Manfaat Timun Untuk Kesehatan Dan Ibu Hamil

November 21, 2016

Manfaat timun atau juga sering disebut dengan timun memang hanya dikenal sebagai teman dalam setiap masakan khas Sunda. Orang Sunda memang mengenal buah mentimun sebagai salah satu buah sebagai pelengkap lalapan. Selain itu, buah mentimun juga suka diikutsertakan dalam masakan, seperti ikan bakar bumbu acar, acar sate, acar buah, salad buah, dan makanan lainya. Kehadiran buah mentimun dalam setiap makanan selain untuk menambah rasa pada makanan itu sendiri, tetapi juga bisa dipakai untuk mempercantik atau hiasan dari setiap masakan. Tapi, tahukah Anda, bahwa manfaat dari buah timun atau mentimun tersebut tidak hanya digunakan sebagai pelengkap lalap atau masakan saja?

Manfaat timun untuk kesehatan

Manfaat Timun Untuk Kesehatan

Manfaat yang pertama dari buah mentimun adalah sebagai asupan nutrisi bagi tubuh. Manfaat buah mentimun tentunya tidak dapat dilepaskan dari setiap kandungan nutrisi yang ada didalamnya. Kandungan buah mentimun itu sendiri terdiri dari air. Air atau cairan tentunya sangat diperlukan oleh tubuh untuk menjaga suhu tubuh dan menjaga keseimbangan daya tahan tubuh. Manfaat timun untuk kesehatan lainya ialah dapat membersihkan segala racun yang masuk kedalam tubuh. Segala racun tersebut bisa didapatkan dari udara ataupun makanan yang masuk kedalam tubuh, dan dengan adanya kandungan anti oksidan pada buah mentimun segala macam racun didalam tubuh bisa dibersihkan.

Baca Juga  15 Manfaat Buah Tin : Segala Khasiat yang Terkandung di Dalamnya Cek Yuk .. !!

Manfaat timun untuk wajah

Sifat dari buah mentimun sebagai buah yang mampu melakukan oksidasi secara sempurna juga bisa dimanfaatkan oleh manusia. Manfaat timun untuk wajah ialah dapat menyerap segala minyak yang ada diseluruh permukaan wajah. Dengan sifat buah mentimun sebagai buah yang mampu melakukan oksidasi, maka minyak yang ada pada wajah akan terserap secara sempurna. Selain itu apabila rajin melakukan masker timun, kulit wajah akan terasa lebih segar, cerah, bersih, dan kencang.

Manfaat timun untuk wajah berjerawat

Dengan kondisi wajah yang mengalami hal-hal tersebut, tentu saja akan berimbas pada kesehatan dari kulit wajah dan tentunya terbebas dari segala macam penyakit kulit wajah. Salah satu penyakit wajah yang akan pergi jauh-jauh ialah jerawat. Manfaat timun untuk wajah berjerawat memang sudah terbukti kebenarannya. Selain sifat oksidasi dan kandungan anti oksidannya, buah mentimun atau timun juga mempunyai senyawa bakteri yang mampu untuk membunuh semua bakteri penyebab jerawat yang ada dikulit wajah.

Manfaat timun untuk ibu hamil

Dan, manfaat atau khasiat dari buah mentimun yang terakhir ialah untuk ibu hamil. Bagi perempuan yang sedang mengandung, tentunya memerlukan asupan nutrisi yang baik untuk mendukung tumbuh kembang dari janin yang dikandungnya. Manfaat timun untuk ibu hamil beserta janin yang dikandungnya dikarenakan ada kandungan omega 3. Senyawa omega 3 merupakan salah satu senyawa yang sangat aktif untuk tumbuh kembang otak dari janin tersebut. Selain itu, mentimun juga mampu untuk membuat elastic bibir rahim ketika akan melahirkan.

Baca Juga  Buah Penurun Kolesterol Paling Cepat
Tags: , , , , , , , ,

Related to: Manfaat Timun Untuk Kesehatan Dan Ibu Hamil