Manfaat Tidur Cukup Bagi Kesehatan Tubuh yang Wajib Diketahui

December 29, 2015

Manfaat Tidur Cukup Bagi Kesehatan Tubuh – Seperti yang sudah diketahui bahwa tidur merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kesehatan tubuh karena tubuh kita membutuhkan istirahat setelah melakukan aktifitas harian, Manfaat tidur ini akan berefek pada kehidupan sehari – hari kita.

(Baca Juga : Cara ampuh untuk Mengatasi Insomnia )

Ketika sudah jelas bahwa tidur berkualitas ialah sangat bermanfaat, masih banyak orang di luar sana tidak menyadari berapa lama tidur yang dibutuhkan oleh tubuh dan kenapa tidur merupakan hal yang begitu penting.

Dengan tidur yang cukup akan membuat kesehatan anda terjaga dengan baik mengembalikan mood juga dan serta menghindarkan diri dari kantung mata hitam atau biasa disebut mata panda dan berbagai masalah kesehatan tubuh lainnya.

Dengan tidur yang cukup merupakan penerapan dalam hal yang penting yaitu gaya hidup sehat dan bisa bermanfaat untuk pikiran anda, jantung anda, , berat badan dan masih banyak lagi tentunya.

Tidur sehat

Tidur sehat

Berikut merupakan Manfaat Tidur Cukup Bagi Kesehatan Tubuh seperti yang di lansir dari banyak sumber. :

  1. Memperbaiki Ingatan

Bila anda tidur dengan waktu yang sebentar maka otomatis pikiran akan terlalu sibuk dalam mimikirkan banyak hal atau yang akan anda serap. Seperti yang sudah diketahui bahwa selama tidur otak akan bekerja memperkuat ingatan tentang hal yang dipelajari.

(Baca Juga : Cara tidur Penderita Insomnia Sebaiknya Dengan Istirahatkan Otak Anda)

Bila anda ingin mencoba untuk mempelajari hal, baik itu hal yang berhubungan dengan fisik ataupun mental maka tentu saja anda mempelajarinya dengan cara mempraktekannya.

Tetapi bila tubuh tidur dengan baik atau cukup maka anda akan mempelajari hal tersebut dengan lebih mudah . Dengan umpama bila ingin mempelajari sesuau misalnya teknik bermain bola baru, tubuh akan memiliki performa yang apik dan baik setelah tidur dengan cukup.

  1. Panjang Umur
Baca Juga  Manfaat Kurma Bagi Manusia dan Kesehatan

Terlalu sebentar tidur atau terlalu lama ketika tidur berhubungan dengan umur yang lebih pendek. Walau belum diketahui pasti apakah memang penyebab atau efek dari durasi tidur tersebut dikarenakan penyakit juga mempengaruhi pola tidur kita.

Pada penelitian yang telah di lakukan pada wanita umur 50 tahun sampai 79 tahun yang di lakukan pada tahun 2010 menyatakan bahwa kematian lebih banyak terjadi oleh wanita dengan tidur 5 jam atau lebih sebentar setiap malam.

  1. Mempengaruhi Kualitas Hidup

Tidur ialah gaya hidup yang harus di lakukan setiap harinya dengan cukup dan baik dan pola tidur yang sehat mesti di lakukan setiap harinya.

Dan mungkin di luar sana banyak yang menganggap enteng tentang tidur bahkan tidak tahu bagaimana tidur yang baik, anggapan orang yang penting tidur. namun tak bisa di pungkiri bahwa bila seseorang dapat tidur dengan baik maka akan berimbas dan merasakan hidup yang lebih baik lagi.

  1. Mencegah Peradangan

Kita tahu peradangan ialah masalah kesehatan yang masih ada kaitannya dengan penyakit arthritis, diabetes, penuaan dini, jantung bahkan stroke .

Pada penelitian menunjukkan bahwa orang yang tidur kurang dari 6 jam setiap malam akan meningkat tingkat protein inflamasi yang berada dalam darah lebih tinggi pada normalnya dibanding dengan orang yang tidur dengan waktu yang cukup .

Dan studi pada tahun 2010 menunjukkan bahwa orang memiliki kebiasaan tidur kurang dari 6 jam atau lebih sedikit memiliki protein C-reaktif yang dapat berisko terkena serangan jantung.

  1. Mendorong kreafitas
Baca Juga  Cara Ampuh Untuk Mengatasi Insomina Secara Alami

Menurut penelitian Harvard university dan boston collage. Tidur dengan waktu yang cukup tak hanya bisa memperkuat ingatan dapat juga memperbaiki ingatan bahkan bisa memberikan banyak kreatifitas serta mendorong seseorang menjadi kreatif

  1. Lebih Bugar

Tak bisa di pungkuri orang yang tidur dengan kualitas yang baik, akan memiiki tubuh yang terlihat bugar dan memiliki banyak stamina untuk beraktifitas harian

Tetap Sehat

Tetap Sehat

  1. Terhindar Dari Stress

Stres dan tidur merupakan hal yang masih berhubungan. Dengan tidur yang cukup dan berkualitas dapat mengurangi tingkat stress. Dengan demikian seseorang akan lebih mudah mengontrol tekanan darah sehingga tubuh menjadi lebih baik

  1. Memiliki Berat Badan Yang Sehat

Pada penelitian yang dilakukan di University Of Chicago orang yang melakukan diet serta memiliki kualitas tidur yang baik dapat banyak kehilangan lemak 56% dari berat badannya sedangkan untuk yang kurang tidur malah mengalami kehilangan masa ototnya.

(Baca Juga : Makanan yang dapat menurunkan berat badan ideal )

Untuk mendapatkan manfaat tidur yang cukup ini , tentunya harus tau bagaimana tidur berkualitas dan mempraktekannya dalam tidur anda . Manfaat Tidur Cukup Bagi Kesehatan Tubuh jadi lebih baik setelah membaca artikel ini , semoga bermanfaat . . .

Tags: , ,

Related to: Manfaat Tidur Cukup Bagi Kesehatan Tubuh yang Wajib Diketahui