Mengungkap Manfaat Kencur Bagi Kesehatan Tubuh

January 30, 2016

Mengungkap Manfaat Kencur Bagi Kesehatan Tubuh – Jenis tanaman rimpang, kencur, ternyata memiliki kelebihan lain dibandingkan hanya sekedar dijadikan bahan rempah dapur.

Manfaat kencur ini bisa dibuktikan dengan banyaknya beredar jamu tradisional dengan bahan utama rempah dapur ini.

Sejak zaman nenek moyang, kencur sudah dikenal memiliki banyak manfaat dari segi kesehatan tubuh, menyehatkan organ reproduksi terutama wanita, obat-obatan herbal, bahkan sebagai perawatan kecantikan.

Banyaknya manfaat tanaman dengan nama latin Kaempferia galanga ini ternyata belum tereksplor secara maksimal. Sehingga penggunaan kencur hanya berpusat pada ramuan-ramuan tradisional saja.

Manfaat Kencur untuk Kesehatan

Manfaat Kencur

Tanaman ini sangat mudah ditemukan di dataran tropis seperti Indonesia. Karena merupakan daerah asal tanaman kencur, di Indonesia tanaman rimpang ini dapat diperoleh dengan harga sangat murah jika dibandingkan dengan seluruh manfaatnya.

Padahal tanaman rimpang yang masih satu famili dengan kunyit, jahe, lengkuas dan laos ini memiliki kontribusi yang besar dalam membentuk tubuh yang sehat.

Manfaat kencur untuk kesehatan ini bisa Anda dapatkan dengan dikunyah langsung, dikonsumsi sebagai minuman jamu, diminum air rebusannya, di ambil air sarinya, ataupun dalam bentuk kecil sebagai penyedap makanan.

Baca Juga  Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan Tubuh

Membahas mengenai manfaat tanaman kencur, rimpang yang satu ini cukup banyak dapat mengatasi masalah kesehatan secara alami dan efektif.

Masalah kesehatan itu dapat berupa masalah nafsu makan, sakit tenggorokan, kembung, relaksasi, penghilang pegal badan, infeksi bakteri, batuk dan flu, disentri, ekspektoran alami, masuk angin, dan sebagian besar masalah pencernaan.

Selain fungsinya sebagai penyedap makanan, kencur yang mengandung berbagai zat gizi yang aktif memperbaiki fungsi tubuh terutama pencernaan. Tanaman ini juga bisa diaplikasikan dalam bentuk halus sebagai bobok untuk mengatasi keseleo.

Jika Anda seorang wanita, kencur akan sangat bersahabat untuk Anda konsumsi ataupun diaplikasikan. Pasalnya, tanaman kencur ini memiliki manfaat sebagai pencerah dan memperhalus kulit wajah.

Anda bisa menumbuk halus kencur menjadi bubuk kemudian mengaplikasikannya dalam bentuk masker. Selain itu, tanaman rimpang yang satu ini juga dapat berfungsi sebagai pengurang rasa nyeri saat menstruasi.

Zat efektif dalam kencur dapat memperlancar keluarnya darah haid sehingga mengurangi kram otot rahim penyebab nyeri perut bagian bawah.

Baca Juga  Manfaat Buah Naga Merah Dan Putih Untuk Menjaga Kesehatan Tubuh Kita

Manfaat Beras Kencur

Terdapat pula satu jenis jamu tradisional yang dikenal dengan nama beras kencur. Jamu beras kencur ini merupakan ramuan tradisional khas Jawa.

Dewasa ini, jamu berasa kencur cukup mudah diperoleh di pasar tradisional. Sehingga untuk mendapatkan manfaat beras kencur Anda tidak perlu lagi repot membuatnya sendiri.

Adapun beberapa manfaatnya yaitu mengharumkan abu badan secara alami, menambah nafsu makan, menghilangkan pegal-pegal, menyegarkan tubuh, dan merawat kesehatan organ intim.

Ramuan beras kencur ini juga terkenal nikmat karena tidak terasa pedas seperti jenis olahan ramuan tanaman rimpang lainnya. sehingga sangat cocok untuk dikonsumsi sebagai minuman kesehatan.

Tags: , ,

Related to: Mengungkap Manfaat Kencur Bagi Kesehatan Tubuh