Manfaat Wortel : Berikut Daftar dari Manfaat Wortel Untuk kesehatan tubuh

November 21, 2016

Worte memiliki banyak manfaat yang harus Anda ketahui. Berikut ini adalah uraian mengenai manfaat wortel untuk kulit, khususnya untuk pemakaian luar dengan menerapkannya sebagai salah satu ramuan perawatan kecantikan:

Manfaat Wortel

Manfaat jus wortel

Minum just wortel

  1. Membuat kulit tampak bercahaya

Memiliki kulit yang bersih sekaligus bersinar adalah salah satu impian bagi setiap orang, khususnya bagi kaum wanita. Penampilan akan sempurna jika diperkokoh dengan warna kulit yang cerah. Tetapi, untuk bisa memiliki kulit seperti yang Anda impikan, membutuhkan perawatan yang ekstra dan rutin agar dapat membuahkan hasil yang manis.

Anda dapat melakukan perawatan ini dengan membuat masker wajah dari wortel yang dicampur dengan madu. Anda juga bisa membantunya dengan mengkonsumsi wortel secara langsung atau menjadikannya jus, keduanya sama-sama memiliki khasiat. Mengkonsumsi wortel dapat membantu mencerahkan kulit Anda dari dalam. Hal ini disebabkan karena wortel kaya akan vitamin C dan antioksidan yang dapat membantu Anda untuk mendapatkan kulit yang bersinar.

  1. Dapat menenangkan kulit wajah selepas bekerja

Membiarkan wajah terkena paparan sinar matahari dalam waktu yang lama itu tidak baik untuk kesehatan kulit. Selain itu, tidak lama setelah terkena sinar matahari, Anda pasti merasa kulit wajah seakan tidak nyaman. Perasaan tersebut muncul karena kulit wajah Anda tegang, berdebu, kotor, dan lelah karena seharian dibiarkan terkena terik matahari.

Sehabis bekerja, luangkan waktu Anda sedikit saja untuk memberikan perhatian yang lebih pada wajah. Untuk itu, Anda dapat menggunakan facial spray yang terbuat dari wortel, berikut ini adalah cara membuatnya :

  • Sediakan 1 buah wortel, lalu dibersihkan dengan mengiris sedikit pada bagian kulitnya sampai kotoran yang melekat terangkat.
  • Kemudian diblender sampai berbentuk pasta yang cukup kental, jangan lupa untuk memberikan sedikit air sebelum diblender.
  • Lalu pasta wortel dicampurkan ke dalam air mawar secukupnya, aduk sampai larut.
  • Setelah itu dimasukkan ke dalam botol semprot yang telah dibersihkan.
  • Dan terakhir, semprotkan secara langsung cairan yang sudah Anda buat dengan memberikan campuran wortel dan air mawar.

Terapkan secara rutin perelaksasian ini setelah Anda pulang kerja, dan Anda akan kembali mendapatkan wajah yang segar juga sehat.

  1. Mampu melembabkan wajah

Manfaat wortel untuk kulit wajah yaitu menjadikannya sebagai pelembab alami. Berikut ini adalah cara membuat maskee wortel sebagai pelembab wajah.

Bahan yang perlu disediakan :

  • Parut 1 buah wortel yang sudah bersih, lalu ambil sebanyak dua sendok teh.
  • Siapkan madu murni dan susu krim sebanyak satu sendok teh.
  • Siapkan minyak zaitun secukupnya, karena nanti akan digunakan hanya beberapa tetes saja.

Proses pembuatan krim wajah:

  • Wortel yang sudah diparut diletakkan ke dalam mangkuk kecil.
  • Lalu tambahkan semua bahan, kemudian lumatkan dengan menggunakan satu tangan yang telah dilapisi plastik yang steril.
Baca Juga  Cara Menghaluskan Kulit Wajah Dengan Masker Daun Pepaya

Cara menggunakan:

  • Permukaan kulit wajah dibasahi dengan air hangat, lalu diberikan sedikit pijatan agar pori-pori terbuka.
  • Kemudian dikeringkan sebentar dengan menepuk memakai tangan.
  • Setelah itu gunakan masker wortel yang sudah jadi secara merata, biarkan selama 10-15 menit.
  • Lalu dibersihkan dengan memercikkan air dingin sedikit demi sedikit, sambil membersihkan masker yang menempel di wajah.
  • Kemudian kembali dikeringkan dengan cara menepuk kedua tangan dengan lembut.

Dalam waktu sekejap Anda dapat mengetahui mengenai manfaat wortel untuk wajah itu benar-benar ada.

manfaat jus wortel

Just wortel

  1. Memberi efek penyembuhan luka

Wortel memberikan efek dalam mempercepat proses penyembuhan luka di kulit. Hal ini disebabkan karena sifat anti inflamasi pada wortel dapat merevitalisasi sekaligus dapat meratakan warna kulit. Anda dapat memarut wortel mentah, lalu tutupi luka dengan menggunakan parutan wortel tersebut. Lakukan metode pengobatan ini secara rutin agar Anda mengetahui manfaat wortel untuk menyembuhkan luka itu benar-benar terbukti keampuhannya.

  1. Mengobati berbagai penyakit kulit

Wortel bisa Anda gunakan untuk mencegah sekaligus mengobati berbagai macam jenis penyakit yang menyerang kulit, seperti ruam merah, jerawat, dermatitis atau radang pada kulit, dan penyakit kulit lainnya yang terjadi karena kekurangan vitamin A.

