Manfaat Teh Jati Cina Untuk Kesehatan Dan Cara Pengolahannya

January 29, 2017

Teh Jati Cina Untuk Kesehatan – Daun jati Cina atau yang lebih terkenal dengan Alexandria Senna juga memiliki nama ilmiah Cessai angustilofia. Sejak abad ke-9 daun Senna telah digunakan manusia sebagai obat herbal yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh, karena mengandung zat Laxative berguna untuk obat pencahar. Daun jati Cina memiliki bentuk pohon yang bisa tumbuh hingga 3 meter bertangkai hijau dan berdaun berbentuk lonjong, halus berwarna kelabu hijau. Tanaman ini sangat mudah tumbuh di daerah yang beriklim tropis seperti Afrika utara, Pakistan, Mesir, India dan Sudan. Daun ini sering di manfaatkan sebagai daun teh yang berkhasiat bagi tubuh.

Pada zaman dahulu daun jati Cina telah digunakan dokter sebagai obat pencahar yang sangat ampuh untuk mengatasi sembelit dan menetralkan racun serta bakteri dalam usus, selain digunakan sebagai ramuan teh, seiring majunya teknologi  daun Senna dapat digunakan untuk ramuan obat herbal karena khasiatnya. Dalam segelas teh jati Cina mengandung senyawa aktif tritepen, karoifilen, katekin, farnesol, freidelin, asam kaurenat, prekoesen 1, prosianidin B-2, prosianidin B-5, prosianidin C-1, sitosterol, friedelin 3a-ol, sterol, alkaloid dan karotenoid, yang semua kandungan itu sangat berguna menyehatkan tubuh

Berikut Ini Berbagai Manfaat Dari Teh Jati Cina Untuk Kesehatan.

manfaat daun jati cina untuk kesehatan

– Teh daun jati Cina berguna untuk membuang racun dalam usus sehingga dapat membantu melancarkan metabolisme tubuh untuk menyerap nutrisi dan menjadikan sari makanan sebagai energi.

– Teh daun jati Cina dapat dipergunakan sebagai obat melancarkan sistem metabolisme tubuh dengan mengurangi kadar kolesterol jahat dan lemak.

– Teh daun jati Cina dapat membantu untuk mengecilkan perut buncit sehingga ramuan ini dapat digunakan sebagai obat herbal pelangsing karena teh jati Cina bisa menghilangkan lemak melalui keringat tubuh

Teh daun jati Cina sangat cocok bagi seseorang yang sedang menjalankan program diet ramuan herbal ini juga sering dijadikan pilihan alternatif untuk diet tinggi kandungan serat

Secara umum teh daun jati Cina menjadi ramuan herbal untuk beberapa orang yang mengalami obesitas karena dapat mengurangi kolesterol jahat, mengobati rematik, mengecilkan perut buncit dan pembakar lemak.

Dengan pemanfaatan teh daun jati Cina yang teratur tidak ada efek samping yang sangat terlihat malah sehabis Anda mengonsumsi ramuan herbal ini tubuh merasa lebih segar, bagi penderita obesitas efek negatif yang dialami adalah mudah berkeringat saat buang air besar sedikit berminyak pada kotorannya, itu dikarenakan keluarnya lemak dari tubuh.

Takaran dan Komposisi Teh Daun Jati Cina

Cara penyajian:

  1. Ambil satu sendok teh daun jati Cina seduh dengan air panas, tunggu hingga ramuan berwarna kecokelatan
  2. Minum dengan teratur 2 kali sehari
  3. Ramuan sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi berlebihan cukup diminum dua kali sehari yakni pagi dan malam hari

Akan tetapi ramuan herbal ini tidak cocok jika dikonsumsi bagi wanita hamil dan yang sedang mengalami menstruasi dan seseorang yang mengidap penyakit gangguan ginjal.

Nah sudah tahukan berbagai manfaat Teh Jati Cina Untuk Kesehatan semoga ulasan berikut sangat bermanfaat bagi kesehatan Anda. Selain ramuan obat herbal yang alami yang paling penting adalah keinginan hidup sehat bagi setiap orang. Karena obat-obatan hanya bertujuan untuk mengobati berbagai penyakit dan Anda tidak akan membutuhkan obat jika Anda dapat menjaga kesehatan Anda.

Sebab penyakit tidak akan datang tanpa alasan, penyakit akan menyerang kesehatan Anda jika ada salah satu organ yang rusak, maka kita perlu menjaga pola hidup sehat dengan menjaga kebersihan badan, lingkungan sekitar, menjaga asupan makanan yang kita konsumsi, istirahat yang cukup dan olahraga teratur.

Tags: ,

Related to: Manfaat Teh Jati Cina Untuk Kesehatan Dan Cara Pengolahannya