti pelengkap untuk makanan yaitu siomay, dan juga bisa dibuat dengan cara ditumis.

Tentunya untuk menikamati olahan dari pare ini kurang lezat jika rasa dari pare yang pahit masih terasa di lidah. Maka dari itu kita harus bisa mengolah sayuran satu ini untuk menghilangkan rasa pahitnya dan bisa diolah menjadi makanan yang lezat dan rasa pahit dari pare bisa hilang.

Walaupun rasanya yang pahit tetapi pare terdapat banyak sekali khasiat di dalamnya yang baik bagi kesehatan dan baik bagi tubuh.

Untuk mendapatkan rasa pare yang nikmat dan dapat mengurangi atau mehilangkan rasa pare yang pahit sebaiknya pelajara dahulu dalam mengolah saryuran ini agar bisa diolah menjadi makanan yang lezat.

Pare Rebusan

Pare Rebusan

1. Merebus dengan Daun Jambu Biji
Daun jambu biji merupakan daun yang sangat bermanfaat bagi tubuh dan mempunyai banyak khasiat untuk kesehatan.

Baca Juga  Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan, Kanker Payudara dan Kolesterol

Salah satu khasiat dari daun jambu biji yang berguna untuk kesehatan adalah dapat mengatasi diare dengan ampuh. Selain bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai penyakit, daun jambu biji juga bermanfaat untuk menghilangkan rasa pahit di sayuran pare.

Caranya cukup mudah yaitu siapkan 10 lembar daun jambu biji untuk ½ kg pare yang sudah dicuci bersih kemudian daun jambu biji tadi diremas-remas untuk mengeluarkan kandungan yang ada di dalam daun jambu biji dan masukkan ke dalam air rebusan bersama ½ kg pare tadi. Rebus pare sampai mendidih kira-kira selama 5 menit saja.

2. Menggunakan Gula Pasir
Dengan menggunakan gula pasir ternyata dapat dengan ampuh menghilangkan rasa pahit di pare dengan cara potong pare menjadi dua bagian dan ambil bijinya, setelah itu bersihkan getah yang ada di pare sampai bersih.

Setelah bersih pare kemudian dipotong tipis-tipis dan dicampur dengan gula pasir serta dengan sedikit diremas-remas sampai pare dirasa menjadi lemas kemudian biarkan selama 15 menit baru bisa dicuci sampai bersih.

Cara yang kedua juga bisa dengan merebus pare ke dalam air mendidih yang diberi hula pasir secukupnya dan direbus sampai pare setengah matang, baru pare ditiriskan dari air garam tadi.

3. Menggunakan Garam
Cara menghilangkan rasa pahit di pare menggunakan garam sama halnya dengan metode dengan menggunakan gula pasir yang membedakan adalah campurannya yang diganti dengan garam halus.

Tujuan dari meremas-remas pare dengan campuran garam adalah bertujuan untuk membantu mengeluarkan kandungan yang ada di dalam pare yang disebut dengan ekstrak pahit yang ada di dalam daging pare sampai keluar.

Dengan keluarnya ekstrak pare ini membuat mengurangi rasa pahit dari pare dan diserap oleh garam tadi. Jika pare dirasa sudah tidak terasa pahit maka pare siap untuk diolah menjadi berbagai macam masakan yang lezat. Semoga artikel ini membantu.

Tags: , , , , , , , ,

Related to: Manfaat Pare Bagi Kesehatan dan Untuk Diabetes