Menguak Fakta Gejala Awal Dan Ciri-Ciri Penyakit Usus Buntu

March 17, 2016

Penyakit usus buntu atau radang usus buntu bukan lagi penyakit yang asing, penyakit usus buntu ini sudah sering didengar oleh banyak orang, terutama di Idonesia. Penyakit usus dapat terjadi pada siapapun, tidak memandang usia dewasa ataupun anak. Jika teerjadi gejala-gejala tertentu yang menunjukkan terjadinya penyakit usus buntu, maka harus segera mendapatkan penanganan medis.

Usus buntu adalah salah satu bagian yang terdapat dari organ di dalam perut manusia, hingga saat ini manfaat dari usus buntu belum diketahui pasti untuk apa. Banyak orang yang berpendapat tentang usus buntu, dan mereka mengatakan bahwa usus buntu adalah organ sisa. Bagaimanapun juga, tubuh manusia telah didesain dengan begitu canggih, organ yang telah diciptakan pasti memilik fungsinya masing-masing di dalam tubuh, meskipun hanya sebagai dekorasi, pasti ada manfaat yang tersembunyi dari organ tersebut yang belum diketahui.

1.    Gejala Penyakit Usus Buntu

Pada tahun 2007 dilakukan beberapa penelitian untuk mengetahui lebih lanjut mengenai gejala penyakit usus buntu. Penelitian tersebut dilakukan oleh Duke University Medical Centre. Seperti yang dikutip dari ABA, hasil penelitian tersebut mengatakan, bahwa usus buntu adalah tempat bersarangnya bakteri-bakteri yang baik dan berfungsi sebagai pemulihan pencernaan setelah terserang oleh penyakit.

Usus Buntu

Mendeteksi Penyakit usus Buntu

Sistem  pencernaan pada manusia saat berada dalam keadaan yang normal memiliki bakteri yang baik dalam jumlah banyak, dan berfungsi untuk mengurai makanan. Dan, penyakit yang menyerang pencernaan seperti kolera dan disentri pun akan mati oleh sejumlah bakteri tersebut. Hingga saat ini penelitian mengenai usus bunt uterus dilakukan, karena usus buntu memiliki fungsi untuk buh, maka operasi pengangkatan usus buntu pun harus dihindari dengan melakukan pencegahan sedini mungkin terhadap peradangan usus buntu yang menyerang tubuh.

2.    Apa Yang Dimaksud Dengan Penyakit Usus Buntu?

Serangan penyakit tidak hanya terjadi pada organ-organ lain saja, usus buntu pun dapat mengalami peradangan. Usus buntu adalah penyakit yang terjadi pada usus buntu manusia yang disebabkan karena peradangan. Peradangan pada usus buntu terjadi karena mengalami penyumbatan pada usus buntu yang disebabkan oleh adanya benda keras pada tinja, sehingga menimbulkan infeksi pada usus buntu yang menyebabkan pembengkakan pada cabang getah bening.

Baca Juga  Pria, Jangan Abaikan. 6 Hal Sepele Yang Menunjukan Kanker

Usus Buntu

Biasanya penyakit usus buntu disebabkan karena terjadinya beberapa infeksi di dalam usus buntu yang mengakibatkan terjadinya peradangan. Jika telah terjadi peradangan pada usus buntu dan tidak segera mendapatkan penanganan khusus, maka yang akan terjadi adalah usus buntuk akan pecah sehingga akan terjadi peradangan di luar usus dan juga akan mengeluarkan nanah. Masalah yang serius pun dapat terjadi dari benda tajam pada ususu yang memasuki  rongga perut akan menyebabkan terjadinya peritonitis atau peradangan serius.

3.    Apa Saja Gejala Awal Dari Penyakit Usus Buntu?

Karena mengalami rasa sakit yang luar biasa pada penderita dari penyakit usus buntu tersebut, maka untuk mengatasinya mereka memilih jalan operasi pembedahan pengangkatan usus buntu. Tetapi, alangkah baiknya jika kita dapat mengetahui gejala-gejal awal dari penyakit usus buntu, agar dapat melakukan pengobatan sedini mungkin sebelum peradangan pada usus buntu menjadi lebih tambah parah. Berikut ini adalah gejala-gejala yang muncul pada penderita penyakit usus buntu, seperti yang dikutip dari Health Me Up.

  • Penderita akan mengalami perasaan sakit pada bagian pusar. Gejala awal dari penyakit usus buntu yaitu akan mengalami rasa sakit pada bagian bawah pusar dan perasaan kurang nyaman lainnya. Secara perlahan, perasaan kurang nyaman tersebut pun pindah ke bagian bawah perut.
  • Mengalami demam. Tidak hanya bagian perut yang mengalami rasa sakit, gejala lainnya dari penyakit usus buntu adalah demam. Jika kondisi kesehatan semakin memburuk, maka demam menjadi lebih tinggi pula.
  • Terjadi diare. Diare adalah salah satu ciri-ciri dari terjadinya usus buntu. Banyak orang yang mengalami penyakit usus buntu dengan gejala diare atau sakit perut sebagai ciri-ciri penyakit tersebut. Jika Anda mengelami gejala tersebut, segera periksakan diri Anda ke dokter atau rumah sakit terdekat.
  • Pada bagian perut mengalami rasa sakit. Cara yang sederhana yang dapat Anda lakukan untuk mengetahui apakah terjadi penyakit usus buntu atau tidak, Anda dapat menekan perut bagian bawah kanan. Apabila bagian tersebut ditekan terasa sakit, segera Anda melakukan pemeriksaan ke klinik atau dokter untuk berkonsultasi mengenai rasa sakit tersebut, karena bisa saja itu tanda dari gejala awal penyakit usus buntu.
  • Rasa sakit yang bertambah. Pada awal terjadinya penyakit tersebut, rasa sakit yang dialami cenderung biasa saja dan tidak mengalami dampak yang besar pada tubuh. Namun, selang dari beberapa jam rasa sakit tersebut menjadi bertambah dan semakin bertambah, dalam keadaan tersebut penderita akan mengalami kesulitan untuk melakukan aktivitas.
  • Merasakan mual dan muntah. Gejala ini mungkin terdengar ringan dan umum terjadi. Namun, jika mengalami mual dan muntah yang tidak kunjung berhenti hingga 12 jam, maka sebaiknya Anda pergi ke dokter untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut.
  • Sering buang gas dan perut kembung. Gejala penyakit usus buntu selanjutnya adalah sering buang gas dan perut mengalami kembung. Gejala ini tampak biasa saja, dan sering terjadi pada saat sedang masuk angin hingga Anda tidak begitu peduli dengan gejala tersebut. Namun, jika gejala tersebut disertai dengan rasa sakit pada bagian perut bawah, sebaiknya segera Anda melakukan konsultasi dengan dokter, apakah gejala tersebut adalah gejala dari penyakit usus buntu atau bukan.
Baca Juga  Gejala Penyakit Ginjal dan Cara Pengobatannya Dengan Daun Sirsak

Beberapa penjelasan di atas adalah ciri-ciri gejala awal penyakit usus buntu. Jika Anda mengalami rasa sakit dari beberapa gejala yang telah disebutkan, segera Anda melakukan pemeriksaan ke dokter. Karena melakukan langkah awal pengobatan jauh lebih baik, sebelum penyakit tersebut menjadi bertambah parah. Semoga isi artikel ini bermanfaat.

Tags: , , ,

Related to: Menguak Fakta Gejala Awal Dan Ciri-Ciri Penyakit Usus Buntu