Mendapatkan Manfaat Kunyit Putih Dengan Benar

April 15, 2015

Banyak orang yang tidak tahu tentang manfaat kunyit putih bagi kesehatan. Hal ini karena dari namanya saja sebagian orang belum pernah mendengarnya dan tidak sepopuler kunyit kuning. Namun dari segi bentuk dan tumbuhnya, keduanya memiliki persamaan baik dari pohon atau daunnya. Perbedaannya hanyalah warna rimpang sehingga kunyit putih tidak termasuk kedalam jenis Curcumae.Selain itu, bentuk rimpang kunyit putih memiliki bentuk bulat yang transparan seperti layaknya rimpang kencur, rimpang temu kunci dan kunci pepet yang dalam istilah ilmiah tergolong jenis Kaempferia. Meski bukan berjenis Curcumae, kunyit putih tetap memiliki khasiat atau manfaat bagi kesehatan maupun kecantikan.

Khasiat danManfaat kunyit putih untuk kesehatan

manfaat kunyit putih

Tanaman yang memiliki khasiat di rimpangnya ini memiliki khasiat untuk mengendalikan kanker secara tidak langsung. Hal ini karena kandungan dalam kunyit putih yang bersifat anti inflamasi yaitu zat yang bisa mengatasi pembengkakan. Selain itu kunyit putih juga bersifat immunostimulan dimana kandungannya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta menahan radikal bebas karena adanya tambahan zat antioksidan. Hal ini bukanlah pembicaraan yang tanpa bukti. Sebuah badan kanker di amerika dengan nama America Institute Of Cancer menyebutkan bahwa manfaat kunyit putih sangat baik untuk mencegah kanker. Zat antioksidannya mampu mencegah kerusakan pada asam deoksiribonukleat (DNA). Peradangan pun bisa diatasi dengan kunyit putih.

Baca Juga  Manfaat Buah Mangga Bagi Kesehatan

Kandungan dan manfaat kunyit putih untuk kesehatan bisa juga berpengaruh pada pencernaan. Tentu saja karena sifatnya yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh, berbagai kandungan yang jahat dalam tubuh dan sering berdiam di pencernaan dapat segera diatasi dan dikeluarkan melalui saluran pembuangan. Untuk dapat merasakan manfaat dari kunyit putih tersebut hanya dengan mengambil 1 rimpang kunyit putih yang memiliki ukuran sedang. Setelah dicuci bersih dan dikupas, makanlah secara langsung kunyit putih tersebut. Mungkin pada awalnya akan terasa mual, namun jika rutin dilakukan maka lidah pun akan lebih terbiasa.

Selain hal tersebut manfaat kunyit putih bisa untuk mengatasi tekanan darah, stroke, kencing manis dan alergi makanan jika dicampur dengan berbagai tumbuhan yang lainnya. Bagi mereka yang susah makan pun bisa diatasi dengan mengkonsumsi kunyit putih tersebut.

Khasiat dan manfaat kunyit putih untuk kecantikan

Khasiat kunyit putih tidak hanya terpaku pada kesehatan saja. Namun kecantikan juga bisa menjadi lahan bagi kunyit putih untuk menampilkan manfaatnya. Dibawah ini beberapa manfaat kunyit putih untuk kecantikan yang ingin Anda miliki.

  • Memberikan kesegaran

Wajah yang segar tentu menjadi hal dibutuhkan. Terlebih lagi jika cuaca yang panas kian membuat wajah semakin berminyak dan kusam. Untuk mengatasinya, lakukan maskeran dengan menggunakan bubuk kunyit putih yang murni sehingga wajah menjadi segar kembali. Bagi mereka yang memiliki masalah kulit berminyak, buatlah masker yang terdiri dari bubuk kunyit putih yang dicampur dengan air mawar. Dengan begitu, kadar minyak dalam wajah dapat terangkat.

  • Mencerahkan wajah
Baca Juga  10 Manfaat Daun Kelor Cek Yuk Obat Herbal Dengan Sejuta Khasiat

Kandungan dalam kunyit putih sangat baik bagi kecerahan wajah. Caranya dengan menggunakan masker yang terbuat dari bubuk kunyit putih yang dilakukan secara rutin sekitar 1-2 kali dalam seminggu. Untuk hasil yang maksimal, gunakan hanya bubuk kunyit putih yang alami.

  • Mengobati jerawat

Kandungan antioksidan dalam kunyit putih mampu mengobati jerawat yang membandel. Selain melakukan perawatan dari dalam dengan cara mengkonsumsinya, lakukan juga maskeran selama 15 menit dengan menggunakan bubuk kunyit putih yang dicampur sedikit air. Lakukan selama 2 hingga 3 kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Kini sudah dapat diketahui bahwa manfaat kunyit putih sangat baik bagi kesehatan maupun kecantikan. Lakukan perawatan tersebut baik dari dalam maupun luar tubuh agar mendapat hasil yang lebih baik.

Tags: , ,

Related to: Mendapatkan Manfaat Kunyit Putih Dengan Benar