MENGERIKAN 5 Hal yang Membuat Serangan Jantung Secara Tiba Tiba

August 8, 2016

Tak ada orang yang menginginkan tubuhnya sakit atau memiliki tubuh yang tidak sehat. Tentu kamu mengharapkan memiliki kesehatan yang prima dan juga berumur panjang, kan? Namun, terkadang apa yang diharapkan tak sejalan dengan apa yang dilakukan. Ingin memiliki tubuh yang langsing dan sehat namun sering makan berlebihan dan tak pernah berolahraga. Ingin memiliki kesehatan jantung yang baik namun tak menjaga pola makan. Jika kamu ingin memiliki tubuh yang sehat tentu saja itu harus didapatkan dengan cara yang tidak mudah dan penuh pengorbanan, tapi yakinlah bahwa pengorbanan yang kamu lakukan akan berimbas baik pada kehidupanmu.

Untuk tetap menjaga kesehatan jantungmu kamu harus menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk di bawah ini. Berikut daftar kebiasaan buruk yang dapat memicu serangan jantung.

Serangan Jantung

Ilustrasi Serangan Jantung

Duduk lebih dari 8 jam sehari

Belakangan ini banyak sekali orang yang tidak menerapkan hidup sehat dan mulai tidak mengindahkan kesehatan tubuhnya. Salah satu kebiasaan buruk yang biasa dilakukan banyak orang adalah duduk lebih dari 8 jam sehari. Aktivitas seperti nonton TV, bermain game dan nonton film akan membuatmu lupa waktu dan duduk lebih dari 8 jam sehari. Jika kebiasaan ini tidak kamu imbangi dengan olahraga dan juga minum air putih secara cukup maka kesehatan jantungmu sedang amat terancam. Ubahlah kebiasaan ini atau setidaknya imbangilah dengan olahraga dan minum banyak air putih.

Baca Juga  Cara Operasi Untuk Memancungkan Hidung, Beginilah Yang Benarnya

Makan terlalu banyak dan tidak teratur

Kebiasaan buruk berikutnya yang kerap dilakukan oleh masyarakat kota adalah makan yang terlalu banyak dan tak teratur. Kebiasaan ini jelas memberikan dampak yang buruk bagi kesehatanmu. Manusia memiliki kebutuhan kalori harian yang harus dipenuhi, namun jika terlalu banyak kalori yang masuk ke dalam tubuh justru akan berdampak buruk bagi kesehatan. Makanlah secukupnya sesuai kadar kalori yang dibutuhkan oleh tubuh.

Tidur mendengkur adalah salah satu penyebab serangan jantung

Mendengkur biasanya dialami oleh seseorang yang memilikik kelebihan berat badan. Selain itu mendengkur juga tidak bisa dianggap remeh karena mendengkur adalah sebuah gangguan tidur yang menandakan adanya sebuah masalah serius di dalam tubuh. Gangguan ini disebut sebagai Obstructive Sleep Apnea Syndrom. Napas yang terganggu selama sedang tidur dan juga tekanan darah yang tinggi menjadi pertanda akan gangguan ini.

Merokok dan juga minum alkohol

Tidak ada hal positif yang akan kamu dapatkan dari merokok dan minum alkohol. Hanya hal buruk yang akan kamu dapatkan dari dua hal ini. Merokok akan mengganggu peredaran darah dan pernafasanmu sehingga akan berakibat fatal pada kesehatan jantungmu. Merokok juga akan membuat kinerja jantung menjadi sangat berat. Alkohol dalam jumlah yang cukup sebenarnya memiliki manfaat untuk tubuh, namun jika dikonsumsi secara berlebihan akan membuat organ tubuh menjadi rusak dan terganggu, salah satunya adalah jantung. Mengkonsumsi alkohol secara berlebihan dan juga rutin akan meningkatkan resiko terkena serangan jantung, sebaiknya segera hindari kebiasaan buruk ini.

Baca Juga  Cara Cepat Menghilangkan Lemak di Perut Dengan 6 Langkah Mudah

Depresi, stres dan tertekan

Tak hanya makanan yang dapat mempengaruhi kesehatan tubuhmu, kondisi psikologis juga memiliki andil besar dalam kesehatan tubuhmu. Depresi, stres dan tertekan adalah salah satu masalah psikologis yang akan sangat mempengaruhi kesehatan tubuh. Jika kamu tidak segera menenangkan pikiranmu maka bisa saja serangan jantung akan menyerangmu. Kunjungi psikiater atau melakukan bimbingan konseling agar masalah psikologismu dapat teratasi.

Sudah tahu kan hal apa saja yang bisa meningkatkan resiko serangan jantung? Jaga jantungmu tetap sehat dengan menghindari hal-hal negatif di atas, ya.

Tags: ,

Related to: MENGERIKAN 5 Hal yang Membuat Serangan Jantung Secara Tiba Tiba