Melihat Lebih Jauh Obat Kolesterol Simvastatin vs Lipitor

November 12, 2016

Kata-kata itu sudah tidak asing lagi bagi para penderita kolesterol. Sebenarnya Lipitor adalah salah satu merk obat statin yang bernama Atorvastatin.

Lipitor

Lipitor

Obat Simvastatin

Obat Simvastatin

Simvastatin dan Lipitor adalah salah satu obat yang termasuk golongan obat statin. Statin adalah obat penurun kadar kolesterol dengan cara menghambat enzim HMG-CoA reductase di dalam tubuh.

Obat ini sangat berperan penting dalam produksi kolesterol yang ada di dalam hati. Jika kadar kolesterol meningkat dapat memicu berbagai macam penyakit seperti stroke dan serangan jantung,

disinilah kegunaan obat-obatan statin tersebut yaitu mencegah penyakit-penyakit yang sangat mematikan tersebut. Ada berbagai macam golongan obat statin yang sangat laris dipasaran,

contohnya atorvastatin yang dipasarkan dengan merk Lipitor dan Torvast. Ada beberapa jenis statin yang banyak beredar dipasaran dengan berbagai macam merk seperti contoh:

  1. Atorvastatin yang bermerk Lipitor dan Torvast
  2. Pitavastatin yang bermerk Livola dan Pitava
  3. Simvastatin yang bermerk Zocor dan Lipex
  4. Pravastatin yang bermerk Pravachol, Selektin, dan Lipostat
  5. Fluvastatin yang bermerk Lescol
  6. Lova statin yang bermerk Mevacor, Altocor, dan juga Altropev
  7. Resuvastatin yang bermerk Crestor

Atorvastatin dan simvastatin adalah obat statin yang baik bagi kesehatan ginjal karena proses eliminasi kedua jenis obat ini tidak melalui ginjal.

Baca Juga  Vitamin yang Berguna Untuk Menjaga Kesehatan Tubuh

Maka dari itu untuk dosis pemakaian obat ini tidak diperlukan karena baik untuk penderita gangguan ginjal. Jadi Atorvastatin dan simvastatin hambpir memliki kegunaan yang sama dan memliki efek samping yang sama juga.

Sedangkan jenis pravastatin perlu dosis yang tertentu karena dapat berperngaruh pada penderita yang memiliki gangguan ginjal.

Pada berbagai jenis obat statin yang ada di pasaran mempunyai efek samping dan tingkat keamanan sendiri-sendiri, efek samping dari obat statin yang paling berat tetapi jarang ditemukan pada penderita adalah Rhabdomyolysis.

Rhabdomyolysis ini adalah keadaan dimana hancurnya jaringan-jaringan otot dan sangat beresiko menyebabkan gagal ginjal. (Baca Juga : Sekilas Tentang 8 Komplikasi penyakit ginjal kronik )

Gagal ginjal

Gagal ginjal

Kebanyakan efek samping yang diberikan pada jenis-jenis obat statin hampir sama hanya ada sedikit perbedaan dari efek samping yang muncul seperti insomnia atau gangguan tidur atau sulit untuk tidur.

Fluvastatin, rosuvastatin, dan pravastatin mempunyai efek yang lebih berat yaitu insomnia yang lebih hebat dibandingkan dengan simcastatin, atorvastatin, dan lovastatin.

Tetapi sebagian besar efek samping yang diberikan pada obat jenis statin ini adalah seperti sakit pada oto, kebas-kebas, lemah otot. Ada beberapa cara memilih obat statin yang terbaik dan yang perlu diperbandingkan antara lain:

  1. Aspek efisiensi yaitu seberapa banyak kadar LDL kolesterol yang turun jika mengkonsumsi obat tersebut?
  2. Harga pasti sangat diperhitungkan, sesuaikan kemampuan membeli obat tersebut jangan terlalu memaksa membeli obat yang terlalu mahal.
  3. Aspek keamanan yaitu apa efek samping yang diberikan saat mengkonsusi obat tersebut? seberapa besar dampek efek sampingnya bagi kesehatan?
Baca Juga  Balita Menderita Penyakit Gatal Setelah Di Imunisasi Efek Vaksin Palsu

Dosis aman mengkonsumsi Simvastatin dan Atorvastatin

Dosis Simvastatin

Penggunaan obat simvastatin ini boleh di konsumsi dengan melihat kadar kolesterol dalam darah, kondisi kesehatan dan seberapa beresikonya terkena serangan jantung dan stroke.Untuk resep dokter biasanya menyarankan untuk meminum dengan dosis 5-40 mg per harinya.

Dosis Atorvastatin

Penggunaan atorvastatin ini tergantung pada kadar kolesterol dan respon penderita terhadap obat ini. Unutk penggunaan awal adalah 10 mg perhari setelah itu akan disesuaikan dengan rentan waktu minimal 4 minggu. Untuk penggunaan maksimalnya adalah 80 mg per hari.

Tags: ,

Related to: Melihat Lebih Jauh Obat Kolesterol Simvastatin vs Lipitor