Mencoba Seribu Manfaat Jagung Manis Segar Untuk Kesehatan

January 25, 2016

Jagung merupakan salah satu jenis sayur yang cukup nikmat dan akrab di Indonesia. Sayuran berwarna kuning ini memiliki seribu manfaat lezat di setiap bijinya. Makanan yang termasuk kedalam salah satu jenis pengganti karbohidrat nasi ini ternyata memiliki kalori yang lebih rendah dibandingkan dengan padi. Manfaat jagung ini tentunya akan tetap didapatkan dengan proses olahan apapun seperti direbus, dibakar, dibuat sup, diolah menjadi lauk, diubah menjadi bihun jagung, dan masih banyak lagi. Sayur dengan nama LatinZea mays ini merupakan salah satu cara sehat yang mudah serta murah.

Manfaat jagung muda

Manfaat Jagung_3

Jagung yang merupakan salah satu sayuran kaya akan asam fenolik, asam linoleat, berbagai jenis vitamin dan mineral, asam folat, beta karoten, dan serat. Sehingga memakan olahan jagung merupakan salah satu langkah sehat yang tepat. Hampir seluruh khasiat ini juga terkandung sama dalam manfaat jagung muda. Jagung muda yang lebih dikenal dengan baby corn ini mengandung manfaat utuh dari jagung. Sehingga, jagung bisa menjadi pilihan yang pas pula untuk mengkreasikan sajian dari jagung ini.

Baca Juga  Khasiat Daun Sirsak untuk Kanker Payudara Dan Caranya

Manfaat jagung untuk bayi

Jagung juga merupakan hidangan yang pas untuk bayi dan balita. Dalam penyajian bubur, jagung memiliki kandungan gizi yang cukup lengkap untuk memenuhi kebutuhan bayi dan balita maupun anak-anak. Hal ini dikarenakan zat gizi berupa protein flavonoid, asam folat, dan beberapa jenis vitamin dalam jagung akan mendukung proses pertumbuhan dan perkembangan bayi lebih optimal. Manfaat jagung untuk bayi lainnya adalah merangsang meningkatnya kekebalan tubuh dan menjaga kesehatan mata. Jagung juga berperan untuk mencerdaskan anak karena menyediakan zat gizi yang diperlukan perkembangan pesat otak dalam masa emasnya. Jagung ini merupakan makanan yang pas pula untuk ibu hamil dalam usaha menghindari bayi lahir cacat karena kandungan tinggi asam folat.

Manfaat jagung manis untuk wajah

Terdapat pula manfaat jagung yang banyak untuk kecantikan kulit dan wajah. Manfaat jagung manis untuk wajah ini bisa dapatkan dengan rajin mengkonsumsi sayur jagung manis maupun dengan menggunakannya sebagai bahan masker. Minyak jagung merupakan salah satu produk olahan jagung yang sangat berperan dalam menyehatkan kulit secara alami. Hal ini karena jagung mengandung beta karoten, vitamin E , B kompleks dan C yang akan optimal menyehatkan dan mempercantik tampilan kulit Anda.

Baca Juga  15 Manfaat Buah Tin : Segala Khasiat yang Terkandung di Dalamnya Cek Yuk .. !!
Manfaat jagung untuk kecantikan

Popularitas jagung dalam manfaatnya untuk kecantikan dibuktikan dengan maraknya produk kecantikan yang menggunakan minyak kulit jagung maupun minyak jagung itu sendiri sebagai bahan penyusunnya. Manfaat jagung untuk kecantikan kini bisa temukan dalam bubuk masker instan dari jagung.  Bisa menghaluskan biji jagung sesuai kebutuhan untuk dijadikan masker. Masker jagung ini kemudian dibiarkan menempel pada wajah 10-15 menit atau sampai mengering. Setelah itu dibilas dengan air hangat dan untuk mendapatkan hasil yang maksimal aplikasikan 2-3 kali seminggu. Cara ini bisa membuat tampilan wajah lebih cerah, segar dan sehat. Terbukti, jagung dapat membantu mengangkat kotoran yang mengendap di permukaan kulit.

Tags: , , , , , ,

Related to: Mencoba Seribu Manfaat Jagung Manis Segar Untuk Kesehatan