Mengenal apa Penyebab Kanker Rahim sejak Dini

November 12, 2016

Kanker rahim semakin banyak menyerang wanita, baik yang muda maupun mereka yang telah lanjut usia. Karena kanker ini begitu bahaya, Anda wajib tahu penyebab kanker rahim agar bisa mencegahnya sedini mungkin.

penyebab kanker rahim

Rahim merupakan organ pada wanita yang bentuknya lebih mirip buah pir dan berfungsi sebagai tempat bayi tumbuh selama di dalam kandungan. Letak rahim ada di daerah panggul bawah (daerah antara pinggul) yang didukung oleh otot-otot dasar panggul. Sedangkan bagian bawah rahim disebut servik atau mulut rahim.

Faktor resiko kanker rahim yang terjadi pada wanita sangat erat hubungannya dengan banyaknya jumlah hormon estrogen dinding rahim yang terkena. Bukan berarti seseorang yang memiliki faktor resiko akan pasti terkena kanker rahim. Demikian juga sebaliknya, tidak memiliki faktor risiko bukan berarti Anda sudah terbebas kanker. Jadi, Anda wajib mengetahui apa saja yang jadi penyebab penyakit ini sehingga dapat melakukan pencegahan yang tepat.

Usia

Kanker rahim juga sama seperti halnya kanker lain. Semakin bertambah usia seseorang, akan semakin besar pula resiko terhadap kanker.

Baca Juga  Cara Mencegah Kanker Serviks dan Tanda-Tanda Terkena Kanker

Faktor Hormonal

Faktor hormon di dalam tubuh juga bisa meningkatkan kemungkinan akan terkena kanker dalam rahim. Tidak seimbangnya hormon estrogen dan hormon lain, yaitu progesteron, dapat berpengaruh terhadap risiko akan kanker rahim. Sebelum masa menopause, ovarium memproduksi estrogen dan progesteron, yang membantu kendalikan siklus haid. Ketika masa subur ini telur akan dilepaskan dari ovarium dan menjadikan dinding rahim tumbuh lebih tebal karena dipersiapkan untuk kehamilan. Namun setelah memasuki masa menopause, ovarium tak lagi  memproduksi hormon, sedangkan tubuh masih menghasilkan estrogen dalam lemak tubuh mereka. Jika kadar estrogen lebih banyak tanpa ada progesteron yang bisa menyeimbangkan, maka risiko terkena kanker rahim pun meningkat. Inilah yang bisa menjadi penyebab kanker rahim pada perempuan yang telah memasuki masa menopause.

Faktor genetik

Yang terjadi pada beberapa kasus, kanker rahim juga bisa dipicu oleh perubahan gen, yang bisa menimbulkan risiko terhadap kanker rahim pada wanita. Jika ada keluarga dengan riwayat memiliki penyakit kanker usus, payudara atau rahim, kemungkinan ada genetik yang diwariskan kepada generasi selanjutnya.

Baca Juga  Lakukan 4 Hal ini Untuk Mengatasi Badan Pegal Linu

Berat badan

Kelebihan berat badan pada wanita juga bisa jadi faktor resiko akan tumbuhnya kanker pada rahim. Wanita yang memiliki berat badan lebih bisa saja memiliki tingkat estrogen yang tinggi. Berdasarkan data, satu dari tiga wanita yang menderita kanker rahim juga dipicu oleh berat badan yang berlebih. Bukti juga telang mengungkap, resiko kanker rahim bisa meningkat jika fisik tidak/kurang aktif atau kurang gerak.

Tamoxifen

Tamoxifen adalah obat hormonal yang biasa dipakai untuk pengobatan kanker payudara. Namun, menggunakan ini secara berlebihan juga bisa memicu resiko kanker rahim meski tidak terlalu banyak.

Beberapa penyebab kanker rahim yang telah disebut di atas semoga bisa menambah pengetahuan Anda. Tetap jalani hidup sehat agar jadi wanita yang sehat dan terbebas dari segala jenis kanker.

Tags: , ,

Related to: Mengenal apa Penyebab Kanker Rahim sejak Dini