Kandungan antioksidan adalah yang bertugas untuk menangani semua penyakit tersebut. Tetapi bagaimanapun juga Anda tidak diperbolehkan mengkonsumsi wortel secara berlebihan karena justru akan membahayakan kesehatan kulit Anda, seperti warna pada permukaan kulit menjadi berubah ke oranye kekuningan.

  1. Mengatasi kulit kering

Kulit kering adalah salah satu masalah klasik yang biasa dialami oleh para pria, tetapi tidak menutup kemungkinan juga kaum perempuan akan mengalaminya. Kekurangan kalium adalah salah satu faktor yang menyebabkan kulit menjadi kering.

Wortel merupakan agen yang menyediakan kalium untuk kulit. Jika suplai kalium cukup, maka kulit tubuh akan menjadi lembab juga kenyal. Bila Anda mengalami masalah dehidrasi, jus wortel dapat menghidrasi tubuh secara efektif.

  1. Berguna sebagai pemblokir sinar matahari

Ada banyak produk sun-blok yang terbuat menggunakan wortel sebagai bahan campuran atau komposisinya. Di sini Anda akan percaya, bahwa wortel adalah bahan alami yang dapat memberikan efek pemblokir pada sinar matahari.

Bila Anda ingin mendapatkan manfaat wortel, jangan gunakan untuk pemakaian luar. Sebelum Anda beraktifitas, coba buatlah secangkir jus wortel yang segar. Kandungan antioksidan dan juga beta karoten yang dimiliki wortel diubah menjadi vitamin A yang akan membantu Anda untuk melindungi kulit dari panasnya sinar matahari.

Selain itu, mengkonsumsi jus wortel juga membuat kulit menjadi lebih terawat walaupun Anda harus melakukan aktifitas di bawah sinar matahari langsung. Tetapi bagaimana pun juga kulit membutuhkan perlindungan dari luar. Oleh karena gunakanlah produk sun-block dengan SPF 30 agar menjadi lebih tahan pada cahaya yang menerpa kulit secara langsung.

  1. Memelihara elastisitas kulit

Kandungan vitamin C di dalam wortel mampu mengoltimalkan produksi kolagen yang sangat diperlukan oleh tubuh. Kolagen adalah sejenis protein yang berfungsi untuk menjaga elastisitas kulit. Dengan elastisitas kulit yang terjaga, maka masalah kulit seperti keriput dapat tercegah.

Baca Juga  Menikmati Seribu Manfaat Tomat Segar

Anda akan terlihat awet muda karena wortel dapat mencegah terjadinya penuaan dini. Vitamin A adalah antioksidan yang kuat untuk membantu menyangkal radikal bebas yang merupakan penyebab datangnya gejala penuaan seperti pigmen yang abnormal, kulit keriput, dan warna kulit yang tidak merata.

  1. Menyingkirkan noda pada wajah

Noda di wajah dapat timbul karena jerawat yang meninggalkan bekas atau biasa disebut flek hitam. Masalah kecantikan ini dapat disingkirkan dengan menggunakan bantuan wortel yang secara efektif mampu untuk membersihkan noda yang menempel di kulit. Caranya yaitu bisa dengan menggunakan bubur wortel untuk wajah, lakukan cara ini dengan rutin dalam seminggu minimal tiga kali menggunakannya.

Wortel tidak hanya baik untuk kulit saja, tetapi masih terpendam khasiat lainnya, yaitu manfaat wortel untuk rambut. Berikut uraiannya.

  1. Mengurangi kerontokan rambut

Wortel kaya akan kandungan vitamin A juga karotenoid yang merupakan agen penyubur rambut. Dengan adanya pertumbuhan rambut yang sehat, maka Anda akan menjadi bebas dari masalah kerontokan pada rambut. Sirkulasi darah pada daerah sekitar kulit kepala menjadi semakin lancar karena semua kandungan vitamin yang ada di dalam wortel bekerja sama untuk memberikan dampak kesehatan bagi rambut.

Manfaat jus wortel

Jus wortel

  1. Merangsang pertumbuhan rambut

Pertumbuhan rambut setiap orang dipengaruhi oleh hormon. Sayangnya, tidak semua orang memiliki hormon yang secara sempurna dapat mendorong pertumbuhan rambut yang stabil, jadi sebagian dari mereka ada yang mengalami ketipisan pada rambut dan bahkan mengalami kebotakan.

Wortel dapat memberikan rangsangan pada pertumbuhan rambut dan membuat rambut menjadi tebal juga lebat. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin A dan E yang terdapat pada sayuran menyehatkan ini mampu membantu untuk meningkatkan produksi folikel rambut. Untuk itu, konsumsilah sayur atau jus wortel dengan teratur agar rambut Anda menjadi lebih sehat serta terbebas dari berbagai masalah.

  1. Mengembalikan kilau rambut

Vitamin A yang terdapat di dalam wortel memiliki peran untuk mengkilaukan rambut, caranya yaitu dengan membuat rambut berwarna hitam menjadi terlihat lebih berkilau. Vitamin A adalah vitamin yang penting untuk rambut, untuk memenuhi kebutuhan tersebut Anda dapat mengkonsumsi wortel. Dengan demikian, Anda tidak perlu mengkonsumsi suplemen vitamin A.

Tags: ,

Related to: Manfaat Wortel : Berikut Daftar dari Manfaat Wortel Untuk kesehatan tubuh