Mengatasi Susah Tidur 11 Cara ini Mudah untuk Mengatasinya

February 13, 2016

Mengatasi Susah Tidur 11 Cara ini Mudah untuk Mengatasinya – Gangguan tidur atau dimana kondisi susah untuk tidur dimalam hari yang biasanya disebut dengan istilah insomnia ini sangat menggangu bagi kebanyakan orang.

Hampir semua orang merasakan insomnia atau susah tidur setiap hari, kondisi ini sangat mengganggu kinerja tubuh manusia karena tubuh kekurangan istirahat karena insomnia tersebut dan juga dapat mengganggu aktivitas di keesokan harinya.

11 Cara Mengatasi Susah Tidur

11 Cara Mengatasi Susah Tidur

Akibat yang dirasakan dari insomnia ini seperti mengantuk saat pagi hari karena kurang tidur, badan terasa lemas dan lesu, tidak bersemangat untuk beraktivitas.

Untuk orang-orang tertentu insomnia memang hal yang sepele karena hanya masalah tidur tetapi ada juga orang yang menganggap kondisi yang parah yan dialaminya karena bisa saja insomnia terjadi hingga pagi menjelang masih saja tidak bisa tidur, ini bisa disebut dengan insomnia yang sudah sangat parah.

Memang semua orang menganggap tidur adalah kondisi yang sangat nyaman karena tubuh dan pikiran kita bisa beristirahat untuk melanjutkan aktivitas keesokan harinya dan semua orang juga menginginkan bangun tidur dengan badan yang lebih segar dan bersemangat.

11 Cara Mengatasi Susah Tidur

  1. Memperhatikan kebersihan memang bisa menjadi hal yang penting untuk kita dapat tidur dengan nyaman karena anggota badan kita yang bersih dan juga sekitar kita yang bersih membuat kualitas tidur kita bisa terjaga. Jika mengalami susah tidur sebaiknya bersihkan sebagian anggota badan seperti mencuci muka dan mencuci tangan, selain itu juga bisa dengan membersihkan tempat tidur dan sekitarnya dengan itu maka tubuh bisa tidur lebih nyenyak.
  2. Mengatur jadwal tidur sangat dianjurkan karena jika kita mengatur kapan kita tidur dan kapan kita bangun maka akan menjaga tubuh untuk lebih konsisten beristirahat. Dengan kita membiasakan menepati jadwal tidur kita, maka pola tidur kita akan kembali normal dan mencegah terjadinya insomnia itu datang.
  3. Membuat badan lebih lelah dari biasanya seperti dengan cara berolaharaga pagi atau sore maka tubuh akan merasakan lelah dan tubuh juga dengan mudah untuk beristirahat atau tidur.
  4. Menghentikan kebiasaan mengkonsumsi minum minuman yang mengandung kafein. Minuman yang mengandung kafein bisa membuat kita lebih terjaga dan membuat kita susah untuk tidur, maka dari itu sebaiknya jangan mengkonsumsi minuman berkafein seperti teh dan kopi.
  5. Menghindari mengkonsumsi minuman yang mengandung alkohol, walaupun memang alkohol membuat kita lebih cepat mengantuk dan tertidur tetapi itu akan menyebabkan efek yang sementara. Jika kita mengkonsumsi alkohol secara terus menerus setiap malam kita tidur akan terbangun pada saat tengah malam dan akan susah untuk kembali tidur.
  6. Mengkonsumsi minuman yang hangat saat menjelang tidur karena jika kita mengkonsumsi minuman yang hangat maka tubuh akan merasa lebih nyaman dan juga rileks, jadi tubuh akan lebih cepat merasakan mengantuk dan dapat tidur dengan cepat.
  7. Jika kita susah untuk tidur maka cobalah untuk menyibukkan diri seperti contoh berjalan diluar kamar, dengan berjalan maka tubuh akan cepat merasa lelah dan dapat menyebabkan mengantuk.
  8. Jangan bekerja terlalu larut malam atau bekerja lembur, jika kita bekerja dengan menforsir tubuh lebih lama maka tubuh akan dipaksa untuk bekerja dan berpikir maka akan sulit untuk mengantuk. Tetapi ada sebagian orang yang mengantuk saat mengerjakan kerjaan sampai larut malam.
  9. Mengatur tempat tidur yang nyaman dan mengatur jalan keluarnya udara lewat ventilasi akan membuat tubuh lebih nyaman.
  10. Mengatur pencahayaan yang ada dikamar agar tidak terlalu terang dan mengatur cahaya lampu menjadi remang-remang.
  11. Jangan terlalu bergantung pada obat tidur apalagi tanpa resep dokter, karena jika selalu mengkonsumsi obat tidur kita akan selalu bergantung ke obat tidur dan membuat insomnia menjadi lebih resistan.
Baca Juga  Tips Mengatasi Jerawat Dengan Es Batu

Itulah 11 Cara Mengatasi Susah Tidur, selamat mencoba.

Tags: , ,

Related to: Mengatasi Susah Tidur 11 Cara ini Mudah untuk Mengatasinya