Menikmati Manfaat Yoghurt Sehat

January 26, 2016

Yoghurt merupakan salah satu jenis makanan produk susu yang memiliki rasa yang khas agak masam. Makanan fermentasi susu ini diketahui merupakan salah satu bahan makanan yang sangat menyehatkan terutama untuk sistem pencernaan. Manfaat yoghurt ini terbukti dengan kandungan bakteri baik yang membantu pencernaan yakni lactobacillus bulgaricus dan lactobacillus casei. Dua bakteri ini juga menguraikan sejumlah zat gizi penting dalam susu yang di fermentasi menjadi yoghurt jadi lebih mudah dicerna. Bahkan, mengkonsumsi yoghurt secara rutin dapat menyembuhkan diare dan konstipasi. Yoghurt juga dikenal sebagai salah satu bahan makanan yang memberikan efek anti kanker saluran cerna pada tubuh.

Manfaat Yoghurt Untuk Kesehatan

Manfaat Yoghurt

Makanan masam ini juga memberikan manfaat berupa mencegah infeksi kuman. Hal ini dikarenakan bakteri baik yang kemudian masuk ke sistem pencernaan akan membantu lambung dan sistem imunitas lain dalam menghambat pertumbuhan bahkan memerangi kuman. Sehingga penyakit yang mengganggu fungsi dari lambung dan usus halus lebih jarang ditemukan pada pengkonsumsi rutin yoghurt. Manfaat yoghurt untuk kesehatan lainnya adalah dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, meningkatkan kekebalan tubuh, mengurangi resiko infeksi jamur dalam vagina, menjaga kesehatan tulang, dan menstabilkan tekanan darah merupakan manfaat yoghurt selanjutnya.

Baca Juga  Ragam Manfaat Sauna Bagi Tubuh Manusia

Manfaat Yoghurt Untuk Ibu Hamil

Keadaan yoghurt yang mudah dicerna membuatnya sangat cocok untuk dikonsumsi ibu hamil. Fungsi utama yoghurt sebagai penjaga sistem pencernaan dapat mengurangi resiko konstipasi yang sering dialami oleh ibu hamil. Kandungan tinggi protein juga sangat baik dalam pertumbuhan dan perkembangan janin. Manfaat yoghurt untuk ibu hamil ini juga didukung dengan kandungan yoghurt yang kaya akan kalsium dan vitamin D untuk janin. Sehingga tak perlu lagi mengambil simpanan kalsium dan vitamin D ibu dari gigi dan tulang. Yoghurt diketahui juga merupakan hidangan tambahan yang biak bagi bayi atau balita yang intoleran laktosa. Karena kandungan laktosa dalam susu telah dirubah lebih sederhana.

Manfat Yoghurt Untuk Diet

Yoghurt juga memiliki kontribusi yang cukup besar untuk pelaku diet. Yoghurt yang mudah dicerna dan tidak mengandung lemak akan menciptakan pola makan yang sehat dan mengenyangkan untuk pelaku diet. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh International Journal of Obesity pada tahun 2005, menyatakan bahwa manfaat yoghurt untuk diet yakni menyediakan kalsium yang berguna untuk pembakaran lemak secara efektif. Sehingga tubuh akan otomatis lebih ramping dengan konsumsi yoghurt secara rutin sebagai camilan sehat.

Baca Juga  Cara Mencegah Terjadinya Bungkuk (Kifosis) Dengan Olah Raga

Selain itu, yoghurt juga menyediakan beberapa manfaat untuk kecantikan.  Anda bisa menggunakan yoghurt sebagai masker, lulur maupun konsumsi demi untuk menjaga atau melakukan perawatan kecantikan kulit. Manfaat yoghurt untuk kecantikan diantaranya adalah mencerahkan, menyehatkan serta melembabkan kulit secara alami. Kandungan asam laktat dalam yoghurt memungkinkan fungsi sebagai exfoliator yakni mengangkat sel-sel mati. Sehingga merupakan keputusan yang tepat jika  menggunakan yoghurt sebagai bahan perawatan kecantikan Anda.

Tags: , , , , , ,

Related to: Menikmati Manfaat Yoghurt Sehat