Manfaat Vitamin B Kompleks Bagi Tubuh Manusia

December 22, 2016

Vitamin B Kompleks sebetulnya masih berbentuk kompleks yang di dalamnya terdapat banyak sekali bagian utamanya. Setelah melakukan kajian penelitian lagi, ternyata vitamin B terbagi beberapa kandungan seperti Vitamin B1, B2, B3, B5, B6, dan B12. Vitamin B kompleks pada dasarnya sangat mudah larut oleh air kecuali B12 yang merupakan salah satu bentuk yang cukup sulit larut dalam tubuh. Tubuh manusia sendiri tidak bisa menghasilkan vitamin B ini sehingga perlu pemenuhan gizi dari bahan lain seperti sayur dan buah. Pada B12 sendiri bisa diperoleh dari daging ikan atau daging hewan.

Apa Saja Makanan yang Mengandung Vitamin B Kompleks ?

vitamin b kompleks

Sayuran, Sejak dari dulu bahan makanan ini sudah menjadi sumber nutrisi salah satunya B vitamin     kompleks vitamin ini banyak terkandung pada sayuran sawi, bayam, terong, rebung, asparagus, jamur, lobak, jagung, mentimun, brokoli dan masih banyak lagi. Pemenuhan gizi dari sumber makanan ini semakin melengkapi nutrisi yang anda butuhkan.

Daging dan olahannya, Bahan makanan yang bersumber dari hewan ini juga banyak mengandung vitamin B kompleks khususnya daging merah yang banyak memiliki kandungan vitamin ini yang membantu mengolah karbohidrat dalam tubuh menjadi energi. Selain itu daging ikan salmon, dada ayam, dan telur juga menjadi sumber B vitamin kompleks

Kacang-kacangan, Vitamin B dapat diperoleh juga dari golongan kacang-kacangan, jenis kacang-kacang yang menghasilkan vitamin B adalah kacang almond, kacang tanah dan kacang mete.

Berbagai Manfaat Dari B Vitamin Kompleks

Mengendalikan Kadar Kolesterol, Dalam tubuh manusia terdapat 2 jenis kolesterol yaitu kolesterol jahat (LDL) dan kolesterol baik (HDL) berguna untuk mengurangi kolesterol jahat (LDL) dan akan  menjadikan kolesterol baik (HDL) tetap terjaga, sehingga dapat mencegah pengerasan pembulu darah yang mengakibatkan tekanan darah tinggi.

vitamin b kompleks

Sumber vitamin B

Menjaga Kesehatan Syaraf Dalam Tubuh, Manfaat vitamin B terutama pada B1, B6 dan B12 berguna untuk menjaga  kesehatan syaraf agar dapat bekerja dengan benar, selain itu B Vitamin kompleks menghasilkan zat adrenal yang berguna untuk menghasilkan berbagai hormon dalam tubuh dan asam folat yang sangat dibutuhkan bagi ibu hamil untuk menghindari kelahiran bayi cacat dan stres,dan rasa cemas.

Memproduksi energi, Untuk melakukan berbagai aktivitas energi sangat dibutuhkan bagi tubuh maka vitamin B1 berguna menghasilkan glukosa dari karbohidrat, dan jika seseorang kekurangan vitamin B2, B3, B5, B6, B7 dapat mengakibatkan seseorang mudah lelah, lesu dan kurang bersemangat

Menjaga kesehatan kuku dan rambut, Vitamin B kompleks juga sangat penting bagi DNA dan RNA yang berguna menghasilkan sel tubuh, kekurangan vitamin ini dapat mengakibatkan kuku mudah pecah, kerontokan rambut, berjerawat, kulit kering dan kusam.

vitamin b kompleks

Dalam penggunaan B vitamin kompleks ini juga tidak boleh terlalu berlebih karena dapat mengakibatkan kerusakan hati dan jantung serta dapat memunculkan masalah penyakit baru seperti diabetes, asam urat, dan masalah kulit. Sedangkan jika kekurangan B vitamin kompleks juga bisa menyebabkan gangguan pada penglihatan, mual dan muntah, memperparah maag dan terganggunya kinerja hati. Jika Anda yang mempunyai penyakit tertentu dan sedang melakukan serangkaian perawatan kemoterapi akan berdampak pula dengan penyerapan obat-obatan yang dikonsumsi sebelumnya.

Demikian ulasan tentang Vitamin B Kompleks yang semoga bisa meningkatkan pengetahuan tentang vitamin ini yang tentu saja menjadikan referensi untuk hidup lebih sehat. Dengan mudahnya menemukan bahan makanan sumber B vitamin kompleks tersebut, maka Anda lebih bisa menjaga asupan nutrisi ini untuk aktivitas setiap harinya.

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0
Tags: ,

Related to: Manfaat Vitamin B Kompleks Bagi Tubuh Manusia